Ke Legoland Malaysia, Via Changi Atau Senai?


Tadinya, untuk liburan ke Legoland, kami akan terbang langsung dari bandara Juanda Surabaya ke Senai Airport, Johor Bahru, dengan Air Asia. Apalagi The Emak sudah sukses mendapatkan tiket 0 rupiah setahun sebelumnya *bangga mode on*. Tapi ternyata jadwal keberangkatan kami bertepatan dengan meletusnya Gunung Kelud. Hujan abu vulkanik membuat bandar Juanda ditutup dan semua penerbangan dibatalkan. Saya terpaksa mengatur ulang rencana jalan-jalan ke Legoland. Kali ini kami akan terbang ke Changi Airport, Singapura.

Bentar, sebelum lanjut, di mana sih Johor Bahru ini? Coba kita ingat pelajaran geografi, atau... yang lebih gampang sih buka Google Map aja :) Johor Bahru adalah kota paling selatan di semenanjung Malaysia, berbatasan dengan Singapura, hanya dipisahkan oleh selat Johor. Legoland terletak 35 km dari kota (JB Sentral), bisa ditempuh sekitar 30 menit dengan taksi.



Turis Indonesia punya dua pilihan: ke Legoland via Senai Airport atau Changi Airport. Dari bandara Senai menuju Legoland cuma perlu 35 menit via tol, dengan taksi. Sementara dari bandara Changi, perlu sekitar 2-3 jam, tergantung traffic, dengan naik bus, taksi atau shuttle. Sementara kalau transit di Kuala Lumpur, lebih lama lagi, perlu 4 jam jalan darat, atau 50 menit naik pesawat ke Senai.

Dari Indonesia, hanya Jakarta, Surabaya dan Bandung yang punya penerbangan langsung ke Johor Bahru, dilayani Air Asia. Sementara kota lain seperti Jogja, Solo atau Semarang, hanya bisa ke Johor via Singapore.



Menginap di Bandara Changi
Saya dapat tiket murah Tiger Air Mandala untuk rute SUB - SIN, berangkat Jumat jam 9.45 malam. Sengaja saya pilih jadwal ini agar Si Ayah dan Precils tidak perlu bolos cuti sekolah. Dengan perjalanan sekitar 2 jam, kami akan sampai di Changi pukul satu dini hari. Lha terus, tidur di mana? Ya tidur di Changi lah.

Big A ketakutan mendengar rencana saya tidur di bandara Changi. 
"Are we allowed to sleep in the airport?" tanya Big A.
"Well, actually, no," jawab saya. "But, no worries, Changi is the best airport in the world. It should be easy to find somewhere comfy to sleep."

Ibu Mertua saya pun mengira kami akan menginap semalam di hotel di Changi. No, Mom, nginep di emperan Changi, bukan hotel :D Rugi banget kan cek in jam 1 dan harus cek out lagi jam 7 pagi. Apalagi tarif akomodasi apapun di Singapura tidak murah.

Saya mulai bergerilya mencari-cari blog pengalaman orang-orang gila yang pernah tidur di Changi. Rata-rata mereka ini dapat penerbangan tengah malam atau transit. Sebenarnya kalau kita punya tiket lanjutan penerbangan, gampang saja istirahat di dalam area transit. Lantai di dalam bandara sebelum pemeriksaan imigrasi berkarpet semua. Jadi tinggal cari spot yang enak dan gelar tiker, hehe. Masih menurut beberapa blog, kira-kira jam 3 pagi akan ada petugas bandara yang ronda patroli memeriksa paspor dan tiket. Bagi yang tidak punya tiket lanjutan akan diusir keluar lewat loket imigrasi terdekat.

Big A takut diperiksa, apalagi diusir. Jadi kami langsung ke loket imigrasi begitu turun dari pesawat di terminal 2. Setelah paspor dicap, saya cari-cari tempat strategis untuk tidur. Mata saya menemukan sofa warna-warni di depan konter lost & found, setelah ban berjalan pengambilan bagasi. Di situ juga sudah ada teman seperjuangan yang mencoba meliuk-liukkan tubuh biar bisa tidur nyenyak :p Akhirnya kami memilih beristirahat di sofa yang ada pembatasnya itu. Tentu pembatas ini dibuat agar pengunjung susah tidur. Tega bener deh.

Little A beruntung, dengan badannya yang mini, dia bisa rebahan dengan nyaman di sofa. Tidur pulas sampai pagi. Sementara saya, Big A dan Si Ayah berjuang keras untuk bisa tidur. Saya sudah membawa peralatan perang: bantal, pashmina dan sarung bali untuk selimut dan tutup muka. Jangan lupa pakai jaket tebal dan kaos kaki karena AC di Changi dingin banget.

Saya perhatikan kanan kiri, posisi yang paling enak (dan paling canggih) adalah meletakkan kepala dan separuh badan di sofa, dengan kaki terjulur di troli koper. Kami yang masih amatir, berhasil juga tidur di bandara sampai jam enam pagi. Ada toilet di dekat kami yang bisa digunakan untuk cuci muka, sikat gigi dan minum. Mandi? Kemarin kan sudah :D

Jam setengah tujuh kami keluar melewati custom dan menuju Mc Donalds untuk sarapan. Jam segitu Mc D sudah ramai banget. Saya pernah baca di blog Takdos kalau dia menyarankan kita tidur di sofa Mc D. Itu kalau kebagian tempat ya. Memang sofanya cukup nyaman untuk tidur, tanpa pembatas. Kita cuma perlu beli sesuatu di restonya. Pagi itu kami melihat dua pasang backpacker yang masih tidur pulas di sofa, nggak peduli sekitarnya yang sibuk. Mc D memang bisa jadi alternatif untuk tidur. Tapi kalau nggak dapat tempat di sini, kita bakalan susah cari tempat lain untuk tidur karena lantainya tidak berkarpet, dan bangku-bangku yang tersedia cuma bangku plastik dan terpisah, seperti bangku di ruang tunggu di Indonesia.

Little A, sleeps like a boss
Sofa di Mc D Terminal 2
Free Shuttle Bus Changi - Johor Bahru
Saya baru tahu dari forum Tripadvisor, kalau naik Tiger Air (dan kabarnya Jetstar juga), kita bisa dapat free transfer alias bus gratis dari Changi ke Johor, atau arah sebaliknya. Kita tinggal mencetak voucher atau kupon yang bisa diunduh dari website, diisi identitas kita, sertakan boarding pass Tiger Air, dan serahkan ke sopir bus. Penumpang maskapai lain juga boleh naik bus Transtar dengan rute TS1 ini, tarifnya SGD 7 untuk dewasa dan SGD 3,5 untuk anak-anak. Bus ini ada di Bay 9, di luar Terminal 2 dekat counter Singapore Stopover SQ. Cek jadwal dan rute bus di sini.

Saya rasa bus TS1 ini pilihan transportasi terbaik dari bandara Changi ke Johor Bahru, paling tidak repot dan paling murah (apalagi kalau bisa gratis). Alternatif lain untuk yang berangkat dari kota:

1. Naik MRT/bus ke Singapore Flyers (dekat MRT Promenade). Ada WTS Travel yang melayani shuttle langsung ke Legoland. Tarif SGD 20 per orang. 
Harus booking terlebih dahulu di sini.

2. Naik MRT/bus ke Queen St Bus Terminal (dekat MRT Bugis), lanjut naik bus SBS 170 atau bus express CW2 atau taksi ke JB Sentral.

3. Naik MRT ke Kranji, lalu naik bus SBS 160 atau 170, atau CW1 ke JB Sentral.

Kalau memang ke Legoland-nya sekalian dengan liburan ke Singapore, misalnya ke Universal Studio, Tune hotel Johor Bahru menyediakan shuttle dari hotel mereka di Danga Bay ke Universal Studio. Keuntungan naik taksi, limo atau shuttle: kita tidak perlu turun dari kendaraan untuk pemeriksaan imigrasi. Stempel paspor bisa kita dapatkan lewat loket seperti loket bayar parkir di Indonesia. Karena itu harganya jauh lebih mahal daripada bus :)

Wajah-wajah zombie menunggu bus

Dua check point
Kami naik bus pertama TS 1 yang berangkat jam 8.15 pagi. Jadwal bus ada tiap jam setelah itu. Bus menjemput penumpang di terminal 3 dan terminal 1, kemudian lanjut menuju Woodlands cek point. Dari Singapura, kami melewati dua kali cek point: satu di Woodlands, sebelum jembatan Selat Johor, untuk stempel keluar dari Singapura, dan satu lagi di CIQ (Custom, Immigration & Quarantine) JB Sentral untuk stempel masuk Malaysia. 

Bus yang kami tumpangi nyaman dan sepi penumpang. Tapi perlu waktu sekitar satu jam untuk sampai di perbatasan. Di Woodlands, kami harus turun dan membawa semua tas, dan masuk ke gedung imigrasi yang dalamnya seperti pemeriksaan paspor di bandara. Kami harus cepat-cepat di sini karena bus hanya menunggu sekitar 15 menit. Begitu paspor selesai distempel, kami bergegas turun dari gedung dan mencari bus yang tadi kami tumpangi. 

Big A senyum-senyum ketika bus melaju melewati perbatasan. "Bentar lagi sampai Malaysia," bisik saya. Ketika anak-anak seumuran dia senang mengoleksi aksesoris atau stationery, Big A pengennya mengoleksi negara. Malaysia adalah negara kelima yang dia koleksi kunjungi. 

Nggak sampai sepuluh menit kami sudah diturunkan oleh bus di gedung imigrasi Johor Bahru. Kami ikuti arus orang-orang yang naik ke gedung dan antre untuk diperiksa paspornya. Antrean cukup panjang, tapi bergerak cepat. Saya harus selalu menggendong Little A ketika paspornya diperiksa, agar petugas bisa mencocokkan foto dan wajah aslinya.


menuju cek point Johor Bahru
Pemeriksaan Imigresen

Taksi dari JB Sentral ke Legoland
Lolos dari pemeriksaan imigrasi, kami kembali ikuti arus orang-orang yang keluar dari gedung besar ini. Saya menemukan tanda pangkalan taksi dan bus. Sebelumnya, kami perlu menukar uang dan membeli air minum dulu karena haus banget, belum minum dalam dua jam perjalanan panjang dari Changi airport ke JB sentral. Di depan pintu keluar, banyak orang menawarkan taksi, mirip-mirip di stasiun Gubeng lah :D Kami terus saja berjalan dan menemukan pangkalan taksi resmi. Saya memesan dari situ dan membayar RM 35 untuk sampai ke Legoland. Just our luck, kami kebagian taksi butut. Untung sopirnya baik, romantis pula. Namanya Pak Cik Zul dan nama pacarnya Yati. Kok kami bisa tahu? Karena dia pasang Zul lope Yati di dashboard-nya, hahaha.

Perjalanan dari JB Sentral menuju Legoland cuma perlu 30 menit lewat highway. Si Ayah tanya, orang-orang yang nawarin taksi di pintu keluar tadi siapa? Kata Zul, mereka sopir taksi gelap dan suka 'memeras' penumpang. Saya juga beberapa kali membaca pengalaman tidak mengenakkan dengan taksi Malaysia di blog-blog traveling. Memang lebih baik pesan taksi resmi dari konter.

Di tikungan terakhir sebelum Legoland, kami bisa melihat hotel Lego dengan warna-warna cerah, tampak seperti bangunan yang terbuat dari potongan Lego. Mata Big A dan Little A membelalak, mereka memekik gembira, lupa capeknya tidur di bandara dan dua setengah jam menuju ke sini.

Pangkalan Teksi
Pak Cik Zul

Dari Legoland ke Senai Airport
Kalau naik pesawat langsung menuju Senai Airport, urusannya lebih mudah. Selain cukup lewat satu pintu imigrasi, menuju Legoland juga lebih cepat, hanya sekitar 30-40 menit dengan taksi.

Kami pulang kembali ke Surabaya dengan Air Asia dari Senai airport, Johor Bahru. Jadwal penerbangan kami Minggu jam 2.40 sore. Kami memesan taksi lewat concierge hotel Legoland, dan berangkat ke bandara jam 12.30.Kali ini, taksi menggunakan meter/argo. Pak sopir taksinya ceriwis sekali dan punya cerita macam-macam. Katanya, taksi merah (seperti yang kami tumpangi dari JB Sentral) dilarang 'ngetem' di Legoland, karena mereka tidak mau memakai argo dan sering menipu penumpang. Di Legoland hanya ada taksi eksekutif warna biru. Meski tarifnya premium, taksi ini tertib menggunakan argo dan tidak meminta ongkos tambahan. Kalau tidak memesan taksi dari hotel, ada pangkalan taksi biru di depan Mal of Medini, persis di sebelah Legoland Theme Park. Tarif taksi biru dari Legoland, sampai ke bandara Senai RM 90, termasuk bayar tol dua ringgit. Jalan tol yang kami lalui lancar jaya, nyaris nggak ada mobil lain. 

Kalau mau mampir belanja, JPO (Johor Premium Outlet) letaknya lima menit sebelum bandara. Kata Pak sopir taksi ini, dia bersedia melipir sebentar, sekedar foto-foto di depan JPO untuk update status facebook, hahaha. Makasih Pak Cik, lain kali saja.

Senai airport, Johor Bahru
Air Asia di Senai airport, Johor Bahru
Kalau boleh memilih, untuk ke Legoland, saya lebih senang direct flight ke Senai airport. Asalkan harga tiketnya murah ya. Kalau pengen akomodasi yang murah juga, bisa menginap di Tune hotel Danga Bay, sekalian naik shuttle mereka ke Legoland, RM 15 pp per orang. Shuttle Tune hotel ini akan mengantar kita di pagi hari, jam 9.30 dan menjemput di sore hari setelah Legoland tutup. Kalau terpaksa lewat Changi, sebaiknya menginap dua malam di JB biar nggak capek-capek banget. Atau, alternatifnya, jalan-jalan Legoland digabung dengan jalan-jalan ke Singapore, tidak cuma weekend getaway aja.

~ The Emak 

Catatan:
Kurs Maret 2014
SGD 1 = IDR 9434
MYR 1 = IDR 3712

Baca juga:  
Johor Bahru With Kids: Itineray & Budget
Review Hotel Legoland 
Legoland Themepark & Waterpark, Asyiknya Dobel! 
Galeri: Foto-foto Miniatur dari Lego  

Comments

  1. Anonymous30.4.14

    halo mba,
    mau tanya kalo pangkalan taxi resmi itu di sebelah manakah? dari pintu keluar kita kearah mana ya? apa hanya ada satu pintu keluar atau ada tanda khusus menuju pangkalan taxi resmi?
    dari pangkalan taxi itu kita bisa memesan ke semua tujuan atau hanya ke legoland? kalau ke jpo bisa ga ya?
    maklum belum tau medan sama sekali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari pintu keluar di sebelah kanan, harus turun eskalator dulu. kelihatan banget kok, ada taksi merah berjajar-jajar. tujuan bisa ke mana saja, tinggal bilang sama yang jaga konter. harga menyesuaikan dengan jumlah orang juga.

      Delete
  2. tolong nanya mbak, kalo mbak kan naik tiger sampai di singapore tengah malam di terminal 2, kalau saya rencana naik jet star turun di changi terminal 1. apa ada rest area ya? mengingat kalo cek in hotel ya rugi sdh tengah malam. trs kalo misal mau ke terminal 2 naik sky train apa 24 jam? tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rugi nginep di hotel. Tunggu aja di bandara. Sky train dari jam 5 pagi sampai jam 2.30 pagi. Pas sky train gak beroperasi, ada shuttle bus antar bandara.

      Delete
  3. seru jalan jalanya ma kluarga

    ReplyDelete
  4. Anonymous27.6.14

    nbak...
    kami sekeluaga akan ke legoland bulan depan...sy dengar airasia guest juga bisa gratis naik causewaylink bus....sy sudah1 minggu mencoba pesan ticket bus melalui www.causewaylink.com.my selalu tidak bisa. apa ada cara lain untuk booking ticket bus causewaylink? thanks.santo

    ReplyDelete
  5. Anonymous28.6.14

    1 lagi mbak....apa ada penitipan koper atau pun tas di legoland atau di sekitar legoland? kurang nyaman kalau jalan jalan di legoland bawa bawa koper he he he. thanks. santo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di legoland ada loker yang bisa disewa.

      Delete
  6. Mbak mau nanya kalo naik pesawat tigerair gimana cara mdptkan tiket gratis bus ke johor. Apa nama webnya. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu ada di website Tiger Air Singapura. http://www.tigerair.com/sg/en/index.php
      Tapi biasanya promo ada batasan waktunya.

      Delete
  7. Anonymous5.11.14

    mbaak..nanya donk. mcd changi 24 jam kah? lebih nyaman di dpn konter lost n found kyk mbak gitu?? memang gak ada patroli atau sweeping ya mbaak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mc D 24 jam. Di dpn counter lost n found, sofanya ada pembatas, kurang nyaman. Di area publik (setelah keluar imigrasi) tdk ada patroli.

      Delete
  8. Anonymous17.11.14

    hi.. nanya ya..
    di Woodlands, bus-nya nungguin kah? atau ada transportasi lain dari Woodlands ke JB?
    Dari JB Sentral, selain taksi, ada bus?
    thx..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bus-nya nungguin sekitar 10-15 menit. Katanya bisa naik bus bebas kok, gak harus yg kita naiki sebelumnya, karena tinggal ngantar nyebrang jembatan masuk Malaysia. Dari JB ada kok bus ke Singapore.

      Delete
  9. Seruu kak. Pengen tanya, filght saya sampai di changi masi sore jam18.15, pengennya sih gitu, biar hemat 1st nightnya pengen tidur di changi aja, apa bisa ya kak? Di imigrasi apa ga ditanyai soal hotelnya gitu? Thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di imigrasi ditanya. Pas ke Changi yg terakhir aku isi alamat salah satu hostel meski belum booking dan akhirnya tidur di lounge Bandara.
      Yg aman, tidur di Changi kalau punya tiket keluar. Kalau baru saja mendarat dan nunggu pagi, amannya tidur di public area setelah imigrasi. Tapi kalau mau nekat ya monggo aja. Aku gak berani karena bawa anak-anak, takut diusir :D

      Delete
  10. setujuuuuu :3 selain lebih murah, juga ga capek antri di check point kak, ditambah lagi skrg bridge JB-SG maceet teruss huhuhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, jembatan JB-SG bisa macet juga ya?

      Delete
  11. Anonymous25.2.15

    Mba , tanya donk kalau ke hello kitty town dan legoland dalam satu hari cukup gak ya? Tks mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Batu ja ab, cukup aja tapi jadinya ga puas dua2nya. Karena legoland wahana permainan kalo buru2 mau ke hello kitty town, rasanya ga santai

      Delete
  12. sepertinya lebih enak leat changi..tinggal sewa private van ke Johor..urusan cek imigrasi juga nggak ribet..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau pakai mobil jadi nggak ribet, seperti bayar di gardu tol.

      Delete
    2. Ada kenalan kah kl mau naik mbl ke jb?

      Delete
  13. Hallo, numpang share akomodasi saya dekat dengan legoland dan hello kitty town (kurang lebih 10 menit) untuk 8 orang.

    https://www.airbnb.com/rooms/4310952

    Semoga bermanfaat, terima kasih.

    ReplyDelete
  14. Hallo, numpang share akomodasi saya dekat dengan legoland dan hello kitty town (kurang lebih 10 menit) untuk 8 orang.

    https://www.airbnb.com/rooms/4310952

    Semoga bermanfaat, terima kasih.

    ReplyDelete
  15. Matur nuwun banyak atas informasinya. Sangat membantu. Rencana sekeluarga dari India kita naik Tiger Air ke Singapore. Trus Lanjut ke Legoland . Trus pulang kampung ke Gresik.

    Salam Kenal :)

    ReplyDelete
  16. Summpahh.. pengalamannya keren juga tidur di Changi.. saya pernah menjadi orang yang diusir karena tidak memegang tiket terusan.. waktunitu memang tujuan saya hanya ke spore saja tapi karena sayang chek in malem, jadinya pengen nyobain tidur di kursi.. eh diusir..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus keluar ke public area ya. Makanya saya takut tidur di dalam transit area :))

      Delete
  17. Info tambahan sekarang direct air asia ke johor bahru juga sudah ada dr kota medan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks infonya :)

      Delete
    2. Anonymous22.2.16

      Dan sekarang penerbangan ke jb dari medan sudah ditutup...

      Delete
  18. Mbak, terima kasih infonya.
    Kalo dari Changi ke JB, apabila mau naik taksi, bagaimana caranya?
    Naik taksi mengingat ada nenek yg akan ikut (70th), kalo naik bus kasihan, musti naik turun bus.
    Thanks.

    ReplyDelete
  19. numpang tanya sekalian...., kl dr JB Senai airport ke Legoland, selain taksi, ada alat transportasi umum ga? misalnya bus atau train gitu? Makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  20. Numpang nanya..., kalo dari JB Senai Airport, ada ga angkutan umum menuju Legoland? Bus atau train gitu....? Makasih sebelumnya... :)

    ReplyDelete
  21. makasih sharingnya, moga ada rejeki ke Legoland sama keluarga. udah pernah ke sana tapi sama orang kantor he3

    ReplyDelete
  22. Anonymous15.4.16

    Assalamualaikum,

    Dari Legoland ke Senai lebih mudah dan ringkas, dari Legoland cuma ambil masa 20-30 minit. Dan jika anda menginap di hotel, homestay atau guest house di bandar Bukit Indah ( Business District and Residential for Legoland ) juga lebih kurang sama jarak dan masa untuk ke Senai Airport .

    Selamat berlibur...

    ReplyDelete
  23. Anonymous15.4.16

    Yuliani ,

    Dari JB Senai AIrport ke Legoland memang ada perkhidmatan bas berhenti . Sila ke laman http://homestaylegolandjohorbahru.com/blog/how-to-go-to-dillenia-homestay-near-legoland-malaysia-from-changi-airport/

    Ada diterangkan dari Senai Airport ke Legoland Malaysia ya.

    ReplyDelete
  24. kalo naik taksi dari senai sekarang kira-kira berapa ya biayanya kalo ke hotel di JB. kayanya enakan naik taksi ya mbak?

    ReplyDelete
  25. mbak mau tanya kalo dari jakarta mau ke johor bahru yang tidak transit langsung sampai di JBnya ngambil rute apa ya mbak, saya pesan tiket tapi enggak ada yang enggak transit

    klo transit saya bingung nyambung ke transit berikutnya

    ReplyDelete
  26. mbak mau tanya kalo dari jakarta ke JHB yang enggak transit tapi langsung ke JB nya pake rute apa ya mbak

    ReplyDelete
  27. Anonymous11.9.16

    terima kasih atas informasinya terutama bis langsung ke johor
    amat membantu

    ReplyDelete
  28. Mbk nanya, kalo mau ke Singapore lewat bandara senai harus naik apa yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous9.7.17

      Naik bus aja Mba dr Senai Airport ke JB Sentral RM 8 aja kok

      Delete
    2. Anonymous9.7.17

      Naik bus aja Mba dr Senai lgsg ke JB sentral RM 8 aja bayarnya

      Delete
  29. Bisa pa gk mbk dari changi ke senai JB....kira2 biayanya sampai brp?

    ReplyDelete
  30. terimakasih mbak atas informasinya

    ReplyDelete
  31. wah terimakasih informasinya mba

    ReplyDelete
  32. hmm terimakasih mba atas informasinyaaaa

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow Our Instagram @travelingprecils

Popular Posts

Mengurus Visa Schengen Untuk Keluarga

5 Kafe & Bakery Halal di Area Bugis Singapura

Pengalaman Memakai Grab Car di Bali

Cruise 101: Pengalaman Pertama Naik Royal Caribbean

Makan Hemat di Kantin Karyawan Changi Airport