Postcard from Istanbul



"'Picture, picture!', kata anak muda itu sambil menarik tangan saya. Setelah melihat hasilnya, mereka berseru girang dalam bahasa yang asing untuk telinga saya. Kemudian mereka bercerita, mungkin tentang asal usulnya. Tiga kata yang saya mengerti dari cerita mereka hanyalah picture, selfie, dan Kurdistan." ~ Nino Aditomo

***
Kutipan tadi salah satu cerita Si Ayah ketika mengunjungi Istanbul dalam business trip. Saya dan Duo Precils nggak ikut karena... tabungan habis :p Tapi nggak papa, insyaallah nanti kami juga bakalan menginjakkan kaki di kota dua benua ini. Amin. Istanbul bisa dijadikan destinasi pilihan karena bikin visanya mudah banget, bisa diurus secara online. Cara membuat e-visa Turki bisa dibaca di sini. Jadi kalau punya uang, siapapun bisa pergi nggak pakai ribet.

Setiap kali Si Ayah business trip, selain menanti oleh-olehnya (jelas dong), saya juga menanti-nanti hasil jepretannya. Biasanya kalau travelingnya nggak sama saya dan anak-anak, dia lebih bebas untuk motret dari sudut pandangnya yang lebih artistik, bukan foto jurnalistik pesanan saya untuk ilustrasi blog :D 

Begini lah wajah kota Istanbul dari balik lensa Si Ayah. Maaf nggak ada selfie ;) Selamat menikmati.

Photo & caption: @NinoAditomo 
Camera: Mirrorless Sony NEX 5N
Menampilkan Patung Kemal Ataturk bersama para pendiri Turki modern, Monumen Republik ini terletak di tengah-tengah Taksim Square. Dari bandara, cara termudah - dan paling murah - mencapai Taksim Square adalah dengan shuttle bus. Taksim adalah perhentian terakhir bus pada rute tersebut. 

Sepasang pelancong berfoto bersama burung-burung penghuni tetap Taksim Square. Konon Taksim Square adalah lokasi favorit untuk berdemonstrasi di Istanbul.
Tram tua di Istiqlal Cadeci, sebuah ruas jalan populer yang dipenuhi toko dan restoran. Bulan lalu beberapa turis menjadi korban bom bunuh diri tak jauh dari lokasi ini.

Entah apa fungsi bangunan kecil sisi timur Blue Mosque ini. Yang jelas, bangunan kuno yang menawan seperti ini bertebaran di berbagai penjuru Istanbul, memanjakan para penikmat sejarah dan arsitektur. 

Blue Mosque yang masyhur, dipotret dari taman yang berada di antara masjid tersebut dan Hagia Sofia. Konon masjid ini dibuat untuk menandingi kemegahan Hagia Sofia, yang ketika itu menjadi gereja utama Kerajaan Romawi.

Interior Blue Mosque mungkin lebih menawan daripada kenampakan luarnya. Ada bagian khusus bagi pengunjung non-Muslim untuk menikmatinya, tanpa mengganggu jemaah yang sedang beribadah.

Salah satu tradisi para Kaisar Romawi adalah menampilkan potret dirinya bersama Yesus di dinding-dinding Hagia Sofia. Kunjungan ke Istanbul tidak akan lengkap tanpa melihat museum luar biasa ini untuk merasakan sejarah pertemuan peradaban Barat dan Timur, Eropa dan Asia, Kristen dan Islam.

Salah satu pedagang rempah di Grand Bazaar menawarkan campuran teh yang aromanya aduhai. Wajah ramahnya segera berubah menjadi masam setelah menyadari bahwa yang ditawari hanya berniat mengambil foto :D  

Selat Bosporus yang memisahkan bagian Istanbul yang berada di daratan Eropa dan Asia. Salah satu cara terbaik menikmati Istanbul adalah dengan menumpang feri-feri milik pemerintah seperti ada di gambar ini. Pelajari rutenya, dan gunakan kartu transport Istanbulcard. Jauh lebih murah dan nyaman daripada membeli tiket kapal-kapal swasta yang juga banyak beroperasi.   

Menikmati senja dengan memancing tampaknya menjadi hobi yang cukup populer bagi penduduk Istanbul. Jembatan Galata ini adalah tempat yang asyik untuk nongkrong sambil menikmati pemandangan kota dan selat Bosporus.  


~ The Emak

Comments

  1. Anonymous19.4.16

    enak banget.. kalau boleh tau suaminya kerja dimana mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dosen Universitas Surabaya. Ke Istanbul untuk konferensi psikologi.

      Delete
  2. hasil fotonya lebih artistik daripada yang di kartu pos-kartu pos loh Mbak, terutama foto yang mancung diawal itu, ga ada di kartu pos manapun hehehe

    ReplyDelete
  3. oh Istambul bisa e-visa baru tau :(

    ReplyDelete
  4. huwaa cakep bener yang interiornya Blue Mosque *mata berbinar* aku udah rencana dari lama nih mau ke Turki tapi tapi tapi belum ada *uangnya* hahahahha

    baru ngeh kalo di Turki ada Tram juga, ihh aku sukaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada trem lama dan baru. Cakepan yang lama ya buat foto2 :)

      Delete
  5. Anonymous20.4.16

    Hi mba.. fotonya keren2, ini pake lensa Zeiss bukan? kasih info ttg lensanya dong mba (pake lensa apa), saya pake Sony juga, ILCE6000 & Nex 3, selama ini travelling bawa lensa sony 16mm f/2.8 sama 18-55mm f/3.5-5.6 tapi warnanya ga sebagus ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih. Ini pake kit lens 18-55 mm aja kok, bawaan kameranya. Shoot pake RAW, ntar diedit di LR.

      Delete
  6. Wooww foto2nya ciamik tenan ... Turki salah satu negara yg masuk ke bucket list akuuu ...

    Dalemannya Blue Mosque keren ya! :-)

    ReplyDelete
  7. Lihat foto pertama, saya pikir One Direction hehehehe :D
    Foto-fotonya keren Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, sekilas emang kayak boyband ya? Makasih ya...

      Delete
  8. Hasil fotonya bagus sekali. Perpaduan kecanggihan teknologi dan kemampuan memilih sudut pandang terbaik.

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow Our Instagram @travelingprecils

Popular Posts

Mengurus Visa Schengen Untuk Keluarga

5 Kafe & Bakery Halal di Area Bugis Singapura

Makan Hemat di Kantin Karyawan Changi Airport

Naik Bus dari Sydney ke Canberra

LOKAL, Hotel Kecil Nan Cantik di Jogja