Tips Memilih Kamera Poket Untuk Traveling

15:32 Radityo Widiatmojo 26 Comments


Penampakan Canon S 95
Apa itu kamera poket? Jawabnya simpel: Kamera yang muat di dalam saku, namanya juga kamera poket. Bagi anda yang suka jalan-jalan alias para traveler, kamera poket sangat cocok untuk anda dengan beberapa alasan. Pertama, harganya jauh lebih murah daripada kamera DSLR. Kedua, tidak perlu repot-repot naruhnya, ukurannya kecil mungil sehingga cukup di saku celana anda. Ketiga, sangat ringan dibanding dengan kamera DSLR.
Saat ini mayoritas produsen kamera mengeluarkan produk kamera poket dengan berbagai varian dan teknologi. Mulai dari merk Sony, Samsung, Kodak, Canon, Nikon dan temen-temen mereka lainnya. Ada yang murah dibawah 1 juta, ada pula yang harganya kayak kamera DSLR. Ehm, dari sekian banyak kamera poket, bagaimana anda memilih satu kamera poket yang cocok untuk anda? Jangan terburu-buru memilih kamera poket dulu, pahami dulu seluk beluk kamera poket secara umum.
Gambaran secara umum, yang harus anda ketahui dari kamera poket adalah:
  1. Lensa:anda harus tahu seberapa wide lensa yang dimiliki sebuah kamera poket. Kamera poket yang memiliki lebar lensa minimal 24mm sudah ideal.
  2. Resolusi: berapa megapixel kemampuan kamera poket? Resolusi memang menunjang kualitas foto, namun perlu diingat: Kamera poket dengan resolusi tinggi tidak selalu lebih bagus daripada kamera dengan resolusi lebih rendah. 
  3. memori card: Rata-rata kamera poket menggunakan SD card, namun ada beberapa merk yang menggunakan memori card khusus. 
  4. Baterei: Berapa lama ketahanan batereinya dan anda harus tahu berapa harga baterei cadangan.
  5. Reputasi merk: cari tau dulu apakah si doi expert dalam hal per-poket-an.
  6. Garansi: Cari tahu berapa lama garansi dan tentu pahamin syarat&ketentuan garansi tersebut.
  7. Body: gemuk atau langsing sangat tergantung selera. Semakin langsing makin fleksibel naruhnya di saku. Biasanya kamera poket yang badannya gemuk mempunyai fitur yang lebih komplit.
Semua data tentang kamera poket akan kita ketahui di Spesifikasi kamera. Semua online store pasti akan menyertakan Spec Kamera dengan lengkap. Jika tidak lengkap, jangan beli di website tersebut (jika on-line). Jika beli di Toko Kamera, pastikan anda minta Spesikasi Kamera, KARENA ITU ADALAH HAK KONSUMEN. Jangan malu meminta atau bertanya apa yang anda tidak ketahui. Yang perlu anda baca di spec-list ada 11 point seperti contoh spec-list dibawah ini:
Spec-list Canon S95 diatas hanya yang secuil dari puluhan spec yang tertulis. Mari kita kupas satu per satu:
  1. Image Sensor. Kamera poket saat ini rata-rata memiliki resolusi tinggi. Resolusi tinggi bisa menunjang kualitas foto (tapi tidak selalu). Saya sarankan pilih yang di atas 10 Mega Pixel
  2. Lens. Patokan wide atau tidaknya lensa harus dilihat dari angka yang saya lingkari, jangan baca yang 5.2 (W) - 26.0 (T) mm. 24 (W) - 120 (T) mm artinya lensa kamera ini mempunyai zoom 24mm - 120mm. Lensa dengan sudut lebar akan memudahkan para traveler dalam mengabadikan foto landscape. Saya sarankan untuk membeli yang 24mm.
  3. Focusing Range. Jarak fokus ini berkaitan dengan kemampuan macro kamera poket. Semakin dekat kemampuan focusing, makin keren pula foto-foto makro anda. Saya saran pilih yang mempunyai jarak makro 3 cm sampai 10 cm.
  4. ISO. Rata-rata kamera poket memiliki kepekaan sensor (ISO) terendah di angka 80-100. ISO 80-100 cocok untuk motret landscape karena grain-nya halus, sedang ISO tinggi seperti 3200 cocok untuk motret malam hari (dengan grain kasar sebagai konsekuensinya).
  5. Shutter. Kamera yang memiliki shutter speed di atas 10 detik memiliki kemampuan untuk blub di mode M (manual). 
  6. Flash. Harus ada mode flash Off, mode ini akan menghasilkan foto lebih natural.
  7. Shooting Mode. Wajib ada huruf M di spec-list. Dengan mode M anda akan mendapat hasil foto yang sesuai dengan kemauan anda dalam hal pencahayaan.
  8. Continuous Shooting. Seberapa cepat kamera poket menangkap gambar dalam 1 detik. Pastikan anda memilih kamera dengan kemampuan lebih dari 1 shot per detik.
  9. Data Type. Berhubungan dengan kualitas file yang di capture kamera. Pastikan beli kamera yang memiliki file RAW.
  10. Dimensions. Lihat seberapa gemuk kamera poket yang akan anda beli. Makin tipis makin handy.
  11. Weight. Kamera poket yang berat terkadang kurang nyaman dibawa traveling. Saya sarankan pilih yang tipis dan muat di saku.
Tidak semua spec list seperti di atas, itu merupakan contoh saja. Pada dasarnya point-point diatas harus diperhatikan. Yang lain anggap saja sebagai bonus, macam video, editing di kamera, framing, image slideshow dll-nya.
Dari segi harga, kamera poket sangat variatif, semakin mahal makin hebat pula kamera poket tersebut. Biasalah ada harga ada rupa. Saya klasifikasikan menjadi 4 jenis kamera poket dari segi harga:
  1. Harga 600 ribu - 1,5 juta termasuk kelas low-end. Untuk kelas ini saya rekomendasikan Canon PowerShot A2300 IS.
  2. Harga 1,5 juta - 3 juta termasuk dalam middle-end. Kalau punya duit 3 juta saya akan beli Panasonic Lumix DMC-TZ20
  3. Harga 3 juta - 5 juta termasuk high-end. Saya sekarang memakai canon s95. Seri terbarunya, Canon s100 saya rekomendasikan untuk para traveler.
  4. Harga 5 juta ke atas untuk para profesional dan kolektor. Andai saja duit saya cukup, saya bakal beli Leica D-Lux5 atau FujiX100 :)
Sau lagi, pastikan dulu anda membaca review dari kamera poket yang hendak anda beli. Saya biasa lihat review kamera di dpreview. Web ini memberi review yang sangat komplit, mulai dari pengenalan, spesifikasi, body&desain, kualitas imaji dan masih banyak lagi.

Beli kamera poket adalah investasi berharga. Kamera poket akan membekukan moment anda selama traveling berupa foto dan foto akan bersua sejuta cerita kan. Bagi para traveler, middle-end dan high-end adalah pilihan terbaik. Semoga bermanfaat. 2w_^

~ Radityo
Radityo, kontributor The Traveling Precils, adalah mahasiswa Photomedia di CATC Design School, Sydney. Untuk mendapatkan tips dan trik fotografi lainnya, kunjungi blog Radityo di http://fototiptrik.blogspot.com.au

You Might Also Like

26 comments:

  1. Mas, nanya donk, Lumix DMC TZ 20 sm Canon PowerShot SX 230 HS mending mana ya? Rencananya mau saya pakai buat nonton konser. Saya bukan pengguna kamera pro, cuma seorang penggemar konser yang pengen mengabadikan konser-konser yang saya tonton. Thanks sebelumnya :)

    ReplyDelete
  2. saya bandingkan mereka dari beberapa hal:
    Lumix TZ20 memiliki lensa yg lebih lebar yaitu 24mm sedang canon sx230 28mm,
    Lumix TZ20 memiliki 14,1 megapixel sedang Canon sx230 12,1 megapixel,
    Lumix TZ20 shutter Lag hanya 0,2 detik sedang Canon sx230 0,6 detik
    Lumix TZ20 touch screen, canon sx230 tidak,
    sama-sama punya GPS...
    canon mengklain sx230 dengan teknologi HS (high sensitive) karena sudah pake teknologi DIG!C 4
    Lumix TZ20 memiliki iso sampai 6400 (pada High Sensitivity Mode, mirip dengan canon)

    menurut saya: TZ20 lebih unggul dari sx230...
    namun, pilihan tetap di tangan anda :))

    tqu sudah membaca tulisan saya :)

    ReplyDelete
  3. malam mas ..

    maaf sebelumnya ya mas, yang ingin saya tanyakan bukan tentang kamera pocket tapi yang ingin saya tanyakan adalah model kamera DSLR. Bagaimana sih mas cara mendapatkan gambar yang bagus dari kamera type ini ? Terimakasih.

    ReplyDelete
  4. Maaf mas saya awam banget dengan kamera, tp saya tertarik ingin memilikinya , klo type yg mas anjurkan canon powershot A2300 is dengan type yg saya sdng incar Fuji Film Finefix JX370?
    dr segi kemampuan dan kegunaanya..
    trimakasih atas perhatiannya mudah2 an si mas slalu di berkahi..
    Tlg bls nya ke Email aku aj.. pepipenria@yahoo.com

    ReplyDelete
  5. @zyfanalouis: mendapatkan gambar yg bagus dari kamera DLSR tentu saja harus mengerti dasar-dasar kamera DSLR, mulai dari fungsi speed, diafragma dan ISO. Setelah mengerti dasar-dasar kamera DSLR, tinggal belajar komposisi.
    Komposisi adalah penempatan objek utama dalam satu foto. Ada yg namanya "Aturan Sepertiga" yaitu menempatkan objek utama di sepertiga bagian dari foto. Googling aja "rule of third" pasti muncul web yang membahasnya. Belajar komposisi bisa dengan banyak melihat foto-foto di majalah traveling atau NG, karena foto-foto yang ada di majalah adalah foto yang sudah lolos seleksi dari sang editor foto.
    Komposisi+teknis fotografi yang menentukan nilai artistik dari sebuah foto. Akan lebih baik lagi ketika dari satu foto itu tersampaikan sebuah pesan yang mudah di cerna.
    Saya mempunyai materi tentang kamera DSLR yang saya pakai untuk mengajar kelas fotografi. Kalau berminat bisa reply email, nanti saya kirim dgn format PDF.

    Semangat ^_^

    ReplyDelete
  6. @Pepi: sudah saya kirim ke email, semoga membantu.. email balik ya kalo ada pertanyaan :) terima kasih udah mampir..
    Semangat ^_^

    ReplyDelete
  7. Anonymous20.5.12

    mas, tadi saya ada cek canon s100, kalau Canon IXUS 210 gimana ya?
    untuk travelling.. bix btk dan warna kameranya lbh bagus.. :)

    ReplyDelete
  8. Anonymous11.9.12

    mas, akhir2 ini saya pengen sekali punya kamera tapi dompet saya cuma 1jutaan.. enaknya beli kamera apa???

    ReplyDelete
  9. I'm newbie...Based on picture quality, is better quality DSLR camera or compact cameras with the same pixel? Sorry, my english is very bad..:P

    ReplyDelete
  10. halo penggemar kamera dan fotografi digital.. sekarang kalau mau cari kamera digital yang gampang ada search engine lokal di http://www.telunjuk.com/camera tinggal input kamera yang dibutuhkan akan ditunjukkan harga termurah dimana. cepat, mudah dan gratis. mampir-mampir ya.. thx

    ReplyDelete
  11. pak radityo.. salam hangat untuk..bapak.
    saya ada pertanyaan pak,, kalau canon power shoot A2300 dengan sony DSC W630?
    pilih mana,, karena harganya beda tipis..,

    ReplyDelete
  12. mas radityo
    saya mau tanya masalah camera poket
    saya masih "awam" sulit memahami kalimat mas radityo tapi infonya sangat membantu sekali, saya sdh lama ni mau bli tapi bingung bgt tolong mas kasih solution antara "canon power shoot A2300 dengan sony DSC W630" yg mana mesti saya pilih sebab sama "Hebatnya"
    mohon di reply secepatnya mas.. thks ya mas

    ReplyDelete
  13. @Idea Addict: mathematically its the same, in term of image quality DSLR camera can be better than compact camera because the SENSOR. Even they have the same pixel, such as 12 Megapixels, it does not means that the compact camera with 12 Megapixels has a same image quality of 12 Megapixels DSLR camera.

    @IMAM W dan @LaksanawatiTri: dengan spesifikasi yang hampir sama, saya cenderung memilih Sony dengan keunggulan 360 panoramic shoot... Saya sendiri pakai Sony W230 (jadul bgt), dan teman saya pakai Sony W630 dan dia bilang kameranya sangat Ok buat traveling dan juga motret panorama.. satu lagi, lensa W630 (25mm) lebih lebar dari A2300 (28mm). semoga membantu, dan mohon maaf telat membalas :) Tetap semangat

    ReplyDelete
  14. maz saya mau tanya lebih baik pilih camdig
    sony W630 atau Sony W690 atau sony W710 atau canon A4000 IS
    karena mereka sama2 baguz camera 16 MP
    tolong sarnnya

    ReplyDelete
  15. ko gak di jawab maz :(

    ReplyDelete
  16. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    ReplyDelete
  17. @rischa Apriliana: Saya cenderung W690... dibanding W630, W710 ama A400, W690 lensanya paling lebar (25mm),, sedang yg lainnya 28mm.. Lensa dengan sudut yang lebih lebar bisa memotret landscape lebih luas,, jadi lebih enak kalau dibawa pas traveling.. semoga membantu.. maaf telat balasnya :)

    ReplyDelete
  18. Halo mas.. mo ikutan nanya dunks, klo buat traveling enakan pocket ap prosumer? Mending mn ni mas canon sx260hs apa nikon p310 ya? *tolong dbantu..prok prok prok.. makasii sblmna.. #salamjepret

    ReplyDelete
  19. Mas saya kebingungan memilih antara kamera samsung wb150 dan nikon s9300.. Baiknya pilih yang mana yah.. Trmksih

    ReplyDelete
  20. mas kan kemaren saya beli camera samsung es 95 menurut mas bagus ga ?

    ReplyDelete
  21. Malam mas, terima kasih sebelumya, saya termasuk salah satu yang ngikuti tulisan mas di blog dan sangat membantu. Saya numpang tanya dong mas kalo samsung galaxy ek-gc100 bagus ga ya? oh ya ada rekomendasi toko yang jual di seputaran Sydney ga ya?. Thanks

    ReplyDelete
  22. Sepertinya harus punya kamera poket nih, soalnya rada riber kalo harus bawa DSLR kalo jalan2. Terimakasih infonya mas,.

    ReplyDelete
  23. Kalo Samsung DV-150F bagus g mas???
    Balas via email ya di 3astiti@gmail.com
    Thx

    ReplyDelete