LOKAL, Hotel Kecil Nan Cantik di Jogja


Nggak nyesel menginap di hotel Lokal Yogyakarta, mesti tarif hotel bintang tiga ini lebih tinggi dari rata-rata hotel dengan bintang yang sama. Kamarnya nyaman, desainnya keren, makanannya enak dan kami bisa renang-renang cantik seperti punya kolam renang pribadi.

Sudah lama saya pengen nginep di hotel kecil yang trendi ini. Impian baru kesampaian minggu lalu, pas kami ke Jogja menjenguk Ayah Ibu saya. Alhamdulillah saya punya tabungan kredit di Paypal, bisa buat nginep 'gratis'. Sempat bingung juga booking engine mana yang bisa dibayar pakai paypal. Biasanya saya pakai apps HotelQuickly di hp untuk pemesanan mendadak, bisa dibayar pakai paypal juga. Tapi sayangnya Lokal belum terdaftar di HQ. Padahal bisa dapat diskon 130 ribu kalau pakai kode promo: AKUMA72 :) Agoda katanya juga bisa bayar pakai Paypal, tapi ternyata untuk hotel-hotel tertentu saja. Akhirnya saya pesan lewat website Hotel Travel

Free minibar!
view kolam renang dari balkon
Tarif per malam untuk kamar suite (loft room) adalah USD 68,93 atau setara IDR 950.000, termasuk pajak 21%. Cukup mahal untuk ukuran hotel bintang tiga. Tapi saya sudah terlanjur penasaran sama loft room mereka, hehe. Daripada kredit paypalnya nganggur. Kalau mau lebih ngirit, bisa pesan kamar biasa (double atau twin) seharga Rp 580 ribuan. Harga yang saya bayarkan sudah termasuk sarapan pagi untuk berdua, welcome drinks dan minibar gratis!

Lokasi hotel Lokal agak tersembunyi, di daerah Gejayan, dekat dengan jembatan merah. Tempat ini juga agak jauh dari Malioboro atau Tugu. Tapi Jogja sih itungannya ke mana-mana dekat, bisa pesan taksi ber-argo via resepsionis. Keuntungan lokasi yang nylempit, suasananya relatif tenang, nggak dengar keramaian lalu lintas di tepi jalan besar. Pagi hari juga tidak dibangunkan suara TOA :)

Proses cek in cukup cepat. Petugas hotel juga ramah. Saya tinggal menyerahkan voucher dari Hotel Travel. Langsung dapat kunci, password wifi, voucher welcome drink dan voucher untuk sarapan esok harinya. Saya dan anak-anak langsung menuju kamar yang cuma beberapa langkah dari resepsionis mungil. Kamar kami B2, di lantai satu, berbentuk loft dan nyambung dengan balkon di lantai dua.

Seperti biasa kalau nemu hotel yang bagus, kami teriak-teriak kegirangan. Norak-norak bergembira pokoknya. Apalagi waktu itu kami diantar sama Tante Dila cs, dobel ramainya. Setelah inspeksi amenities dan foto-foto sebelum kamar berantakan, saya ngecek logistik. Di atas meja tersedia dua botol air mineral, kopi, teh, gula, krimer. Yang ini pasti gratis, standar lah. Di kulkas ada beberapa minuman dan camilan. Saya cari-cari daftar harganya kok nggak ada. Mosok gratis? Saya ingat di voucher hotel tertulis free minibar. Tapi saya belum percaya soalnya nggak biasanya ada minibar gratis. Akhirnya saya telpon resepsionis untuk memastikan. Dan memang gratis, yay! Adik saya langsung nyomot silverqueen. Hadeh, kayak dapat apa aja.


Welcome drink disajikan di restoran, yang terletak di depan hotel, berbatasan dengan jalan kampung. Kami dapat dua jus semangka yang seger banget. Kami nggak makan malam di resto karena sudah keluar makan di Pizza Panties dekat hotel, daerah Gejayan juga.

Interior restorannya trendi banget. Suasananya juga cozy. Pelayannya ramah. Kami sarapan pagi-pagi biar nggak terlalu ramai. Eh ternyata baru kami yang nyampai di resto. Menu sarapannya kami bisa milih, menu lokal atau western. Selain itu, kami bebas makan roti panggang, sereal, buah potong dan boleh minum teh, kopi, susu, jus buah, air mineral sepuasnya. 

Seperti biasa, Big A memilih sarapan ala bule, dengan omelet dan hash brown. Little A juga berlidah bule, maunya roti panggang dan selai. Tinggal Emaknya yang pilih sarapan lokal, pesan nasi goreng. Tapi karena Emak mewajibkan diri mengecek semua rasa bubur ayam ala hotel, akhirnya pesan bubur ayam juga, hahaha. Kami lama banget nongkrong di resto ini sambil ngobrol-ngobrol tentang... kehidupan! Cuma ada dua keluarga lain yang akhirnya sarapan di resto. Baru kami ingat kalau ini hari Senin!

Tarif hotel sudah termasuk sarapan untuk dua orang. Untuk anak di bawah usia 5 tahun gratis, sementara anak usia 5-12 tahun bayar Rp 25.000 aja.



Setelah sarapan, kami masih punya waktu sampai jam 12 siang untuk cek out. Jelas kami memilih untuk berenang-renang cantik biar nggak rugi. Kolam renangnya kecil, tapi bisa lah untuk membakar kalori setelah makan buryam. Little A sudah bisa berenang, tapi perlu waktu lama untuk pemanasan, sampai dia nyaman di air. Big A memilih duduk di tepi kolam sambil membaca buku. Hanya kami bertiga yang menggunakan kolam renang waktu itu, serasa punya kolam pribadi.

Kedalaman kolamnya mencapai 160 cm, tapi ada area yang dangkal, bisa untuk main bayi-bayi. Di dekat area dangkal, kedalaman kira-kira 120 cm. Pokoknya saya nggak tenggelam lah, bisa berdiri sambil jaga Little A yang renang wira-wiri.


Selesai renang dan mandi air pancuran hangat, badan cukup segar. Kami mengepak kembali barang-barang kami (cuma dua ransel sih) dan siap-siap pulang dengan kereta kembali ke Surabaya. An overnight stay well spent.

Reading or swimming?
Renang pakai bando? Cuma Little A ;p
Overall, kami puas menginap di sini. Ranjangnya sangat nyaman dan cukup besar (ukuran king) untuk bertiga. Malahan sepertinya masih muat untuk berempat. Spreinya halus dan lembut, desainnya nggak norak :D TV-nya ada dua, di depan kasur dan di living room, di depan sofa. Saluran untuk anak-anak ada, jadi no problemo. Wifinya kenceng, mau minta apa lagi? :p

Yang paling saya suka dari hotel ini adalah desainnya. Lantai di bangunan hotel dan resto diplester biasa, tapi dihiasi dengan tegel warna-warni. Mereka juga memberi perhatian ke hal-hal kecil, misalnya desain rak TV yang ada tempat untuk menaruh remote. Saya sampai jatuh cinta sama mug dan piring yang ada di kamar dan resto. Koleksi mereka seperti piring/gelas seng vintage dengan pinggiran biru, tapi tentu bahannya bukan seng karena terasa berat dan mantap. Meski tidak merokok, saya terkesan sama area merokok mereka yang mungil dan tetap trend. Biasanya resto di hotel lain menempatkan area merokok di luar ruangan, tapi di Lokal, pengunjung yang tidak merokok pun bisa memilih duduk di dalam atau di luar resto tanpa terganggu asap rokok. Mereka membuatkan area merokok di dalam ruangan. Saya suka banget dengan penataan seperti ini, sama-sama nyamannya.

Tentu hotel ini juga punya kekurangan, tapi masalah kecil aja sih. Tidak ada hairdryer dan safety box di kamar. Sofa di ruang tamu juga nggak ada bantal-bantalnya. Trus pasta gigi yang diberikan dikit banget, kami pencet-pencet nggak ada yang keluar, hahaha. Udah itu aja sih.

Oh, ya, satu lagi, kamar suite kurang cocok untuk anak-anak kecil, antara usia 2-5 tahun. Mereka nanti terlalu excited untuk naik turun tangga yang lumayan curam. Yang punya anak kecil mending milih kamar biasa aja. Tetep lucu kok desainnya :) Saking senengnya sama hotel ini, Little A sempat bilang, "This hotel should be 4-star, not 3-star."


~ The Emak


Comments

  1. nice info nih....thanks

    ReplyDelete
  2. Iya nih bucket list, cakep hotel nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cakeeeep. Kami aja pengen balik.

      Delete
  3. mbak, mbak... di jogja kan ada keluarga tho mbak? Kirain mbak Ade kalo ke Jogja nginep di rumah kokidol :) hihihi.

    Etapiii, hotelnye kece benerrrr. ini dulu sering wira/i di postingan travel bloher yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nginep di rumah Ibu di Salam atau rumah Dila. Ini pas Dila pindahan, rumahnya masih berantakan. Jadi ada alasan makai kredit paypal, biar gak mubazir.
      Kami beruntung hotelnya pas sepi, malam senin sih :)

      Delete
  4. Nandazein18.1.16

    Udah sering liat reviewnya Lokal, tapi baru kali ini ada yg infoin soal kolam renang! Tau gitu kan kemaren ke Jogja bisa nginep disini...
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ada kolamnya. Meski kecil udah lumayan sih kalau yg pake kita doang :)

      Delete
  5. wah besok kalau ke jogja kyknya wajib nginep disini nih hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren banget. kami aja pengen balik lagi.

      Delete
  6. waktu itu kemahalan buat bujet akuu mbaa :))
    jadinya nginep di EDU Hostel deh, eh tapi mampir ke sini sih dianterin kak Firsta buat nyobain restaurantnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. EDU Hostel dekat rumahku yg dulu. Huhuhu, jadi baper, kalau skrng msh tinggal di rumah itu bakalan kujadiin airbnb deh.

      Delete
  7. Waaah, itu tegel-nya bikin pingin yah mba Ade, lucuuu bgt.. :D Kpn2 ke Jogja pingin nyobain nginep di Lokal jadinya, ada kolam renangnya jg yah ternyata.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kolam renang kecil, tapi cukupan kok. Tegelnya emang seksi, jadi pengen kubawa pulang, hahaha.

      Delete
  8. manteb juga tuh hotelnya..
    betah kalo dapet hotel yg kaya gini mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cakep! Anak-anakku nggak mau pulang :))

      Delete
  9. belum kesampean nginep disini mba..keren deh hotelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Desainnya diperhatiin banget. Bisa buat contekan kalau bangun rumah :D

      Delete
  10. whoaaa...
    makin pengen ke Jogja ajak anak-anak
    makasih infonya Mba Ade

    ReplyDelete
  11. cantik bgt hotelnya

    ReplyDelete
  12. jadi tambah kepengen ke jogja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo sempetin. Kami sih rutin naik kereta Surabaya-Jogja :)

      Delete
  13. post yang keren :)
    aku juga publish pengalamanku selama traveling
    www.bookofhuman.blogspot.com

    ReplyDelete
  14. keren sih.. apa kurang lahan tuh hihihi :p

    Nonton film HD

    ReplyDelete
  15. Belum kesampean ini, nginep di Lokal..huhu..
    Bentar lagi mau ke Yogya tapi cuma PP euy (:

    ReplyDelete
    Replies
    1. LOKAL wajib dicoba. Nginep dua malam biar bisa coba kamar yang beda. Trus minta Olen anter makanan, dekat rumah dia, hahaha.

      Delete
  16. hotelny keace, itu hotel antara kmr n ruang tamuny bertingkat gt ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tingkat, seperti mezanin. Ada balkon juga menghadap kolam renang. Khusus yang suite ya. Kamar biasa ya biasa aja, satu level.

      Delete
  17. Ulasannya bagus dan enak dibaca Mba, tapi ngomong" di Gejayan sebelah mana letaknya ?..Masuk jembatan merah, terus kemana..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gg Jembatan Merah NO.104C.
      Dari jembatan merah lurus aja melewati Univ Mercu Buana, kira-kira 200 meter. Cari no. 104 C.
      Lihat di google map juga keliatan kok :)

      Delete
    2. Ooo situ ya, kanan jalan mungkin ya Mba kalo dari Mercu Buana..oke deh saya googling aja pakai google map..

      Delete
  18. waaw ini hotelnya "instagramable" hehehe kayaknya lagi hits juga di Instagram ya mba..:D

    ReplyDelete
  19. Anonymous15.4.16

    Halo salam kenal,Sekilas info tambahin , hairdryer bisa dipinjamkan di receptionist,ini pengalaman saya waktu nginap di Lokal Hotel

    ReplyDelete
  20. cakep hotelnya :) Kalau ke jogja pingin bgt coba nginep disini..tp nunggu ada promo hehehe

    ReplyDelete
  21. cakep hotelnya :) Kalau ke jogja pingin bgt coba nginep disini..tp nunggu ada promo hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow Our Instagram @travelingprecils

Popular Posts

Mengurus Visa Schengen Untuk Keluarga

5 Kafe & Bakery Halal di Area Bugis Singapura

Cruise 101: Pengalaman Pertama Naik Royal Caribbean

Pengalaman Memakai Grab Car di Bali

Makan Hemat di Kantin Karyawan Changi Airport