5 Pilihan 'Day Trip' dari Sydney

15:15 Traveling Precils 1 Comments

Burung Pelikan di perairan Kiama
Kota Sydney punya beragam tujuan wisata, mulai dari pelabuhan, pantai, taman bermain, museum, galeri seni, kebun binatang, pusat perbelanjaan dan wisata kuliner. Kalau itinerary mengunjungi Sydney hanya 1 - 4 hari, lebih baik dihabiskan di dalam kota saja. Tapi kalau punya waktu longgar, 5 hari, seminggu atau lebih, dan sudah mengunjungi Top Ten yang wajib dikunjungi di Sydney, baru 'boleh' jalan-jalan ke luar kota :)

Day Trip adalah perjalanan wisata yang bisa dilakukan dalam 1 hari pulang pergi tanpa menginap. Lama perjalanan kurang lebih 3 jam bermobil atau 6 jam pulang pergi. Lebih dari itu, lebih baik menginap di kota tujuan.

Ada tips hemat untuk yang jalan-jalan ke Sydney bersama keluarga (anak-anak). Setiap hari Minggu, kita bisa membeli tiket Family Funday Sunday seharga $2,50 per orang, yang bisa digunakan untuk seluruh moda transportasi di Sydney (bis, feri, kereta dan trem), sepanjang hari. Tiket ini juga berlaku untuk jaringan kereta Cityrail yang bisa membawa kita sejauh Newcastle di utara, Blue Mountain di sebelah barat dan Kiama di sebelah selatan.

Peta Jaringan Cityrail
Berikut adalah lima Day Trip dari Sydney yang saya sarankan, urutan berdasarkan prioritas.

Blue Mountain adalah pegunungan yang terletak sekitar 50 km di sebelah barat Sydney. Wilayah ini bisa dicapai 1,5 jam dengan mobil atau 2 jam dengan kereta Blue Mountain Line (berhenti di stasiun Katoomba). Yang tidak punya mobil, tidak perlu khawatir. Dari stasiun Katoomba, kita bisa jalan-jalan di Blue Mountain dengan Blue Mountain Explorer Bus atau Trolley Tours.

Atraksi utama di Blue Mountain ini tentu saja pemandangan pegunungan yang indah. Di sini ada beberapa look out (gardu pandang) yang disediakan untuk menikmati pemandangan. Yang paling terkenal adalah Echo Point look out. Di sini kita bisa melihat formasi 3 batu karang raksasa yang terkenal dengan nama Three Sisters. Menurut legenda orang Aborijin, 3 batu karang ini adalah perwujudan 3 saudara perempuan yang dikutuk menjadi batu.

Selain melihat pemandangan dari gardu pandang, kita juga bisa menikmati Blue Mountain dengan cara lain, yaitu dengan Scenic Railway (kereta luncur yang turun ke bawah membelah hutan) atau Scenic Cableway (kereta gantung untuk membawa kita kembali ke atas dari dasar lembah). Semua informasi tentang atraksi ini bisa dibaca di website Scenic World.

Baca pengalaman keluarga the precils jalan-jalan di Blue Mountain, di sini.

Three Sisters di Blue Mountain
Kiama adalah kota kecil yang terletak 120 km sebelah selatan Sydney. Bisa dicapai 2 jam dengan bermobil atau naik kereta South Coast Line. Dari stasiun Kiama, kita tinggal berjalan kaki ke pusat kota, ke pelabuhan kecil, ke pantai, ke mercu suar atau ke pasar tradisionalnya.

Kota kecil pinggir pantai ini mempunyai atmosfer yang santai, cocok sebagai tempat melarikan diri dari hingar bingar Sydney. Atraksi utama Kiama adalah blowhole, yang merupakan 'air mancur' dari ombak laut yang terperangkap karang.
Si Ayah dan The Precils di Kiama
Canberra adalah ibukota Australia (mungkin ada yang belum tahu :p), terletak 280 km sebelah barat daya Sydney. Bisa dicapai selama 3 jam dengan mobil. Kalau ke Canberra saya sarankan naik mobil sendiri atau menyewa mobil karena di kota ini transportasi umumnya kurang bagus. Kalau tidak suka menyetir, bisa ikut tur dari Sydney.
Ada banyak atraksi wisata di Canberra, antara lain Parliament House, Cockington Garden, Questacon Museum, dll. Semua pernah saya bahas di sini.
Kalau berkunjung di musim semi (September - Oktober), kita bisa mendapatkan 'bonus' menyaksikan festival bunga paling besar di belahan bumi selatan, Floriade.
Floriade Canberra
Hunter Valley adalah daerah penghasil wine (anggur), terletak 120 km di utara Sydney. Bisa dicapai 1,5 jam bermobil atau ikut tur, karena di wilayah ini transportasi umumnya tidak bisa diandalkan. 
Atraksi utama di Hunter Valley tentu saja pemandangan vineyard (kebun anggur), tur dan mencicipi wine di beberapa wineries, industri rumahan pembuatan anggur.
Untuk yang tidak minum alkohol (seperti saya), jangan khawatir, masih banyak atraksi lain di daerah ini. Yang paling menarik adalah Hunter Valley Garden, taman yang ditata apik sesuai tema. Untuk anak-anak (dan yang masa kecilnya kurang bahagia) ada StoryBook Garden yang merupakan visualisasi karakter dalam lagu anak-anak (nursery rhyme) seperti Humpty Dumpty, Alice in Wonderland, dll. Selain mengunjungi HVG, kita juga bisa bermain mini golf, berkuda, menyewa sepeda untuk berkeliling, atau mengikuti tur mengunjungi pabrik coklat dan pabrik minyak zaitun.
Storybook Garden. Foto dari http://www.hvg.com.au/

Newcastle adalah kota industri yang cukup besar, terletak 160 km di sebelah utara Sydney. Kota ini bisa dicapai 2 jam dengan mobil atau dengan kereta Newcastle & Central Coast Line. Dari stasiun Newcastle, kita bisa jalan kaki ke pusat kota atau menggunakan bis lokal di sana.

Newcastle masuk dalam daftar pilihan Lonely Planet 10 kota di dunia yang wajib dikunjungi tahun 2011. Kota ini, menurut Lonely Planet sudah berhasil mengubah wajahnya dari kota industri tambang di masa lalu menjadi kota cantik dengan gaya hidup yang relax.

Atraksi utama kota ini adalah pelabuhan, pantai, karya seni dan wisata sejarah dari bangunan-bangunan tua yang masih terawat. Salah satu festival tahunan yang paling terkenal yang diadakan di kota ini adalah "This is Not Art", digelar setiap akhir bulan Oktober.
Newcastle. Foto dari http://www.visitnewcastle.com.au
Selamat memilih dan memutuskan tujuan liburan mendatang!


~ The Emak

You Might Also Like

1 comment:

  1. Dear mbak Ade, saya adalah follower twitter dan pembaca blog Traveling Precils :)
    bulan depan, kami berempat Mommy Ade, Ayah Julian, Athena (9th) dan Vienna (5th) akan liburan ke Sydney (27 Aug - 1 Sep) dan Gold Coast (1 Sep - 5 Sep)

    banyak yang ingin ditanyakan nih mbak..
    1. di tanggal itu, suhu Sydney gimana ya?
    2. Perlu visit ke Canberra kay? hasil browsing kok kayak kurang menarik ya?
    3. saat di Gold Coast, perlu ke Brisbane ga ya?
    4. pilih Movie World atau Dream World?

    Terima kasih banyak ya mbak...

    ReplyDelete