Tiket Pesawat Ke Australia, Mahal Nggak Sih?

10:43 Traveling Precils 27 Comments


-->
Banyak jalan menuju Roma Sydney

"Mahal nggak sih liburan ke Australia?" Itu pertanyaan standar yang sering dilontarkan teman-teman ketika saya membujuk mereka 'menengok' saya di Sydney. Salah satu komponen termahal dalam liburan ke Luar Negeri memang tiket pesawat. Ya, murah atau mahal memang tergantung berapa duit yang kita anggarkan untuk liburan.

Ada dua macam perusahaan penerbangan: penerbangan reguler dan penerbangan murah (budget airline). Biasanya penerbangan murah ini juga milik penerbangan reguler, hanya saja pelayanannya berbeda. Terbang pakai penerbangan reguler lebih nyaman, harga juga sudah termasuk bagasi, makan, hiburan dan amenities lainnya. Sementara di penerbangan murah, harga hanya untuk tempat duduk saja. Bagasi, makan, hiburan bahkan memilih tempat duduk harus membayar biaya tambahan.
Hati-hati membandingkan harga antara beberapa penerbangan murah, cek biaya-biaya tambahan dengan seksama.

Saya biasa membandingkan harga-harga tiket pesawat di website Webjet. Website ini cukup pintar untuk membantu kita mengetahui jenis pesawat apa yang melayani rute tertentu, berikut harganya. Tapi saya tidak pernah membeli lewat website ini karena biaya bookingnya cukup mahal. Begitu tahu harga tiketnya, saya pesan langsung dari website maskapai penerbangan. Ada lagi satu cara yang lebih gampang untuk membandingkan harga tiket pesawat, yaitu dengan menelpon agen perjalanan kenamaan di kota kalian :p
Perusahaan penerbangan mana saja yang melayani rute Indonesia - Australia, baik dengan penerbangan langsung maupun dengan transit? Kota-kota di Australia dengan penerbangan langsung dari Indonesia adalah: Darwin, Perth, Adelaide, Melbourne, Sydney dan Brisbane. Ada juga penerbangan murah yang melayani Gold Coast/Melbourne/Sydney/Perth, dengan transit di KL atau Singapura. Yuk kita tengok satu-satu perusahaan penerbangan, dan kisaran harganya.

PENERBANGAN REGULER

1. Garuda Indonesia
Ini pesawat favorit keluarga kami. Serius! Bahkan ketika kami pergi ke Sydney untuk yang kedua kalinya, Big A secara khusus minta naik Garuda. Bukan cuma karena nasionalisme lho, tapi memang value-nya tinggi, kalau dihitung harga dan pelayanan yang didapat. Makanan di pesawat juga lumayan enak, sesuai dengan lidah orang Indonesia (eh, ya iyalaaah...).
Garuda melayani penerbangan dari Jakarta/Denpasar ke Sydney, Perth dan Melbourne. Karena harga sudah 'murah', Garuda jarang bikin SALE. Harga tiket penerbangan langsung Jakarta - Sydney pp sekitar US$ 750 (low season).

2. Qantas
Pertama kali ke Sydney, saya dan ThePrecil naik Qantas. Ini karena tidak ada pilihan lain waktu itu. Harga tidak murah, pelayanan biasa aja, makanan hambar. Bagusnya pesawatnya lumayan besar sehingga waktu tinggal landas dan mendarat mulus, tidak terasa apa-apa.
Qantas melayani penerbangan dari Jakarta ke Perth/Sydney, dan dari Denpasar ke Perth/Darwin/ Sydney/Melbourne. Harga tiket penerbangan langsung Jakarta - Sydney pp sekitar US$ 825 (low season).

3. Malaysia Airline
MAS kadang punya harga menarik ketika promo. MAS melayani penerbangan dari kota-kota di Indonesia ke Perth/Adelaide/Sydney/Melbourne/Brisbane via Kuala Lumpur. Harga standar tiket Jakarta - Sydney via KL pp sekitar US$ 900 (low season).
Kalau pas ada promosi dan memutuskan naik MAS, harus diteliti dulu itinerary-nya. Jangan sampai transitnya harus menginap di KL, karena tambahan biaya hotelnya bisa jadi bikin harga promosi semahal harga normal. Kecuali kalau mau sekalian liburan ke KL.

4. Singapore Airline
Konon kabarnya SQ adalah perusahaan penerbangan dengan pelayanan terbaik dan bandara transit terbaik. Bener ya? SQ ini jadi penerbangan favorit orang-orang Indonesia yang sudah menjadi permanen residen di Sydney untuk pulang kampung. Memang untuk penerbangan ke Australia, SQ memakai Airbus A380-800 yang keren dan nyaman itu. Harga standar tiket Jakarta - Sydney via Singapura pp sekitar US$ 1000 (low season).
SQ melayani penerbangan dari kota-kota di Indonesia ke Perth/Adelaide/Sydney/Melbourne/Brisbane via Singapura.

5. Emirates
Emirates bisa menjadi alternatif pesawat menuju Australia. Memang tidak ada pesawat Emirates langsung dari Indonesia ke Australia, tapi kita bisa naik dari Singapore atau KL. Rute yang tersedia adalah Singapore - Melbourne/Brisbane dan KL - Melbourne. Memang repotnya, kita harus menggotong-gotong bagasi ketika transit karena harus ganti pesawat. Tapi kerepotan itu akan terbalas ketika sudah ada di pesawat. Fasilitas hiburan di Emirates terkenal paling bagus dibandingkan maskapai penerbangan lain, termasuk Singapore Airline. Kami pernah mencoba merasakan naik Emirates dari Christchurch menuju Sydney, dan mendapatkan pengalaman yang berkesan :)
Harga standar tiket pp Singapore - Melbourne sekitar US$ 650 (low season). Kita tinggal menambahkan tiket dari kota di Indonesia ke Singapore.

PENERBANGAN MURAH (BUDGET AIRLINE)

1. Jetstar
Jetstar adalah pilihan pertama kami untuk penerbangan murah. Ini adalah anak perusahaan Qantas. 
Tahun kemarin (2010) saya menerbangkan Ibu/Ayah/Adik dari Denpasar ke Sydney pp dengan penerbangan langsung hanya seharga US$ 400 per orang. Lumayan ya, harganya separuh Garuda/Qantas. Tapi beli tiketnya 9 bulan sebelumnya. Harus rajin-rajin cari harga promo. Jetstar melayani penerbangan dari Jakarta ke Perth, dan dari Denpasar ke Perth/Darwin/ Sydney/Melbourne. 
Baca pengalaman kami naik Jetstar di sini.

2. Air Asia
Siapa yang nggak kenal Air Asia? Apalagi kalau dihubungkan dengan kata SALE?
Tahun ini (2011) saya membelikan tiket untuk Ibu/Ayah Mertua/Adik Ipar dari Surabaya ke Gold Coast via KL pp hanya seharga Rp 3,5 juta per orang, sudah termasuk tambahan bagasi 20 kg dan makan. Gila ya murahnya? Tapi belinya juga jauuuh hari sebelumnya. Untuk penerbangan September, tiket sudah saya beli bulan Januari.
Air Asia melayani penerbangan langsung dari Denpasar ke Darwin dan Perth, dan dari kota-kota di Indonesia ke Melbourne/Gold Coast via Kuala Lumpur. Baru-baru ini (17 Januari 2012) Air Asia membuka penerbangan dari kota-kota di Indonesia (Jakarta/Surabaya/Denpasar/Medan) ke Sydney via Kuala Lumpur.

3. Virgin Australia
Virgin adalah penerbangan murah saingan Jetstar. Saya belum pernah sih naik Virgin. Harganya biasanya lebih mahal sedikit dibanding dengan Jetstar. Orang Oz suka naik Virgin karena sistem reward-nya yang menarik (Velocity rewards). Setiap belanja kebutuhan sehari-hari, mereka mendapatkan poin-poin yang bisa ditukar menjadi tiket pesawat. Virgin melayani penerbangan dari Denpasar ke Perth/Adelaide/ Melbourne/Sydney/Brisbane.

4. Tiger Airways
Tiger adalah penerbangan murah yang berbasis di Singapura. Harga promosinya kadang nggak masuk akal murahnya. Tapi Tiger ini perusahaan paling tricky. Harga dasar kelihatan murah, tapi tambahannya banyak banget. Misalnya, untuk cek in di counter harus tambah AUD 12,5 (cek in gratis hanya untuk online cek in). Pilih kursi (jenis apapun) harus bayar tambahan juga. Dan untuk semua jenis pembayaran (kartu kredit, debit, transfer bank) harus nambah AUD 7,5. Tiger  melayani penerbangan dari Jakarta ke Perth via Singapura.
Cek website Tiger Airways di sini.

5. Air Australia
Maskapai ini dulunya bernama Strategic Airline dan melayani penerbangan charter. Saya bingung mau memasukkan maskapai ini ke penerbangan reguler atau penerbangan murah. Bagasi 23 kg sudah termasuk dalam tarif, tapi makanan dan pilihan tempat duduk harus bayar. Rute Air Australia ini masih terbatas, antara lain melayani penerbangan langsung dari Denpasar ke Perth/Brisbane. Harga standar tiket pp Denpasar - Brisbane sekitar US$ 650 (low season).
Cek website Air Australia di sini.

Kalau memang serius pengen main ke Oz, coba deh langganan newsletter dari masing-masing perusahaan penerbangan tersebut. Begitu ada promo, langsung 'snap'!

~The Emak.

You Might Also Like

27 comments:

  1. Salam kenal ya mba. Blognya informatif sekali. mba, kalo menurut ortunya mba pakai air asia ke gold coast itu nyaman ga? jarak kursinya rapat-rapat kaya yang air asia penerbangan jarak dekat ga

    ReplyDelete
  2. Dear Eva, barusan kutanyakan Mamaku, ini jawabnya:
    "Menurut kami cukup nyaman. kursinya 2-4-2 karena klas ekonomi. kelas bisnis lebih nyaman lagi. pesawatnya airbus, berbadan besar tapi tipenya lupa.ini yang dari KL ke GC pp. makanan enak dengan menu malaysia.awak pesawat cukup ramah.
    kalau yang dari SUB ke KL pp dengan pesawat airbus lebih kecil.kursi 3-3.semoga membantu."
    cheers :)

    ReplyDelete
  3. makasih banyak ya mbaaa. Tolong sampaikan juga terima kasih ke mamanya.

    ReplyDelete
  4. Halo mbak, tahun lalu saya pernah mengirim email kepada Anda tentang pengurusan paspor Australia. Namun tak pernah ditanggapi. Mungkin karena Anda memang benar-benar tak bisa membantu ya. Tapi kalau boleh ya ditanggapi sedikit dong, soalnya saya benar-benar menunggu infonya dari Anda saat itu, karena saya pikir Anda sudah berpengalaman dalam pengurusan paspor ini. Namun walau begitu, saya tetap senang mengunjungi blog Anda, karena cukup informatif. Salam.

    ReplyDelete
  5. waduh, email yg mana ya? mungkin nyangkut di spam? tolong kirim lagi ya emailnya, saya usahakan balas.
    cheers,
    The Emak.

    ReplyDelete
  6. halo mbak bole saya minta email? banyak sekali yg ingin sya tanya?trim slaam kenal :)

    ReplyDelete
  7. @Tiara kirim aja ke travelingprecils[at]gmail[dot]com

    ReplyDelete
  8. mbak, blognya bermanfaat banget oh ya aku mau tanya-tanya seputar traveling ke Australia boleh gak mbak?

    ReplyDelete
  9. Postnya sangat menarik Mbk... Btw, Mbk tertarik ngga jadi kontributor di buku yang sedang saya tulis...

    ReplyDelete
  10. @sigit kirim aja pertanyaannya ke travelingprecils[at]gmail[dot]com

    @pasya makasih sudah singgah di blog ini. maaf saat ini belum bisa menulis untuk buku. good luck ya :)

    ReplyDelete
  11. hai mbak :)
    sepertinya memang mahal yaa jalan2 ke negeri kangguru itu padahal penggeenn :(
    makasii infonyaa mbak

    ReplyDelete
  12. Assm...mba ade boleh minta emailnya..spy nanya2 nya lebih banyak lagi. ..
    tapi sebelumnya kenalan dulu ah sm emak...ditunggu ya mbak.wass

    ReplyDelete
  13. @anggita
    hai. memang lebih mahal daripada liburan ke Bali :) Tapi msh lebih murah daripada jalan2 ke Eropa. Nabung dong :)

    @Ida Mariana
    salam kenal. email saya: travelingprecils@gmail.com

    ReplyDelete
  14. selamat pagi mb,
    mbak,informasinya bagus sekali..
    mbak ada yg mau aq tnyakan,aq sudah coba buka website Webjet..nah disana ada keterangan R dan tidak..itu mksdnya return kan y??return disini mksdnya gmn y?koq aq agak bingung..krna disana aja jadwal departing dan returning..
    makasi mbak..:)

    ReplyDelete
  15. @Ayu
    makasih udah baca blog The Precils.
    aku nggak begitu mengerti yang kamu maksudkan. coba kembali lagi ke halaman pertama: ketika kamu masukkan dari mana kamu ke mana, kalau kamu pilih/cek "round trip" bakal dicarikan tiket pp (return). kalau kamu pilih "one way" tiketnya ya cuma sekali jalan aja.

    Kalau ada jadwal pergi dan pulang berarti memang tiket round trip/return/pp. harga yg tertera sdh termasuk pp.

    semoga membantu.

    ReplyDelete
  16. Anonymous29.1.13

    Salam kenal Mba.. blog travellingnya helpful bgt. Sy jg berencana ke Oz bersama keluarga,&msh kumpulkan informasi krn waktunya terbatas kurleb 4-5 hr.

    Apakah memungkinkan & efektif jika itinerary sy sbb.
    -H1 JKT-GC, jln2 di Surfer Paradise
    -H2 di Movie World. Klo beli tiket Movie World saja tanpa White Water, blh tdk ya?
    -H3 terbang GC-SYD, Taronga Zoo cm ingin foto dgn hewan2 khas Oz, naik feri Circular Quay-Darling Harbour utk foto Opera House, Hyde Park, QVB, Bondi beach, belanja Paddys Market
    -H4 terbang SYD-MEL, city tour naik trem, ACMI, Yarra River Southbank, Jln2 di Flinder St Station, belanja oleh2 di Bourke St Walk atau QVM
    -H5 plg MEL-JKT

    Kira2 budget yg bs dihabiskan utk itin spti itu dgn asumsi menginap di Apartment spti mba, naik transport umum, & mkn di tmpt standar fastfood brp utk 6 org ya mba?

    Baiknya belanja oleh2 saat di Paddys Market SYD atau di QVM atau Bourke MEL mba?

    Terima kasih byk atas bantuannya ya The Emak :) Jazakallohu

    ReplyDelete
  17. Anonymous29.1.13

    Maaf sy lupa sebutkan nama. Sy dgn Ranti Mba :) Tks byk yaa

    ReplyDelete
  18. @Ranti
    Wah, itinerarymu padat banget. ada anak2 kecilnya gak tuh? kalo dewasa semua sih gak masalah, tapi bakalan capek, terutama H3.

    Budget biasanya $100 per orang per hari, di luar pesawat internasional ke dan dari australia. tapi kalo bareng bisa lebih hemat lagi. keluarga kami budget rata-rata utk 2 dewasa 2 anak adalah $250 perhari.

    Belanja lebih pas di kota terakhir, biar gak repot bawa2 di pesawat domestik. atau bisa dibagi: di Sydney belanja dikit, di Melbourne dilengkapi.

    soal itinerary, kalo msh perlu saran bisa email ke: travelingprecils[at]gmail[dot]com. cheers :)

    ReplyDelete
  19. Anonymous13.2.13

    Halo Mbak ,

    Saya ada rencana ke OZ + NZ bln. Agustus 2013 dengan waktu yg terbatas maklum karyawan yg memanfaatkan libur lebaran he he he . Kebetulan ada adik yg kuliah di Sydney jadi sekalian sambang . Kira2 ada advise ndak mbak utk itinerary ? kalau di OZ nya mau ke Sydney + Goldcoast = 5 hari dan ke NZ ( south ) = 5 hari . Routenya maunya : Sub - Sydney - NZ - Sub , klu ticket dari dan ke Indo cari yang mur-mer pakai AA cuman dari OZ ke NZ mungkin bisa diaturkan adik utk beli dari sana .

    Thanks sebelumnya ya Mbak ,

    Salam - Oenoel

    ReplyDelete
  20. @Oenoel
    jadwal udah bagus kok, 5 hari di OZ, 5 hari di NZ.
    pesawat dari OZ ke NZ banyak dan murah2.

    ini contoh itinerary:
    SYDNEY http://www.thetravelingprecils.com/2011/07/top-10-wajib-dilakukan-di-sydney.html

    GOLD COAST http://www.thetravelingprecils.com/2011/10/bersenang-senang-di-gold-coast.html

    SOUTH ISLAND http://www.thetravelingprecils.com/2011/12/road-trip-menjelajah-pulau-selatan-new.html

    tapi lebih baik minta adiknya aja untuk antar2 :)

    ReplyDelete
  21. Anonymous5.4.13

    Dear mbak ade,
    Mbak Kebetulan Saya,suami Dan Anak (3th Dan 4thn) Akan Berencana Hijrah Ke melbourne Utk Melanjutkan Pendidikan,bisakah Diinfokan T4 Tinggal,flat,apartemen Yg Recomended Tentunya Dgn Harga Yg Reasonable.

    Makasih Sebelumnya Mbak,
    Febian

    ReplyDelete
  22. @Febian
    untuk cari apartemen long term rent, kami biasa pakai website ini --> http://www.domain.com.au/?mode=rent

    good luck :)

    ReplyDelete
  23. Anonymous29.4.13

    mbak mau tanya dong kalau di goldcoast ada kereta ngak ya,apa kita mesti naik taxi ketempat tujuan,sama dari airportnya dekat tidak dgn station,karena kita berencana ke gc bulan des 2013.apa kalau kita sudah beli ticket tiger air dari gc ke syd mesti bayar untuk check in Tq

    ReplyDelete
  24. baca tulisanku ttg GC ya --> http://www.thetravelingprecils.com/2011/10/bersenang-senang-di-gold-coast.html

    Dari GC airport ke penginapan bisa naik taksi atau naik shuttle bus. Harganya kira2 sama kalo utk keluarga. Cek http://www.gcshuttle.com.au

    Utk lihat aturan Tiger Air, cek aja website-nya.

    ReplyDelete
  25. Anonymous20.11.13

    mbak bisa bantu,apa ada one day tour ke tangaloma,kita menginap di surfer paradise, berapa harga tournya.tq neni

    ReplyDelete
  26. Garuda Indonesia Harga TIketnya Paling Murah Ya. Tapi Pelayanannya Paling Bagus.

    ReplyDelete
  27. Galeri Antik Indonesia, klasik menarik apik dan cantik juga asyik menggelitik. Cocok untuk design interior bernuansa lama, kuno tetapi lux eksklusif serta terkesan mewah dan glamour bangsawan tua yg trendy. Bagai Old Master (Seniman Senior) Pujangga sastra yang kaya tetapi hidup sederhana. Alamat galeri utama jalan padi raya 1A Semarang dan karya galeri kedua jalan pemuda 52 Jepara, Central Java. http://www.old-amsterdam-antiques.co.id

    ReplyDelete