Rute Klasik Jalan-Jalan ke Australia untuk Keluarga

13:52 Traveling Precils 10 Comments

Kota-kota di Australia. Gambar dari www.australia.com

Mungkin sudah banyak yang berniat liburan ke Australia, tapi bingung mau mulai dari mana. Australia memang negara yang besar dan luas, menawarkan berbagai macam atraksi wisata: kota, sejarah, seni budaya, alam dan petualangan.

Benar-benar bingung menentukan tujuan jalan-jalan? Coba jawab dulu dua pertanyaan sederhana ini:
1. Kota-kota mana yang pengen banget disinggahi?
2. Punya waktu berapa hari untuk berlibur?

Kalau sudah bisa menjawab dua pertanyaan di atas, sudah bisa dimulai menyusun itinerary-nya.

Untuk keluarga pemula yang baru pertama kali berlibur ke Australia, saya sarankan rute klasik berikut:

Melbourne - Sydney - Gold Coast

Kota ini adalah kota pusat seni-budaya nya Australia. Kafe-kafe bertebaran sepanjang jalan yang ditata apik. Museum dan galeri seni memberikan pojok khusus untuk anak-anak agar mereka mengapresiasi seni sejak awal. Jalan-jalan di dalam kota mudah banget dengan trem yang menjadi ikon Melbourne, tidak ada di kota lainnya di Oz. Nggak cuma anak-anak yang bakalan suka main di sini, Emak-Emaknya juga akan dimanja dengan butik-butik keren di gang-gang rahasia (kalau niatnya memang belanja :p). Mungkin si Bapak pecinta tenis? Datanglah pas Grand Slam Australia Open di akhir Januari.
Baca pengalaman The Precils mengunjungi Melbourne (dan langsung jatuh cinta) di sini.

Aduh, perlu dijawab ya pertanyaannya? Hehe... Sydney adalah ikon Australia. Istilahnya belum sah jalan-jalan ke Australia kalau belum berfoto di depan Opera House yang termasyhur itu. Tapi Sydney tidak cuma itu kok, kota multikultural ini bakalan mempesona keluarga dengan pelabuhan indah, pantai cantik, taman keren, museum dan galeri seni yang asyik, dan berbagai macam festival yang ada sepanjang tahun. Kalau ingin melihat kembang api paling spektakuler di dunia, datanglah pas malam tahun baru.
Rekomendasi top 10 tempat wisata di Sydney bisa dibaca di sini.

Gold Coast menjuluki dirinya "the fun capital of Australia". Mereka bilang, kesenangan dimulai di sini. Ortu nggak bakalan kehabisan ide untuk membuat anak-anak tersenyum. Mungkin lebih susah mengajak anak-anak pulang. Puluhan kilometer pasir putih dan lima theme park (taman ria) rasanya lebih dari cukup untuk membuat The Precils gembira.
Klik di sini untuk membaca pengalaman The Precils bersenang-senang di Gold Coast.

Kira-kira perlu waktu minimal 12 hari untuk perjalanan ke 3 kota tersebut. Kalau waktunya mepet dan kurang dari 12 hari, mending pilih satu atau dua kota saja agar kunjungan bisa maksimal. Jadwal jangan terlalu padat, apalagi dengan anak-anak yang tidak bisa dipaksakan kapan 'selesai' bermain di suatu tempat.

Rute ini juga gampang diakses dari Indonesia. Ada penerbangan murah dari kota-kota di Indonesia ke Melbourne, dan ada Air Asia yang terbang dari Gold Coast kembali ke Indonesia via KL. Untuk perjalanan antar kota, bisa menggunakan penerbangan domestik yang lumayan murah. Tiket pesawat  nggak terlalu mahal kalau dibeli jauh-jauh hari. Coba cek perbandingan harga pesawat domestik di Webjet. Pilihan lain adalah naik kereta api antar kota, bis atau bagi petualang sejati bisa menyewa mobil dan menyetir sendiri.

Menyewa mobil lumayan mudah di sini. Di perusahaan persewaan mobil yang besar, seperti Avis, EuropCar, Thrifty, kita bisa menyewa di Melbourne dan mengembalikan di Gold Coast. Untuk membandingkan harga sewa masing-masing perusahaan, coba cek di sini. Setir ada di kanan, sama seperti di Indonesia. Kita tinggal menggunakan SIM Internasional atau menerjemahkan SIM Indonesia kita di penerjemah tersumpah. Agar tidak nyasar, sewa saja GPS, beli peta jalan atau tanya arah jalan di sini


Jarak Melbourne ke Sydney sekitar 876 km, bisa ditempuh satu setengah jam dengan pesawat domestik. Kalau mengendarai mobil, perlu waktu 8 jam 45 menit (tidak termasuk istirahat). Kalau memang mau nyetir, bisa singgah dulu ke Canberra. Jarak Canberra ke Sydney 285 km, dengan mobil bisa ditempuh dalam waktu 3 jam. Jarak dari kota Sydney ke Gold Coast sekitar 854 km, bisa ditempuh 1 jam 20 menit dengan pesawat. Kalau dengan mobil, waktu tempuhnya 10 jam 30 menit. Kalau membawa anak-anak, saya sarankan menginap semalam di Port Macquarie atau Coffs Harbour.

Kami pernah melakukan perjalanan road trip dari Gold Coast menuju Sydney menggunakan mobil sewaan, dengan menginap semalam di Port Macquarie. Mungkin bisa diadaptasi untuk perjalanan sebaliknya, dari Sydney menuju Gold Coast.


Di kalangan backpacker, perjalanan antar kota populer ditempuh dengan bus (coach). Tapi perjalanan dengan bus ini tidak saya sarankan untuk keluarga yang membawa The Precils. Bakalan bikin capek mereka karena duduk terus dan tidak bebas berhenti-henti sesuka hati. Pilihan naik kereta api masih mending karena The Precils bisa jalan-jalan di gerbong dan beli makanan di restoran kereta. Pengalaman The Precils naik kereta Countrylink dari Sydney menuju Brisbane saya ceritakan di sini.

Tentu rute Melbourne - Sydney - Gold Coast ini hanya usulan saja. Rute liburan bisa disesuaikan selera masing-masing. Mungkin keluarga petualang lebih suka membawa anak-anak melihat Ayers Rock di Uluru atau belajar tentang Suku Aborigin di Kakadu dan Arnhem Land di Northen Territory. Yang hobi snorkeling atau diving langsung saja menuju Cairns dan bermain-main di Great Barrier Reef. Yang hobi road trip saya sarankan berkeliling Tasmania, pulau 'kecil' yang punya pesona besar. Yang ingin menghemat biaya dan waktu, sila memilih mengunjungi salah satu kota saja di Australia bagian Utara atau Barat, misalnya Darwin atau Perth, yang paling murah harga tiket pesawatnya dari Indonesia :)

~ The Emak



Baca juga: 
Mini Guide to Australia 
The Precils di Sydney
The Precils di Melbourne
The Precils di Canberra
The Precils di Brisbane
The Precils di Gold Coast
The Precils di Hobart
The Precils di Darwin
The Precils di Perth
The Precils di Adelaide


Tip Mengajukan Visa Aussie 
Aturan Custom Aussie
Mencari Pesawat Murah ke Aussie
Menyewa dan Menyetir Mobil di Aussie
Campervanning di Aussie

You Might Also Like

10 comments:

  1. hallo! saya mau ke darwin, ada apa ya disana? haha thanks yaa :D dari darwin lebih baik kemana dulu? melbourne? gold coast? atau sidney? tq emak :D

    ReplyDelete
  2. The Emak: halo Dian, kami belum pernah ke Darwin. cuman si Ayah aja yg pernah transit di sana. tapi kalau mau ke sana, bisa wisata alam di Kakadu National Park (coba cek http://kakadu.com.au) dan bisa berkenalan lebih dekat dg orang2 Aborijin. Mampir aja ke museum dan art gallery-nya.
    Abis itu, terserah minat-nya apa. Kalau sesuai jalur ya Gold Coast dulu, baru Sydney dan Melbourne, dari utara ke selatan.

    ReplyDelete
  3. The Great Ocean Road dari Melbourne sampai Mount Gambier juga menarik lho Mak :). A very nice and resourceful blog you have!

    ReplyDelete
  4. yup, The Great Ocean Road termasuk dalam daftar yg pengen dikunjungi. sayangnya msh blm ada kesempatan. makasih Yanti udah singgah :)

    ReplyDelete
  5. Anonymous13.7.12

    apakah ada pilihan lain selain pesawat bila ingin dari perth ke sidney ? thx banget info nya

    ReplyDelete
  6. Dari Perth ke Sydney jaraknya jauh sekali, sekitar 4000 km. Jadi perjalanan darat bakalan lama. Ada kereta (wisata) Indian Pacific. Perjalanannya 3 malam, dan harga tiketnya jauh lebih mahal daripada pesawat. Biasanya utk para pensiunan yg udah punya banyak uang dan punya banyak waktu :)
    Cek website-nya di www.greatsouthernrail.com.au

    ReplyDelete
  7. Anonymous31.5.13

    Hallo, salam kenal, saya Lily dari Samarinda,boleh minta infonya, saya thn dpn ada rencana travelling ala backpacker ke Aussie dan NZ, krn Air Asia tdk ada direct flight ke NZ, saya mesti transit Aussie, jadi saya pikir sekalian aja jln2 ke 3 kota utama Aussie (Melbourne, Sydney dan Gold Coast), tlg minta saran, kalau mau travelling ke Aussie (3 kota) dan NZ (North and South) dlm 18 hari apa mungkin? Kalau tdk keberatan, bs minta tlg buatkan itinerary singkat, karena sy bingung begitu byk tempat yg mau dikunjungi, padahal waktu terbatas, terima byk sebelumnya atas infonya.

    ReplyDelete
  8. Anonymous28.6.13

    Mantap artikelnya, numpang jualan travel adaptor sangat bermanfaat untuk charge hp, tablet, dll selama disana, kontak 081-3333-443-43
    Link :
    http://www.kaskus.co.id/thread/51c5baf81ed719fc72000003/travel-adapter---adaptor-universal-barang-wajib-punya-pas-keluar-negeri
    Tks

    ReplyDelete
  9. @Lily
    18 hari cukup kok, meski mepet.
    Tulisan ini bisa membantu menyusun itinerary Australia: http://www.thetravelingprecils.com/2013/06/mini-guide-to-australia.html

    Saya belum pernah ke Pulau Utara NZ.
    Ini itinerary Pulau Selatan:
    http://www.thetravelingprecils.com/2011/12/road-trip-menjelajah-pulau-selatan-new.html

    ReplyDelete
  10. Hello, nggak sengaja nemu blog ini waktu blog walking!! Terima kasih udah sharing pengalamannya.

    Dan permisi, sekalian mau sharing link, hehe. Siapa tahu bermanfaat!! Thank you



    Australia kasih 1000 Working and Holiday Visa Pertahun untuk orang Indonesia!!

    https://ajourneynote.blogspot.co.id/2016/04/working-and-holiday-visa-australia-for.html?m=1


    Tips and Tricks cari kerja di Australia

    https://ajourneynote.blogspot.co.id/2016/05/tips-and-trick-cari-kerja-di-australia.html?m=0

    Skydiving Murah di Australia

    https://ajourneynote.blogspot.co.id/2016/08/skydiving-murah-di-australia.html?m=1

    Main ski dan snowboarding ala backpacker

    https://ajourneynote.blogspot.co.id/2016/08/main-ski-dan-snowboarding-ala.html?m=1


    ReplyDelete