Mengurus Visa Schengen Untuk Keluarga

14:53 Traveling Precils 169 Comments

Impian saya jalan-jalan ke Eropa akhirnya terkabul tahun ini. Alhamdulillah. Senang dan semangat banget bikin rencana dan itinerary. Tapi... tentunya harus mau ribet dikit ngurus visa.

Schengen itu apa?
Wilayah Schengen meliputi 26 negara di Eropa yang telah menghapuskan pemeriksaan paspor di perbatasannya. Kalau kita memiliki visa Schengen, kita bisa bebas keluar masuk 26 negara tersebut tanpa pemeriksaan paspor lagi. Dengan kata lain, ketika kita mengajukan visa (izin berkunjung) ke salah satu negara yang termasuk di wilayah Schengen, kita mendapat bonus visa ke 25 negara lainnya. Jadi sebenarnya rugi besar kalau visa Schengen cuma digunakan untuk berkunjung ke satu negara saja :)

Berikut daftar negara-negara di Eropa yang termasuk di wilayah Schengen:
1. Austria
2. Belgia
3. Czech Republic
4. Denmark
5. Estonia
6. Finlandia
7. France (Perancis)
8. Germany (Jerman)
9. Greece (Yunani)
10. Hungaria
11. Iceland
12. Italia
13. Latvia
14. Liechtenstein
15. Lithuania
16. Luxembourg
17. Malta
18. Netherland (Belanda)
19. Norwegia
20. Polandia
21. Portugis
22. Slovakia
23. Slovenia
24. Spanyol
25. Swedia
26. Swiss

Catatan penting: Inggris dan Irlandia tidak termasuk di wilayah Schengen. Cek di website ini untuk aplikasi visa Inggris (UK).

Via Kedutaan Mana?
Aplikasi visa Schengen bisa diajukan ke kantor salah satu kedutaan dari 26 negara di atas. Tentu saja kita wajib memilih kedutaan negara yang akan kita kunjungi. Kalau kita mengunjungi lebih dari satu negara, cara memilih kedutaannya yaitu:

Aturan 1: ke kedutaan negara yg paling lama ditinggali
Aturan 2: kalau lama kunjungannya sama antar negara, ajukan visa ke kedutaan negara pertama yang akan disinggahi

Kami berencana mengunjungi empat negara: Perancis, Belgia, Jerman dan Belanda. Karena paling lama tinggal di Paris, kami apply visa via kedutaan Perancis. Lagipula, Si Ayah memang punya undangan untuk menghadiri konferensi di sana.

Rumornya, mengurus visa Schengen paling gampang di Kedutaan Belanda. Dari beberapa blog yang saya baca, kalau semua dokumen lengkap, visa Schengen bisa langsung jadi dalam satu hari. Kalau memang ingin mengajukan visa lewat kedutaan Belanda di Jakarta (atau bisa juga via konsulat di Surabaya atau Denpasar), buatlah itinerary dengan lama tinggal paling lama di Belanda, dan carilah penerbangan yang mendarat di Amsterdam.

Dokumen
Semua informasi tentang pengajuan visa Schengen via kedubes Perancis ada di website ini. Kita tidak langsung apply di kantor kedutaan Perancis, tapi via agen yang telah mereka tunjuk, yaitu TLS Contact.

Berikut adalah dokumen yang perlu kita persiapkan:
1. Formulir, bisa diunduh di sini.
2. Dua pas foto berwarna ukuran 3,5 cm x 4,5 cm, latar belakang putih. 
Boleh berjilbab, pipi dan dahi harus terlihat penuh, tidak tertutup.
3. Tiket pesawat dari Indonesia ke negara tujuan pp, salinan.
4. Asuransi perjalanan asli dan salinan.
5. Booking hotel, harus sudah dibayar atau digaransi dengan kartu kredit.
6. Bukti Keuangan: Surat Keterangan dari Bank, asli dan salinan, plus salinan buku tabungan 3 bulan terakhir.
7. Working certificate, Surat Keterangan Perusahaan, berbahasa Inggris, asli.
8. Slip gaji 3 bulan terakhir, asli dan terjemahan dalam bahasa Inggris.
9. Kartu Keluarga (KSK), salinan. (Asli sebaiknya dibawa)
10. Paspor, minimal masa berlaku 6 bulan, asli dan salinan (halaman yang ada foto dan identitas)
11. Paspor lama, asli dan salinan (halaman yang ada foto dan identitas)

Untuk Si Ayah, saya tambahkan surat undangan dan bukti pendaftaran konferensi.
Untuk anak-anak ditambah:
- akte kelahiran, asli, salinan dan terjemahan dalam bahasa Inggris. 
- akte nikah orang tuanya, salinan.
- surat keterangan dari sekolah, asli dan salinan dalam bahasa Inggris. 
Anak usia TK/PG tidak perlu surat keterangan sekolah.
Kalau anaknya traveling hanya dengan salah satu ortu aja, perlu surat keterangan dari ortu satunya dalam bahasa Inggris atau Perancis.

Ribet?
Sebenarnya tidak susah menyiapkan dokumen-dokumen di atas, hanya perlu waktu saja. Siapkan dari yang gampang dan sudah tersedia: unduh dan isi formulir, cek masa berlaku paspor (minimal 6 bulan), siapkan KSK dan akte lahir, siapkan pasfoto terbaru (maksimal diambil dalam 6 bulan terakhir).

Mutasi buku tabungan utama (yang digunakan untuk menerima gaji atau pemasukan rutin) harus rajin dicetak dalam 3 bulan terakhir. Menjelang apply visa, kita harus minta surat keterangan dari bank. Berapa uang yang harus ada di tabungan? Kedutaan Perancis tidak mensyaratkan jumlah tertentu, tapi perkirakan saja cukup untuk biaya hidup selama kita di sana. Kami sendiri hanya punya tabungan 50 juta waktu itu, untuk apply visa berempat. Saya memilih status sebagai ibu rumah tangga biar tidak ribet melampirkan macam-macam, sehingga buku tabungan pun cukup nebeng punya suami :p

Surat keterangan kerja mudah didapat untuk yang berstatus pegawai/karyawan. (Yang susah kan ambil cutinya ya? Hehehe). Dalam surat tersebut harus menyatakan bahwa karyawan ini benar-benar bekerja di perusahaan/instansi tersebut, mengambil cuti selama berapa hari untuk berkunjung ke negara-negara wilayah Schengen, dan akan kembali bekerja lagi di Indonesia (tidak mencari pekerjaan di sana). Yang punya perusahaan sendiri, harus melampirkan SIUPP perusahaan. Yang nggak punya pekerjaan tetap seperti saya, bisa nebeng suami atau orang tua. Bahkan kalau suami/ortu tidak ikut apply visa, bisa dibuatkan surat keterangan dan jaminan. Begitu juga surat keterangan dari sekolah, cukup menerangkan bahwa siswa tersebut benar-benar bersekolah di sana dan izin tidak masuk untuk liburan ke Eropa.   

Asuransi perjalanan juga mudah dibeli secara online. Kami menggunakan AXA insurance yang meng-cover negara-negara Schengen. Pengalaman membeli asuransi saya tulis di sini.

Syarat yang cukup berat adalah tiket pesawat dan bukti pemesanan hotel. Dalam aturan dari kedutaan memang tidak disarankan untuk membayar full tiket pesawat karena tidak ada jaminan visa akan diterima. Disarankan memesan via agen perjalanan (tiket belum issued - dikeluarkan). Tapi saya nekat membeli tiket terlebih dahulu via online karena mendapat promo dari Emirates. Lagipula, membeli via agen harganya lebih mahal. Seapes-apesnya, kalau visa Schengen ditolak, masih bisa menggunakan tiket ini untuk liburan ke Turki (dengan visa on arrival). Tiket promo memang tidak bisa di-refund, tapi bisa dialihkan rute dan tanggalnya, dengan nama penumpang yang sama.

Untuk memesan hotel, saya menggunakan website Booking.com yang menyediakan fasilitas pembatalan dengan gratis. Dari website ini pun kami bisa bayar belakangan, tinggal menyertakan data kartu kredit untuk garansi. Karena mengajukan visa jauh-jauh hari, itinerary kami belum fixed. Saya dan Si Ayah masih saja bertengkar mau nginep berapa hari di kota mana. Jadi memang perlu pesan hotel yang sewaktu-waktu bisa dibatalkan. Sebenarnya, itinerary perjalanan ke Eropa ini bisa fleksibel, asalkan kita sudah memesan semua penginapan sesuai berapa hari kita bermalam. Nanti setelah visa beres, itinerary bisa diubah kembali. Ketika itu, jadwal kami yang sudah tetap dan mantap adalah lama menginap di Paris, sehingga bisa langsung booking via airbnb. Kami menyewa apartemen untuk 7 malam dan dibayar di muka dengan kartu kredit via website airbnb

Visa Schengen memang mensyaratkan kita sudah punya itinerary yang jelas: kota mana saja yang akan kita kunjungi dan berapa lama untuk masing-masing kota. Kami melampirkan itinerary yang kami buat sendiri dengan Excel sehingga petugas visa mudah mencocokkan dengan salinan booking pesawat via Emirates dan pemesanan hotel/apartemen via Booking dot com dan Airbnb.

Prosedur
Kami apply visa sendiri, tanpa melalui agen. Pengajuan visa ini bisa dilakukan jauh-jauh hari, sampai 3 bulan sebelum keberangkatan. Usahakan mengurus visa tidak terlalu mepet karena kalau bersamaan dengan musim liburan, banyak slot wawancara yang sudah terisi. Kami sendiri mulai mengurus visa dua bulan sebelum jadwal keberangkatan. Hal yang pertama kali dilakukan adalah mendaftar di website TLS Contact. Cukup kepala keluarga saja yang mendaftar, nanti tinggal melengkapi data anggota keluarganya. Setelah mempunyai akun di TLS Contact dan tahu jenis visa yang akan kita ajukan, TLS akan membuatkan daftar dokumen yang perlu kita siapkan. Setelah itu kita bisa membuat janji temu (wawancara) dengan mereka. Daftar slot waktu yang tersedia bisa dilihat dan dipilih di website.

Dengan aturan baru, sejak Oktober 2013, setiap orang berusia di atas 12 tahun wajib datang sendiri ke kantor TLS untuk pengambilan data biometric (sidik 10 jari dan foto). Karena itu, mau tidak mau kami berempat harus datang ke kantor TLS di Menara Anugerah Kuningan Jakarta. Big A memang sudah di atas 12 tahun. Little A sih masih 5 tahun, tapi nggak mungkin kan meninggalkan dia sendirian di Surabaya?

Hari Jumat pagi tanggal 16 Mei, kami sudah siap untuk wawancara visa, setelah semalam menginap di hotel Puri Denpasar, lima menit naik taksi dari kantor TLS. Pastikan jangan datang telat dari waktu yang ditentukan ya.

Pertama, dokumen kami diperiksa dan ditanda tangani. Kemudian, wawancara dilakukan dan ternyata cukup diwakili oleh kepala keluarga saja. Ini membuat Little A sedih karena dia ingin sekali diwawancara. Haduh, ada-ada saja. Sudah, ikuti aturan saja, jangan membuat keributan ya, Nak. Kata Si Ayah, petugas hanya menanyakan tujuan kami ke Eropa (Si Ayah ikut konferensi dan saya bersenang-senang :D), mengecek itinerary kami dan kelengkapan dokumen. Waktu itu saya membawa semua dokumen asli yang kira-kira diperlukan, untuk jaga-jaga. Nggak lucu kan kalau ada yang terlewat dan harus mengambil di Surabaya? Ternyata petugas memang hanya mengambil dokumen sesuai daftar yang kami peroleh saat mendaftar di website TLS. Semua dokumen lainnya dikembalikan. Tentu saja, paspor asli kami ditahan di sana untuk dilampiri stiker kalau visa diterima. Setelah semua beres, kami membayar biaya visa di loket, dengan uang tunai yang pas karena mereka tidak menyediakan uang kembalian. Biaya visa dan biaya layanan TLS total IDR 1.355.400 per orang. Kami membayar 3x 1,355 juta. Anak di bawah usia 6 tahun masih gratis. Alhamdulillah :)

Setelah membayar, kami difoto dan diambil sidik jarinya. Data sidik jari ini akan disimpan selama 5 tahun di database mereka. Artinya, kalau kami perlu visa Schengen lagi dalam 5 tahun ke depan, pengambilan sidik jari tidak lagi diperlukan.

Proses di kantor TLS hanya memakan waktu kurang lebih setengah jam. Setelah semua beres, kami tinggal menunggu hasil. Kemajuan visa kami bisa dilacak di website mereka. Akhirnya seminggu kemudian, pengajuan visa Schengen kami diterima. Alhamdulillah... saya yang deg-deg-an sejak awal proses visa ini akhirnya bisa bernapas lega. 

Karena kami sudah kembali ke Surabaya lagi, pengambilan visa ke kantor TLS diwakilkan ke adik ipar saya, dengan membawa surat kuasa bermaterai dan salinan KTP kedua belah pihak. Meskipun hanya mengajukan visa untuk 14 hari sesuai itinerary, visa kami berlaku sampai 3 bulan dengan multiple entries, berlaku sampai 1 Oktober 2014.

Europe... I'm comiiiiiinnngggg...

~ The Emak


LAMPIRAN
Ini contoh
surat keterangan kerja, surat keterangan dari sekolah dan contoh itinerary sheet. Klik untuk memperbesar. Boleh diunduh, boleh dibagikan dengan mencantumkan tautan www.travelingprecils.com

Contoh surat keterangan kerja

Contoh surat keterangan dari sekolah
Contoh itinerary


For a thank you, I appreciate if you follow twitter @travelingprecil, instagram @travelingprecils and "like" fanpage FB Traveling Precils.

Ini kisah Keluarga Precils apply visa lainnya:
- visa turis Australia
- visa turis New Zealand

Baca Juga:
#EuroTrip
Membeli Asuransi Perjalanan Untuk Visa Schengen

Berburu Tiket Pesawat Murah ke Eropa    
Tip Membeli Tiket Kereta Keliling Eropa 
Terbang Ke Eropa Dengan Emirates
Pertama Kali ke Eropa? Ini Itinerarynya!
 
Tip Packing Ke Eropa

Mencari dan Memesan Penginapan dengan Airbnb  
Review Novotel Off Grand Place Brussels 
Review Hotel Meininger Amsterdam
   
 

You Might Also Like

169 comments:

  1. Anonymous3.8.14

    Mbak, seneng deh baca petualangan anda. saya mau donk
    1. contoh surat dari sekolah anak + itenarary.sheet.
    2. Tlg krm ke r2ahimsa@gmail.com
    3. thx ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks udah baca. Oke, tunggu Senin ya. file ada di komputer rumah. ini masih mudik :)

      Delete
  2. Mbak ade mau tanya kalau pekerja lepas misalnya kayak freelance kan dibayarnya per proyek/kontrak eksklusif dr perusahaan yg mempekerjakannya nanti gimana contoh surat penghasilannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang lebih sulit utk freelancer, krn tdk ada jaminan kerja. biasanya sih mereka mencari jaminan dari pengundang di negara tujuan.
      coba baca kisah2 freelancer ini:
      1) http://www.backpackerindonesia.com/forum/tips-apply-visa-schengen
      2) http://soethearts.wordpress.com/2013/11/27/30-days-stiching-my-eurotrip-dream-visa-schengen-nightmare/

      Delete
  3. Menarik sekali informasinya.Mala,berapa total biaya yg harus disiapkan utk jalan2 ke negara2 itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal budget nanti kutulis sendiri ya. tapi udah kuhitung kemarin, biaya hidup (penginapan, makan, transport lokal, bea masuk wisata, souvenir) selama di Eropa sekitar EUR 200 per hari untuk keluarga 4 orang. Tinggal nambah tiket pesawat dari Indonesia ke Eropa.

      Delete
  4. Anonymous5.8.14

    Mbak ade, selamat ya visa nya sudah di-approve... boleh share contoh surat keterangan kerja dan itinerary sheet nya? Ke toto89_chris@yahoo.com..
    thank you so much mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah kukirim via email.
      jangan lupa nge-like fanpage FB di www.facebook.com/travelingprecils

      Delete
    2. Anonymous6.8.14

      Makasih banyak ya Mbak..
      udah aku like...

      Delete
    3. Anonymous19.1.16

      Halo Mba Saya juga mau contoh surat keterangan kerjanya
      Terimakasih ya...norameliatisidabutar@hotmail.com

      Delete
  5. Wah artikelnya membantu banget mbak, kebetulan saya lagi mau bikin visa schengen utk ke prancis, makasih ya mbak. Kalau tdk merepotkan saya mau minta tolong dikirimin contoh surat keterangan kerja dan itinerarynya ke astridprasetianti@gmail.com. terima kasih sebelumnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah kukirim ya. Cek email.
      Btw, punya twitter/FB nggak? Follow kami ya. Thanks :)

      Delete
    2. Wah makasih banget mbak! Iyaa udah difollow twitter dan FB nya juga :D

      Delete
  6. mbak, boleh kah aku minta contoh itinerarynya dan surat keterangannya kebetulan mau urus visa schengen ke portugal juga. terimakasih

    ReplyDelete
  7. kmrn itu aku apply visa schengen dr kedutaan Jerman..ga usah jg kok :).. visa kita jd tnpa ada ribet2 ;p.

    eh tips dikit aja yg rada nakal kalo emg kita pekerja kontrak, ato freelancer... jd suamiku punya temen yg kebetulan punya usaha travel tour. jd nya dulu bgt itu, sblm kerja ditempat yg skr, suamiku minta diakuin sbg staff di travel tour temennya itu ;p...secara ya temennya sbgai pemilik, ga kberatan jg ngeluarin surat yg menyatakan suamiku kerja dan bnr karyawan d sana ;p.. pdhl sih ga ;p hihihihi..lolos loh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @fanny thanks infonya. mungkin berguna buat pembaca lainnya :)

      Delete
  8. Halo saya mau nanya donk.kl apply visa belanda apa anak2 di bwh umur harus ikut saat ortu interview?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di bawah 12 tahun tidak wajib. Cek lagi di 'undangan' wawancaranya atau telpon langsung ke kedutaan.

      Delete
  9. hello mbak, sya mau tnya kalo surat referensi bank nya pake bahasa indo ga apa2 ??
    sma saya juga mau mnta tlong di kirimkan contoh surat keterangan sekolah dan contoh itinerary sheet ny :)
    sya sudah like dan follow mbak :D
    ini email sya: desyyaayutria19@gmail.com terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Desyaa
      Wajib pakai bahasa Inggris. Minta aja ke bank, pasti mereka sudah punya formatnya, bilang untuk keperluan pengajuan visa.
      contoh surat keterangan sudah kukirim ke email.

      Delete
    2. Boleh minta surat keterangan beeswkolahnya mbak? Kirim ke alamat email sy vitayuliyanti25@gmail.com
      Trimakasih sblmnya..

      Delete
  10. Mbak, kalo rencananya di europe mau nginep di tempat sodara gimana ya? Apa masih perlu bukti bookingan hotel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak perlu, tapi saudara harus mengisi surat sponsor yg formulirnya bisa diambil di kantor kecamatan setempat. lebih ribet katanya. mending booking di Booking dot com. Bisa dibatalkan kalau nggak jadi.

      Delete
  11. Hello mbak.. boleh minta cth surat ket sekolah /kerjanya.. juga itinerarynya ? Ke mimiliu7575@gmail.com
    btw.. sy gk pnya twitter or fb 😅

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Anonymous10.2.15

    Mbak ade, tolong aku dikirimin contoh surat keterangan kerja, sekolah dan itinerary Eropa-nya ke email : aneeta2004@gmail.com, tq

    ReplyDelete
  14. Anonymous16.2.15

    Emak, sy mau dikirimi contoh surat keterangan kerja & itin nya dong..

    Juga mau tanya nih.. Selain surat keterangan kerja, apa juga perlu bawa surat keterangan cuti dlm bhs Inggris?

    Makasih sebelumnya.. :)

    Prima
    boks.suratku@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalam surat keterangan kerja sdh ada tanggal cutinya.
      contoh udah kukirim ya.

      Delete
  15. mba.... aq minta tolong dikirminkan dikirimin contoh surat keterangan kerja, sekolah, contoh itinerary sheet , dan surat keterangan cuti.

    makasih banyak yaa
    emailku: fitrianti.rahmi@gmail.com

    ReplyDelete
  16. ceritanya menarik mbak.
    boleh saya minta contoh itinerary sheet?
    email saya: mochhusnir@gmail.com

    terima kasih :)

    ReplyDelete
  17. Hallo mbak, aku juga tolong kirimkan contoh itinerarybsheet jalan2 di Eropa nya ya mbak? oia, apakah surat keretangan bekerja, slip gaji dan surat keterangan dari sekolah harus di terjemahkan oleh penerjemah atau kita bisa terjemahkan sendiri?

    alamat email ku/ zefanya.agustin@ymail.com

    ke tunggu balasan nya ya mbak, terimakasih sebelum nya :)

    ReplyDelete
  18. kalau bisa aku juga minta contoh surat ket sekolah dan contoh slip gaji ya mbak. Terima kasih sebelum nya

    email: zefanya.agustin@ymail.com

    ReplyDelete
  19. James23.4.15

    Hello,
    Bisa minta contoh surat keterangan sekolah?
    email: james_u_m@yahoo.fr
    Terima kasih

    ReplyDelete
  20. saya mau donk.. ittenerary dan contoh surat macam2 nya,,
    ismapurple@yahoo.com
    terimakasih :)

    ReplyDelete
  21. Mbak bole minta contoh itinerary sheet dan surat keterangn kerja nya.. Thanks y mbak.. Email saya : srizzy_85@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous26.10.15

      Assalammualaikum..
      Mbak, Saya bisa minta tolong dikirimkan contoh surat keterangan kerja, sama contoh slip gaji dalam bahasa inggris?
      Untuk surat keterangan kerja, apa sama formatnya seperti pebuatan visa Oz?
      oiya, saya sudah lama follow twitter Travelingprecils,tapi penikmat pasif nih..hihihihi..
      kalau berkenan, bisa dikirim ke skyscraperlight@yahoo.com
      makasi banyak sebelumnya ya mbak :)

      Delete
  22. Mohon maaf, sekedar bantu teman dari grup sebelah.... Asuransi Perjalanan atau Travel Insurance saat ini telah menjadi sahabat perjalanan kita. Sahabat yang selalu melindungi kita dari kemungkinan munculnya multi resiko di dalam setiap perjalanan; dari kehilangan dan keterlambatan bagasi, penundaan penerbangan, pembajakan pesawat, kehilangan barang/benda pribadi, sakit yang muncul tiba-tiba di perjalanan, hingga resiko ekstrim yakni kehilangan jiwa karena kecelakaan.
    Kedutaan negara-negara eropa di Indonesia telah sejak lama mewajibkan untuk mengikutsertakan sahabat kita ini dalam pengajuan visa sebagai sebuah prasyarat mutlak.
    Bagi sahabat-sahabat kami, rekan-rekan, handai taulan, hingga sanak keluarga, yang hendak melakukan perjalanan wisata/dinas ke Luar Negeri selain negara Eropa, pun tidak ada salahnya untuk mengikutsertakan sahabat kita ini.

    AXA Insurance memberikan kemudahan layanan penjualan yang dapat diakses 24 jam melalui situs
    http://axa-insurance.co.id dilanjutkan dengan klik Beli Online.
    Atau salin dan tempel URL ini http://indonesia.merimen.com/epolicy/index.cfm?fusebox=MICpolicy&fuseaction=dsp_polcreate2&iprodid=93&iicoid=712001&mcvid=0&iacoid=0&icstid=1350&agentcode=&SYSXATTRTOP=1&CFID=43029804&CFTOKEN=934db7d404885ec1-AAACF1BF-D4AE-5267-4E69A1E743EE3985&USID=483&RID=4978504&LF=EPLAXAID

    Terdapat potongan 10% bila anda memasukkan (salin & tempel) Kode Promosi: P02H750I
    Selamat mencoba dan terima kasih atas perhatiannya !

    ReplyDelete
  23. Boleh minta contoh surat keterangan sekolah mbak?kirim ke vitayuliyanti25@gmail.com
    Trimakasih

    ReplyDelete
  24. Mba aku mau tanya soal booking hotel.. waktu pesan melalui booking.com .. mba book hotel yg "pay later free cancelation" atau yg hanya "free cancelation" saja? Soalnya klo saya baca, hotel yg "free cancelation" biasanya minta deposit 10% dulu dari harga hotel.. baru sisanya saya bayar di tempat. Mohon bantuannya ya mba.. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pay later aja. nggak bayar apa2 kok.

      Delete
  25. Assallamulaikum Mba,
    saya minta tolong dikirimkan ittenarary sheet dan contoh surat keterangan kerja, dll.
    Mohon ya mba, karena saya mau membuat visa untuk liburan ke negara Hungari.
    ini alamat email saya ya Mba : hariyantioctavia05@gmail.com
    Terima Kasih :)

    ReplyDelete
  26. Anonymous23.6.15

    Mbak Ade, tolong aku dikirimin juga contoh surat keterangan kerja, sekolah dan itinerary Eropa-nya ya ke email: bobz289@hotmail.com... matur suwun mbak...

    ReplyDelete
  27. Mba Ade, tulisannya keren & jelas bgt nerangin ttg cara apply visanya, thanks bgt yah, btw tolong diemail juga yah surat keterangan kerja, sekolah, & contoh itinerary sheetnya ke : bernatd.setiawan@gmail.com (saya jg udah follow & life FBnya). Thank you.

    ReplyDelete
  28. Anonymous26.7.15

    Haloo mba Ade, aku sudah follow twitter dan like fb nya.. Boleh minta dikirimkan contoh itinerary dan contoh surat kerjanya? Ke email: enjelly261088@yahoo.com thank youu :)

    ReplyDelete
  29. Hi. Saya mau tanya, saya sudah punya visa Schengen dari kedutaan jerman karena stay paling lama saya di kedutaan jerman, tapi negara pertama saya yang akan saya kunjungi adalah Slovakia. Apakah boleh seperti ini? karena saya sudah bayar seluruh hotel dan tiket eurail dari slovakia, praha, dan jerman, tapi teman saya baru bilang kalo negara yang pertama harus saya kunjungi adalah jerman karna visa saya issued dari kedutaan jerman apakah seperti itu? mohon bantuannya. trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Destinia.
      Kamu sudah bener kok. Kalau visa schengen sudah didapat, bakal bisa masuk ke area schengen darimana aja.

      Visa harus dari negara pertama yg dikunjungi kalau STAY di masing-masing negara SAMA LAMANYA. Kalau paling banyak stay di Jerman, udah bener cari visa di kedutaan Jerman.

      Delete
  30. Hallo mba Ade., saya boleh minta contoh Surat keterangan kerja, Surat ittinerary sheetnya sama surat2 yg lainnya jga mba, owh iya mba saya mau nanya rencanax kan saya mau keaustria,, klo saya belum bekerja, terus bukti keuangan /salinan buku tabungan Selma 3bulan bisa pake punya orang tua?klo bisa gimna caranya? Mohon infox mba,, makasih email saya: rattyarcint@gmail.com
    Sya udah ngelike fbx mba ☺☺:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. emailmu kok gak bisa ya? salah ketik?

      Delete
  31. Saya juga minta surat keterangan dll nya ya mbak.m email: ahmad.najib6@gmail.com

    ReplyDelete
  32. Saya juga minta surat keterangan dll nya ya mbak.m email: ahmad.najib6@gmail.com

    ReplyDelete
  33. Saya juga minta surat keterangan dll nya ya mbak.m email: ahmad.najib6@gmail.com

    ReplyDelete
  34. Salam kenal mbak, Saya juga minta surat keterangan sekolah Nya mbak. Bisa dikirim ke email ayujuila@yahoo.co.id
    Terimakasih banyak mbak

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. Assallamulaikum Mba,
    saya minta tolong dikirimkan ittenarary sheet dan contoh surat keterangan kerja, dll.
    Mohon ya mba, karena saya mau membuat visa untuk liburan ke negara Swiss
    ini alamat email saya ya Mba : vivimouvida@gmail.com

    Terima kasih

    ReplyDelete
  37. Mbak,,aku udah follow twitter n fb nya..aku mau dikirimin contoh surat keterangan kerja dan itinerary sheet dong plissss..ke de_haan13@yahoo.com
    Mkasi sebelumnyaaa

    ReplyDelete
  38. Halo mbak...aku minta tlg dikirimin jg ya cth itenerary sheet ya ke christine.rudi@gmail.com
    Aku kbtln lg mo apply visa ke portugal,tp msh bingung. Oya,apa asuransi perjalanan itu diharuskan? Trims atas bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asuransi wajib. Itinerary sdh kukirim.

      Delete
  39. Mbak, kalau sudah dapat sms untuk pengambilan paspor visa schangen perancis, apakah itu artinya visa sudah diterima?q H2C ni, padahal besok tgl 27 berangkat, dan baru dapat kabar mengambil paspor hari ini, sedangkan aku dari Yogya, mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum tentu diterima, tapi sebagian besar diterima kok. Good luck.

      Delete
  40. Anonymous16.9.15

    Hi mba..., infonya sangat membantu sekali... mohon kirimkan contoh surat keterangan kerja dan contoh itinerary sheet ke olly_ratna@yahoo.com
    terima kasih banyak ya mba...

    ReplyDelete
  41. Anonymous16.9.15

    Hi mba..., infonya sangat keren dan membantu sekali... mohon kirimkan contoh surat keterangan kerja dan contoh itinerary sheet ke olly_ratna@yahoo.com
    terima kasih banyak ya mba...

    ReplyDelete
  42. Anonymous18.9.15

    Menarik sekali bahasannya.Mbak, tolong kirimin contoh surat keterangan kerja dan itinerary nya donk. Biar manager saya nggak bingung gimana bikin nya, hehe. Oya, kalo paspor masih kosong trus apply visa holiday ke eropa atau australia pasti ditolak ya? Kalo paspor aq si cuman ada visa ke arab aja, apa itu ada pengaruh negatif nya untuk apply ke eropa atau australia? Ini email aq mbak haedar.alatas88@gmail.com

    Thanks ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Visa yg menentukan kedutaan. Paspor dipakai jalan2 dulu aja ke negara dekat yg gak perlu visa.
      Contoh surat sdh kukirim.

      Delete
  43. mbak, minta tolong kirimin contoh itinerary sheetnya donk ke redianto at gmail dot com..

    Terima kasih banyak mbak :D

    ReplyDelete
  44. Infonya sangat berharga..
    Mohon bantu contohnya ya Mba !
    sepinggankarya@gmail.com

    ReplyDelete
  45. mba...
    artikelnya sangat membantu sekali untuk saya untuk membuat rencana perjalanan ke eropa...kalau boleh bertanya sbb:

    1. jika kita ada rute antar negara yg menggunakan bus or train malam hari,otomatis tidak akan menginap di hotel,apakah perlu melampirkan tiket bus or train? padahal hrs bayar dulu klo harga murah dan belum tentu sesuai jadwal kami.
    2. mohon dikirimkan contoh iteniary ke ardhie72@gmail.com

    thanks a lot for your help

    ReplyDelete
    Replies
    1. cantumkan aja bahwa rencana menginap di bis/kereta (overnight). tiket akan dibeli setelah visa.
      contoh itinerary sdh kukirim.

      Delete
  46. Anonymous14.10.15

    Keren banget infonya mbak..Apakah Kartu Keluarga, dan Akte Lahir harus diterjemahkan ke bahasa inggris oleh penerjemah resmi? boleh diemail itenerary lengkap saat buat visa, dan contoh surat keterangan bersekolah anak ya mbak.. ke wiwiek.kusumastuti@gmail.com. tks a lot

    ReplyDelete
  47. Anonymous14.10.15

    Keren banget infonya mbak..Apakah Kartu Keluarga, dan Akte Lahir harus diterjemahkan ke bahasa inggris oleh penerjemah resmi? boleh diemail itenerary lengkap saat buat visa, dan contoh surat keterangan bersekolah anak ya mbak.. ke wiwiek.kusumastuti@gmail.com. tks a lot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akte lahir dan surat nikah aja yg perlu penerjemah.
      Cek email ya.

      Delete
  48. Anonymous22.10.15

    Mbk....tolong kirim juga dong surat keterangan kerja ke hadibkl@yahoo.com

    ReplyDelete
  49. mbak, mau tanya,

    cara memastikan visa stiker yg ditempel di pasport kita itu asli (genuine) itu gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dapatnya di agen resmi yang ditunjuk kedutaan ya pasti asli :)

      Delete
  50. Salam kenal Mbak,
    Blognya sangat cocok dengan kondisi saya yang sedang bingung menyiapkan itinerary untuk lampiran visa. Saya akan stay selama 3bulan di Eropa dan bingung ni mau buat itinerary seperti apa sebagai dokumen untuk pengajuan visa. Boleh minta contoh itinerary yang diajukan ke kedutaan mbak ke email dillasausan@gmail.com. Terima kasih.

    ReplyDelete
  51. Mbak, saya boleh minta itinetary Eropa dan surat keterangan kerja kalau ada? Saya bingung untuk transport apakah saya harus book untuk pengajuan visa atau tidak. Kirim ke karinayunitasari@gmail.com ya mbak. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Transport antar negara bisa nanti, asal sudah ada tiket pesawat dari Indonesia ke negara yg kamu mintai visa.
      Itinerary sdh kukirim.

      Delete
  52. Mbak, seneng banget baca petualangan anda. saya mohon bantuannya :
    1. contoh surat dari sekolah anak dan contoh surat sponsor dari tempat kerja
    2. Tlg krm ke mustofa.alhaddad08@gmail.com
    3. terimaksih banget Mbak .

    ReplyDelete
  53. Mbak, seneng banget baca petualangan anda. saya mohon bantuannya :
    1. contoh surat dari sekolah anak dan contoh surat sponsor dari tempat kerja
    2. Tlg krm ke mustofa.alhaddad08@gmail.com
    3. terimaksih banget Mbak .

    ReplyDelete
  54. Anonymous1.12.15

    Tips2 di blognya bagus banget dan sangat membantu. Mbak, boleh saya dikirimin contoh intinerary dan contoh surat2 yg diperlukan utk mengurus visa schnegen. Alamat email saya lgloyalguys@yahoo.co.id, terima kasih banyak mbak.

    ReplyDelete
  55. Mbaa mau tanyaa dong kalo contoh Surat keterangan skolah sma untuk bikin visa kaya gmna yaa ? Makasih yaa kirimin ke mariahanaa@gmail.com

    ReplyDelete
  56. Mba mau dong contoh surat2nya...tolong kirim ke email bunda.azzam16@yahoo.com trimakasih

    ReplyDelete
  57. Anonymous2.1.16

    Menarik informasinya. Terima kasih sekali untuk hal tersebut.

    ReplyDelete
  58. Anonymous2.1.16

    Hallo Mbak.bisa plis kirimin contoh surat keterngan dari tempat kerja.contoh itinerary dan contoh akte kelahiran dlm bhs inggris?makasih sebelumnya.😊😻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akte diterjemahkan di penerjemah tersumpah ya. Cari di yellow pages.
      Contoh surat dikirim ke mana?

      Delete
  59. bagaimana prosedur pengurusanya jika kita akan mengunjungi Paris, Belgia, Swiss dan belanda selama 9h8 mlm dengan rincian 3 mlm perancis, 1 mlm belgia, 2 mlm swiss dan 1 mlm belanda?

    ReplyDelete
  60. ceritanya menarik mbak.
    boleh saya minta contoh itinerary sheet? oiyaa saya rencananya akan ke belgia (staynya paling lama dari beberapa negara yang akan saya kunjungi) dengan visa sponsor, dan dari sekian artikel yang saya baca, aplikasi visa schengennya harus dilakukan di kedutaan Belanda sebagai perwakilan kedutaan Belgia di Indonesia, apa itu sudah benar seperti itu? Karena
    email saya: astriamelia.w@gmail.com

    terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah benar. Itinerary sudah kukirim.

      Delete
  61. Bu artikelnya sangat membantu banget dan sangat detail, kebetulan saya lagi mau bikin visa schengen utk ke prancis. Kalau berkenan...n mudah2an mau...maaf...Saya mau minta tolong dikirimin contoh surat keterangan kerja dan itinerarynya ke taufik14021970@gmail.com. terima kasih sebelumnya :

    ReplyDelete
  62. sekedar saran aja buat Mbak ADmin

    sebaiknya file contoh surat, itin,dst terkait persyaratan visa diberikan link download saja di bagian akhir artikel

    supaya tidak repot mengirimkan satu demi satu ke penanya di kolom komentar

    IMHO

    ReplyDelete
  63. Izin bookmarked mbak.. bagus infonya.

    Sy baca2 syarat nya, juga butuh KK translate ke Inggris, akte kelahiran anak (translate inggris) jg. Klu boleh, izinkan sy minta dikirimkan contoh surat keterangan kerja, surat keterangan sekolah, contoh itinerary sheet dll (bhs inggris), ke eldwin_syarif@yahoo.com. makasih

    ReplyDelete
  64. Hai mba.. Makasih banget, artikelnya sangat informatif. Boleh tolong kirimkan contoh2 surat2 dan itenerary ke email saya : fauziaandrini@yahoo.com
    Makasih ya

    ReplyDelete
  65. Salam kenal mbak,
    Infonya sangat membantu, bisa tlg kirim surat keterangan sekolah dan kerja ke : jennyjennyaris@yahoo.co.id
    Trm ksh sebelumnya (sy sdh like di fb)

    ReplyDelete
  66. Salam kenal mbak,
    Infonya sangat membantu, bisa tlg kirim contoh surat keterangan sekolah dan kerja ke : jennyjennyaris@yahoo.co.id
    Terima kasih sebelumnya (sy sdh like di fb)

    ReplyDelete
  67. salam kenal mbak..I'm a big fan of your blog :)
    aku simpen dulu infonya meskipun entah kapan perginya. semoga suatu saat nanti bisa menyusul :)

    ReplyDelete
  68. mbak adhe... wow saya suka banget baca tulisan mbak... sangat informatif sekali bagi yg belum pernah travelling ke europe. mbak adhe saya boleh minta dikirimkan contoh working certificate, itinerary sheet beserta dokument2 apa saja yg diperlukan ke email saya : magelinarinnypieter@yahoo.com untuk itinerary sheetnya kalau saya cuma pergi ke spanyol saja...tdk ke lain tempat apa perlu jg ya ?? dan saya baca di comment yang atas...akte kelahiran apa perlu diterjemahkan ke dlm bahasa inggris juga ??? Mohon infonya ya mbak. Makasiihhh sebelumnyaaa....:)

    ReplyDelete
  69. mbakk adhe...saya seneng bgt baca tulisan mbak di blog ini...sangat informatif sekali...mbak..saya bisa dikirimkan contoh working certificate, itinerary sheet ke email saya ?? email saya : magelinarpieter@gmail.com
    dan untuk itinerarynya (dlm bahasa inggris) kalau saya cuma mau pergi ke satu negara saja yaitu spanyol bagaimana ya ? apa perlu jg ? dan dokument2 apa lagi yang diperlukan yach mbak...krn ini baru pertama kali saya mau coba apply......dan dokument yang hrs di translate ke bahasa inggris selain akte kelahiran apa saja ??? (saya belum menikah )jadi ga perlu surat nikah kan ? he he he...Mohon infonya ya mbak...makasiiihhhhh banyaakkkk......:0

    ReplyDelete
  70. Anonymous27.1.16

    Mba mau tanya donk waktu di kedutaan di tanya2 tentang kerjaan tidak? Kalau misalnya saya dapat tiketnya gratisan gtu dari suatu tour&travel apakah hal tersebut ditanyakan oleh pihak kedutaan?

    ReplyDelete
  71. Anonymous29.1.16

    Halo mba, informasinya sangat membantu, bisa tolong kirim surat keterangan dari sekolah ke ritaregina698@gmail.com

    Terima kasih

    ReplyDelete
  72. Mba mau tanya, iya saya juga dapet tiket gratisan dari salah satu operator, dan saya mau bawa istri dan anak saya serta orang tua saya, sedang orang tua kan tidak punya rekening tabungan yg bagus- apa bisa yah-orang tua ikut rekening saya.

    ReplyDelete
  73. Mbak, saya mau dong dikirimi contoh surat dari sekolah anak + itenarary.sheet.

    ReplyDelete
  74. anita_psari@yahoo.com
    tks ya mba

    ReplyDelete
  75. mb sy rencananya mau menikah dg warga negara Perancis dan menikah di perancis, lebih baik apply visa apa ya mb? dan mohon dikrm itineary dan surat keterangan kerja...mhn dikrm ke sheperd_an13@yahoo.com

    ReplyDelete
  76. mb sy rencananya mau menikah dg warga negara Perancis dan menikah di perancis, lebih baik apply visa apa ya mb? dan mohon dikrm itineary dan surat keterangan kerja...mhn dikrm ke sheperd_an13@yahoo.com

    ReplyDelete
  77. Terima kasih mba, banyak sekali info yg saya dapatkan, saya perlu contoh surat keterangan kerja/sekolah tuk pengurusan visa schengen, email ; rezaiskandar00@gmail.com

    ReplyDelete
  78. Mbak, seneng deh baca petualangan anda. tolong donk saya mau
    1. contoh surat dari sekolah anak
    2. Tlg krm ke rezaiskandar00@gmail.com
    3. thx ya.

    ReplyDelete
  79. mbk ade, saya jg mau untuk dikirimkan itinerary sheet nya .. makasih email saya: ell3nag@hotmail.com

    ReplyDelete
  80. mba Adhe kebetulan saya sekeluarga juga ada rencana ke eropa nih dan udah kumpulin tips2 dari blog mbaa terbantu sekali hhehehe, bisa minta contoh surta keterangan kerja dan surat keterangan sekolah yang berbahasa inggris, ?? email ke hernih_linkmas@yahoo.com ya mba, trima kasih sebelumnya .

    ReplyDelete
  81. Hallo mba. Terima kasih atas infonya ya. Menarik bangeeet. Mba, mohon maaf merepotkan, aku boleh liat contoh itinerary mba ga? Jika boleh, mohon di kirim ke savioralinda@yahoo.com makasi banyak ya mba. Semoga di berkati terus. Amen��

    ReplyDelete
  82. tulisan yang menarik, posisi saya sama sebagai istri, dan kira2 apakah perlu surat keterangan dari suami sebagai rekomendasi?

    ReplyDelete
  83. Hai mbak Ade.tolong dikirimkan contoh surat ket sekolah dan kerja dlm bhs inggris ke email: desyavincen@gmail.com terimkasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak Ade, sdh saya add twitternya.trim's

      Delete
  84. Mbak terima kasih untuk tulisannya, membantu sekali sebagai panduan untuk apply visa Schengen. Kalo tidak merepotkan bolehkan dikirim via email:
    1. contoh surat keterangan dari sekolah anak
    2. itenarary sheet.
    Bisa dikirim ke wulanmaya@gmail.com
    Terima kasih banyak

    ReplyDelete
  85. Anonymous16.3.16

    Assalamulaikum Mba,
    Mohon dibantu untuk itenarary sheet dan contoh surat keterangan sekolah, keterangan kerja, dll, karena saya akan membuat visa untuk liburan ke negara Spanyol.
    Berikut ini alamat email saya ya Mba : sitawati86@gmail.com

    Terima kasih banyak

    ReplyDelete
  86. Halo mbk saya dari Bali, kalo ke jakarta itu harus nunggu lagi ya untuk visanya. Jadi saya harus bolak balik jakarta ya mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman saya waktu itu minta diambilkan saudara yg ada di Jakarta. Harus pakai surat kuasa. Lalu saudara saya yang kirim lewat pos/paket dengan asuransi.
      Kalau nggak ada yang membantu ngambilkan memang harus bolak-balik Jakarta.

      Delete
  87. Emmelia1.4.16

    Halo mba, tulisannya sangat menarik dan membantu sekali. Boleh minta tolong dikirimkan contoh surat keterangan kerja dan itinerary ke ns.emmelia@gmail.com? Terima kasih mba.

    ReplyDelete
  88. Emmelia astika2.4.16

    Halo mba.tulisannya sangat membantu sekali untuk apply visa schengen. Saya sudah like akun facebooknya. Kalau boleh saya mau minta tolong dikirimkan itinerary dan surat keterangan kerja via email ns.emmelia@gmail.com. terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  89. Desi Gtg5.4.16

    Hai mbak, sudah bolak balik baca blognya, informatif banget untuk guidance traveling bareng keluarga. Sekarang coba mau apply visa schengen sendiri ngga lewat travel agen. Mohon kalau tidak berkeberatan bisa share contoh surat keterangan kerja dan sekolah, serta contoh itinerary sheet ke ds_echi@yahoo.com.Btw sudah like fb page-nya the traveling prencils juga. Thanks in advance ya.

    ReplyDelete
  90. Salam kenal mbak,
    Infonya sangat membantu, bisa tlg kirim surat keterangan sekolah dan kerja ke : myoushall@gmail.com
    Trm ksh sebelumnya..

    ReplyDelete
  91. Anonymous20.4.16

    kalau suami saya pensiun perlu surat keterangan apa, mohon dikirim contohnya dan contoh surat keterangan bekerja dari perushaan ke anggundanajayanti@yahoo.com

    ReplyDelete
  92. Halo mba. Mohon dibantu kirim contoh surat keterangan dari sekolah untuk pelajar, email
    Ke m.gosang@gmail.com. Makasi atas bantuannya.

    ReplyDelete
  93. Hi mbak,
    Minta tolong contoh Surat keterangannya Dari sekolah. Terima kasih ..
    muliadi99@gmail.com

    ReplyDelete
  94. Hi mbak,
    Minta tolong kirim Surat keterangannya Dari sekolah ke muliadi99@gmail.com
    Thanks before...

    ReplyDelete
  95. Mbak, boleh minta surat kek sekolah/mahasiswa dan contoh itenarynya :)
    terima kasih
    ini emailnya nidongh2c@gmail.com

    ReplyDelete
  96. salam kenal,
    mhn bantuannya untuk di infokan contoh surat keterangan sekolah serta itenary perjalanannya mbak, krn akhir bulan ini saya jadwal wawancara untuk visa prancis.tolong yach di emailkan ke leonrompas34@gmail.com
    terimakasih atas bantuannya.


    ReplyDelete
  97. Grace26.5.16

    Hi mba Ade, saya minta tolong dikirimkan surat keterangan kerja dan itinerary travelnya ke grace_franita@yahoo.com ya.. Mudah2an saya sukses untuk apply Visa Schengen sendiri deh. Terimakasih Mba Ade.

    Best regrads,

    Grace

    ReplyDelete
  98. Dear all, untuk surat keterangan dan itinerary sudah saya unggah di postingan ini ya. Terima kasih. ~ The Emak

    ReplyDelete
  99. Dear mbak yg baik hati,
    Kemarin pacar saya baru datang dari Jerman dan stay disini selama 42 hari. Untuk tahun depan saya yg dianjurkan untuk gantian mengunjungi dia. Tapi saya pesimis, karena kedubes Jerman terkenal pelit dan susah ngasih visa schengen apalagi bagi saya yg dengan alasan mengunjungi pacar. Semua biaya dia yg handle dan dia tak keberatan tuk mengurus surat yg menyatakan bahwa dia menjadi sponsor saya. Yg menjadi masalah, saya hanya bekerja sebagai karyawati di sebuah usaha kecil bukan perusahaan besar dan upah yg saya terima pun tidak dalam jumlah besar, jauh dari UMK kota saya. Otomatis ini mempengaruhi jumlah tabungan dalam buku rekening saya. Saya tidak ada tabungan sampai berjuta juta. Saya ingin mengajukan visa melalui kedubes Belanda yg terkenal lebih mudah, namun saya stay nya kan di Jerman bukan di Belanda. Apakah ada harapan ya visaku nanti diterima mbak?

    ReplyDelete
  100. Nirmala sari22.6.16

    Assalamu'alaikum mba ade. Kalau kita sdh buat itinerary dan visa sdh disetujui. Apakah kita bisa menyimpang dari itin yg kita buat misalkan krn sesuatu hal?apakah akan bermasalah nanti disananya.? Contoh aku buat itin dari London ke Belgia by train kemudian City tour dan menginap di belanda. Kemudian kita tiba2 terpaksa harus menginap di Belgia krn hal tertentu.

    ReplyDelete
  101. Nirmala sari22.6.16

    Assalamu'alaikum mba ade. Mohon infonya mba.. Apabila kita sdh buat itinerary dan visa sdh disetujui oleh kedubes Belanda. Kemudian krn sesuatu hal kita merubahnya. Apakah boleh dan tdk menimbulkan masalah disananya? Contoh aku dari London ke Belgia by train dan rencana hanya citytour dibelgia dan langsung menuju Belanda dan menginap disana. Krn sesuatu hal kami akhirnya harus menginap di Belgia. Apakah pada saat kami ke Belanda akan bermasalah? Mohon jawabannya ya mba. Rencana kami berangkat ke Amsterdam 3 hari, lalu paris 5 hari, london 6 hari, Belgia citytour, Belanda 3 hari. Trmksh mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak masalah itinerary berubah.

      Delete
  102. Hi mba, nanti saya rencananya dari UK ke Paris menggunakan kereta, apa saat apply visa Schengen harus disertakan tiket kereta? Maunya sih tunggu kepastian visa dulu baru beli tiketnya. Utk pesawat sendiri sdh booked CGK-LHR & CDG-CGK.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  103. Anonymous31.8.16

    kalau contoh surat sponsor untuk PNS, kaya gmn ya mba. mksih

    ReplyDelete
  104. Anonymous31.8.16

    klw sy PNS contoh surat sponsor kaya gmn mba?? mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Draft sudah saya sertakan di atas. Tinggal ganti nama/jabatan/instansi.

      Delete
  105. Mbak Ade, saya Gamma. tulisan mbak bermanfaat banget buat saya trip dengan keluarga kecil (saya, suami dan anak 1,5 tahun). tulisan mbak ngasih pencerahan buat saya setiap bikin itinerary (bali dan pelosok indonesia lainnya dan singapore). saya mau tanya, pernah traveling saat winter? saya rencana (kalo jadi) mau ke Copenhagen (Denmark) saat akhir November, dengan saya kerja dan suami dan anak ikut saya (liburan terselubung). Ada saran untuk persiapan termasuk tips nya bawa anak < 2 tahun? perlu beli tiket Child ga untuk long-haul flight? bisa dishare ke gammanms@yahoo.co.id, trimakasih mbak Ade :)

    ReplyDelete
  106. Dear mbak Ade, sya Gamma. Sebelumnya, terimakasih mbak Ade sudah share pengalaman mbak di tulisan ini krn bermanfaat bgd utk saya bikin itinerary liburan (terselubung dgn kerja :D)bersama suami dan anak 1,5 tahun. Saya rencana akan training (+liburan terselubung lagi) ke Denmark akhir November ini. Apa mbak punya tips dan masukan untuk traveling selama winter di Eropa/negara 4 musim lain? amankan bawa anak sekecil itu saat winter? rencananya saya ke denmark ingin transit ke Paris juga (mumpung Air France lagi murah). Perlukah pesan tiket Child untuk anak kurang dari 2 tahun utk long haul flight? karena harga tiket child lumayan juga ya mbak :(. mohon pencerahannya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Musim dingin nggak masalah asal bawa baju yang bener. Pakai baju berlapis2 ya:
      1. dalaman biasa
      2. dalaman thermal
      3. baju biasa
      4. sweater
      5. jaket tebal
      6. scarf wol, kupluk/beannie, sarung tangan, kaos kaki tebal.

      Anak usia di bawah 2 tahun tidak perlu beli tiket sendiri. Minta bassinet aja, hubungi airline via email/telpon untuk memastikan dapat basinet. Ntar anaknya lebih enak tidur di basinet.

      Delete
  107. maaf mau tanya, bagaimana caranya buat jadwal wawancaranya ya? terimakasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mendaftar di website: https://www.tlscontact.com/id2fr/login.php

      Delete