Apa Yang Tidak Boleh Dibawa Ke Australia?

11:33 Traveling Precils 54 Comments

Antrian di Custom. Foto dari www.sydneyairport.com.au

Salah satu yang perlu diperhatikan ketika berkunjung ke Australia adalah aturan 'custom' yang lumayan ketat. Barang-barang seperti bahan makanan segar dan produk turunan susu tidak boleh dibawa masuk negara ini.

Sebelum berkemas, sebaiknya baca dulu peraturan custom (cukai) Australia di sini. Barang-barang berbahaya seperti senjata api, bahan peledak, dan obat-obat terlarang jelas tidak boleh dibawa masuk. Namun ada beberapa barang yang sepertinya tidak berbahaya yang masuk dalam daftar terlarang. Tapi nggak usah khawatir berlebihan, asalkan kita 'declare' barang-barang bawaan kita ketika melewati pemeriksaan custom, pasti aman-aman saja.
 
Jangan Tersesat di Bandara
Saya pertama kali ke Australia tahun 2006, hanya berdua dengan Big A (waktu itu masih usia 4 tahun). Si Ayah sudah lebih dulu berada di Sydney saat kami menyusul. Ini adalah kali pertama saya ke luar negeri (bawa anak kecil pula). Rasa sukacita saya bercampur dengan perasaan was-was, bagaimana nanti melewati pemeriksaan di bandara, bagaimana kalau saya nggak ngerti bahasa Inggris mereka dan mereka nggak ngerti dengan saya. Meski si Ayah sudah mengirim petunjuk detil bagaimana nanti di bandara Sydney, apa saja yang harus dihadapi dan dilakukan, lengkap dengan scan formulir yang harus diisi, perasaan was-was saya tetap tidak mau pergi.


Di pesawat, kira-kira satu jam sebelum mendarat, kita akan diberi Incoming Passenger Card. Isinya data diri kita, alamat yang dituju di Australia dan deklarasi barang-barang yang kita bawa. Di situ sudah ada daftarnya, sehingga kita tinggal beri tanda silang "ya" atau "tidak". Kalau ragu-ragu, disarankan memilih "ya". Nanti petugas yang memeriksa yang akan memutuskan apakah barang tersebut boleh dibawa masuk atau tidak. Jangan sekali-sekali menyembunyikan apapun dari petugas. Kalau sampai ketahuan akibatnya fatal, bisa terkena denda sampai $220 atau malah dijebloskan penjara dengan hukuman maksimal 10 tahun. Dan, petugas bandara di sini nggak menerima sogokan ya :p

Incoming Passenger Card (klik untuk memperbesar).  Gambar dari www.movetosydney.com

Turun dari pesawat di bandara Sydney, saya yang nggak tahu apa-apa berusaha percaya diri agar Big A nggak cemas. Dengan pedenya saya ikuti arus orang-orang yang turun satu pesawat dengan saya. Meskipun jalan menuju pemeriksaan imigrasi dan custom lumayan panjang dan lama, namun tanda menuju ke sana juga jelas. Di sepanjang koridor ada tulisan dengan arah panah: Custom. Begitu mendekati pemeriksaan visa, arus terbagi menjadi dua: satu untuk pemegang paspor Australia dan New Zealand, satunya untuk pemegang paspor negara lain. Ada banyak petugas yang mengurusi pemeriksaan paspor ini. Antrian juga berjalan tertib, satu antrian dan selanjutnya menuju konter-konter yang tersedia. 

Ketika sampai giliran kami diperiksa paspor dan visanya, ternyata ada masalah. Paspor Indonesia kami tidak bisa dipindai di mesin si petugas. Waduh, saya jadi cemas. Apalagi petugas dengan galaknya menyuruh saya mengisi (lagi) incoming passenger card untuk Big A. Padahal tadinya sudah saya tanyakan bahwa satu keluarga hanya mengisi satu kartu. Petugas selanjutnya menyuruh saya ke konter utama. Di sana, alhamdulillah paspor dan visa kami berhasil dipindai, dan kami pun "lolos" ke pemeriksaan selanjutnya: custom.

Sebelum ke pemeriksaan custom, kita harus mengambil bawaan kita yang tadinya ada di bagasi pesawat. Ada banyak ban berjalan, tinggal mencari yang cocok dengan nomor penerbangan kita. Di bandara sini tidak ada porter, jadi harus mengambil sendiri koper-koper kita. Tapi nggak usah khawatir, troli tersedia banyak, gratis, dengan roda yang mulus dan enteng didorong.

Selanjutnya lewat custom. Di sini ada dua pintu, yang ingin 'declare' barang bawaan, atau yang tanpa declare (mereka yang nggak bawa apa-apa, atau di incoming passenger card memilih "no" semua). Untuk amannya sih kita memilih "declare" aja dan pasrah diperiksa.

Pertama kali ke Sydney, saya banyak membawa makanan karena takut di sini bakalan susah mencari makanan Indonesia. Dengan naifnya saya membawa mie instan, kopi, teh, minyak goreng, bumbu instan, dll. Di peraturan ditulis bahan makanan dalam kemasan, asal jelas asal usulnya boleh dibawa masuk. Yang sama sekali dilarang adalah bahan makanan segar seperti buah, sayur, hasil masakan sendiri seperti gudeg (duh!), rendang, dll. Membawa tanaman dan bibit tanaman juga dilarang, alasannya untuk melindungi keragaman hayati Australia. Kalau membawa barang-barang yang harus dinyatakan, lebih baik taruh semuanya dalam satu koper, sehingga ketika pemeriksaan gampang, tinggal membuka satu koper saja.

Saya membawa tiga koper. Ketika pemeriksaan, satu koper yang berisi makanan dibuka dan diperiksa isinya oleh petugas. Beberapa yang tidak lolos adalah milo, kopi instan 3 in 1 dan camilan makaroni keju yang mengandung produk susu. Susu bubuk untuk Big A lolos karena memang diperbolehkan membawa susu formula ketika bepergian dengan anak di bawah usia 5 tahun. Selain itu saya juga membawa obat penurun panas, minyak telon dan kunir putih bubuk (antibiotik tradisional). Semua diloloskan, hanya saja harus siap-siap ketika ditanya: ini apa? Untuk kunir putih bubuk, saya membeli yang ada labelnya. Saya bilang ke petugas: This is traditional drink, like ginger drink. Untungnya dia percaya :) Oh, ya, apa nasib barang-barang yang tidak boleh dibawa masuk tadi? Semua masuk tempat sampah.

Kali kedua saya ke Sydney tahun 2009 dengan dua precils, saya sudah lebih 'pinter'. Saya tidak membawa bahan makanan sama sekali. Yang perlu dinyatakan ke petugas adalah kunir putih, minyak telon dan beberapa cinderamata dari kayu yang saya beli untuk suvenir dari Mirota Batik Jogja. Ketika petugas membaca sekilas incoming passenger card saya, dia hanya menyuruh saya melewatkan koper-koper untuk dipindai, tanpa dibuka sama sekali. Dan dalam hitungan menit, saya lolos dari custom dan berlari menemui Si Ayah yang sudah menjemput di Arrival Hall.

Ada banyak cerita seru dari sahabat tentang pemeriksaan custom ini. Ada yang beruntung koper-kopernya dilewatkan alat pemindai saja, tapi ada yang sampai semua kopernya dibuka dan diperiksa. Ada teman saya yang kopernya sampai lama diendus-endus anjing pelacak, padahal dia bilang tidak membawa sesuatu yang mencurigakan. Tahun lalu saya minta dibawakan tempe kripik Malang ke Ibu Mertua yang datang berkunjung. Satu dus kripik Malang berhasil lolos dari custom juga. Semua bahan makanan, asalkan ada kemasan dan label yang jelas, kemungkinan besar bisa lolos. Asal jangan menyembunyikan barang apapun dari petugas, mesin pemindai tidak bisa bohong ya :p

Setelah lolos dari pemeriksaan di bandara dan sampai di Arrival Hall, gampang banget menuju ke mana saja. Ada beberapa alternatif pilihan transportasi, semuanya nyaman: taksi, bis, dan kereta. Tinggal ikuti saja petunjuk gambar seusai arah panahnya. Lebih lengkapnya, sila baca tulisan saya tentang transportasi (umum) Sydney, di sini.

Selamat berkemas!

~ The Emak

You Might Also Like

54 comments:

  1. jadi was-was juga ngebacanya.
    blognya bagus mbak..

    salam kenal :)

    ReplyDelete
  2. @Nana salam kenal. makasih ya udah baca blog The Precils. moga2 ngebantu kamu bikin rencana perjalanan.

    ReplyDelete
  3. Anonymous9.4.12

    Hi mbak salam kenal, Juli ini aku dan suami berencana berlibur dg 4 anak kami (usia antara 3-10th) ke Melbourne, Sydney dan Brisbane. Kira2 gimana ya soal makanan disana, terutama karena bawa anak2 dan saya muslim sehingga perlu mencari makanan halal. Ribetkah? (Icha)

    ReplyDelete
  4. hai Icha, salam kenal.
    gak usah khawatir, di kota2 besar Aussie banyak kok restoran halal. cek di website ini ya --> http://www.halalsquare.com.au

    ReplyDelete
  5. Anonymous5.8.12

    Dear Mba,
    Kami berencana ber-6 ke Sydney & Melbourne.
    Ada referensi apartment/rumah dengan budget rendah ?.
    So, boleh bawa makanan seperti rendang ?.

    ReplyDelete
  6. Untuk membandingkan harga apartemen cek www.wotif.com
    Menurut aturannya gak boleh bawa makanan yg mengandung daging/produk dairy.

    ReplyDelete
  7. Anonymous11.8.12

    hay mba, salam kenal.. saya lagi googling tentang oz nemu blog ini... inspiratif & membantu sekali... saya membeli tiket untuk perjalanan 6 bulan kedepan,jkt-mel tosydney (naik apa) -jkt. yaitu pertengahan februari, kapan waktu yang pas untuk apply visa... dan dari melbourne ke sydney lebih baik naik apa ya? bisa di email ke t13ckq4_d13t44@yahoo.co.id trims..

    ReplyDelete
  8. Apply visa bisa Desember akhir sebelum liburan natal. Dari Melbourne ke Sydney bisa road trip atau naik pesawat, tergantung jadwal dan kesukaan travelingnya apa. Tiket pesawat domestik Australia bisa dilihat di www.webjet.com.au
    Kalau mau tanya2 lagi bisa email ke => travelingprecils@gmail.com

    ReplyDelete
  9. Hai mba, sdh beberapa hari ini saya bolak balik membaca blog nya karena minggu depan akan melakukan perjalanan pertama kali ke Gold Coast-Brisbane-Sydney.. Agak deg-degan juga baca aturan customs karena saya rencana membawa anak 20 bln yang sangat hobi ngemil n minum jus, ada aturan tidak makanan ringan apa saja yang bisa dibawa ke pesawat untuk toddler? Terima kasih utk jawabannya ya..

    Rini

    ReplyDelete
  10. @Rini
    setahu saya tidak ada larangan utk bawa makanan ringan di pesawat. yg nggak boleh adalah bawa minuman dan segala bentuk cairan lebih dari 100mL. Jus dan camilan bisa dibeli di pesawat budget atau malah dikasih gratis kalo pesawat reguler.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba mau nanya, kalau bawa bumbu gado-gado kira2 diperiksa nggak mba ?
      Slam knal ya mba.

      Delete
    2. Mba, mau nanya kalau bawa bumbu gado-gado kira2 bisa nggak mba ?
      Soalnya dalam minggu ini aku juga mau berangkat.. mksih mba.
      Salam kenal.

      Delete
    3. Mba, mau nanya kalau bawa bumbu gado-gado kira2 bisa nggak mba ?
      Soalnya dalam minggu ini aku juga mau berangkat.. mksih mba.
      Salam kenal.

      Delete
  11. Anonymous22.8.12

    Kalau cuma transtit di Australi apakah harus melewati Custom juga mba? Makasih ya ^^

    ReplyDelete
  12. setahu saya kalau transit gak perlu lewat custom. cuma ada pemeriksaan keamanan khusus sebelum akhirnya bergabung dengan penumpang lain di Keberangkatan/Departure.

    ReplyDelete
  13. Anonymous13.1.13

    Salam kenal mba

    ReplyDelete
  14. Anonymous13.1.13

    Mba aku rencana bulan ini mau melakukan perjalan ke brisbane slama 2 bulan,dr jakarta aku transit sidney,apakah membawa obat2 dokter akan di pertanyakan? Apakah kita harus jujur memberitahu obat apa yang kita bawa? Trimakasi

    ReplyDelete
  15. salam kenal,
    untuk obat dari dokter, bawa aja salinan resepnya. semua obat-obatan akan diperiksa, lebih baik memberitahu apa yang kita bawa, daripada melanggar hukum. kalau misalnya ada yang tidak boleh dibawa masuk, custom akan memberitahu, kalau kita dari awal tdk menyembunyikan tdk jadi masalah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous19.1.13

      Hallo bunda aku mau tanya donk, aku kan ga ada NPWP ni, apakah harus bayar viscal , kira2 kena berapa ya bun bayar viscal

      Delete
  16. sejak tahun 2011, fiskal sudah dihapus, baik untuk yang punya npwp maupun yang tidak. jadi tenang aja :)

    ReplyDelete
  17. Mbak, kalau baca postingan ini jadi inget program TV 'Nothing to Declare' yang Austalia dan ada juga yang UK

    ReplyDelete
  18. @MelalangBuana
    Iya, dulu ada serial 'Border Security'. Kebanyakan yg ketangkap orang2 Cina tua yg gak tahu bahasa Inggris. Kasian juga sih.

    ReplyDelete
  19. Anonymous1.5.13

    mba, berarti bawa dendeng ga bisa ya? atau kalo udah di declare bisa? boleh masuk bagasi?

    ReplyDelete
  20. Aturannya bawa makanan yg ada dagingnya tidak boleh. Kalau di-declare, akan disuruh buang ke tempat sampah. Ada beberapa orang yang 'berhasil' menyembunyikan abon/dendeng dll di dalam pakaian, tidak di-declare dan kebetulan tidak diperiksa. Tapi riskan sekali, kalau ketahuan bisa kena denda atau bahkan dideportasi. Saran saya: patuhi aturan.

    ReplyDelete
  21. mba mau tanya kalau kerupuk udang mentah dan bawang goreng gimana ? rencana saya akan berkunjung ke melbourne. thanks

    ReplyDelete
  22. @Dede
    Kerupuk dan bawang goreng mestinya gak masalah. Bawa yg kemasannya bagus dan labelnya jelas ya. Good luck :)

    ReplyDelete
  23. Anonymous23.5.13

    Mba mau tnya,,,suami saya sdh 3thn tnggal di aust,,dia org burma,,tp dia pny visa tnggal di aust,,,hla ini sya rncananya mau nyusul dia,,,caranya gimana ea mb??????sya brsama si kecil .....

    ReplyDelete
  24. Coba bilang ke suami utk datang ke kantor imigrasi terdekat, tanyakan syarat2 utk visa migrasi keluarga. Soalnya beda sama visa turis.

    ReplyDelete
  25. Anonymous31.5.13

    halo mba, salam kenal, bulan depan sy akan ke melb dgn naik garuda, kira2 brp kg bagasi yg diperbolehkan yah mba?kemudian sy juga membawa krim2 muka obat dokter apakah harus dideclare mba,mohon dijawab yah mba thxuu sebanyak2nya :)

    ReplyDelete
  26. mba, pertengahan sept saya berencana ke Melbourne untuk mengikuti short course selama 1,5 bln. Mohon bantuan mba untuk menjawab pertanyaan beriku:
    1.Apakah kosmetik,sabun mandi dan sabun pencuci muka yang berbentuk cair bisa kita bawa?
    2. Apakah boleh membawa barang elektronik sprt setrikaan dan alat untuk memasak nasi (kami akan tinggal di asrama)
    3. Bagaimana cara mendapatkan layanan internet menggunakan mobile phone? apakah harus ganti kartu atau masih dapat menggunakan kartu lama kita.
    Trimakasi

    ReplyDelete
  27. @Ida
    1. Benda2 cari bisa dibawa sesuai syarat keamanan airline reguler. Kalo gak pengen repot, masukkan tas bagasi.
    2. boleh
    3. mending ganti kartu, lebih murah. beli kartu baru Vodafone atau Optus, kira-kira $30.

    ReplyDelete
  28. - bagasi garuda sesuai yg tercantum di tiket.
    - setahu saya, krim muka tidak perlu di-declare.

    ReplyDelete
  29. Anonymous5.4.14

    mbak mau tanya kalo bawa biskuit malkist/regal/semacamnya 4-5 bungkus bakal ditahan nggak ya? terima kasih

    ReplyDelete
  30. Anonymous2.6.14

    Mba, mau tanya.. saya rencananya berangkat ke melbourne utk sekolah. untuk rice cooker, sebaiknya kita beli disana saja atau bawa dari sini ya? lebih simpel mana ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli di sana aja. murah kok di Big W/Coles/Woolworth. colokannya udah sesuai dengan Aussie.

      Delete
  31. Mba saya mau tanya.. Kalau energen diperbolehkan atau tidak? Karena adek saya agak susah makan pada pagi hari...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya ada produk susunya, jadi secara aturan nggak boleh. Tapi coba aja, ikhlaskan kalau disita. Di Oz, ada minuman sejenis itu yang lebih enak: Up & Go, coba di-google.

      Delete
  32. mbak sya mw nanya nih,... klo sya bawa obat2an seperti obat sakit kepala, obat sakit perut, obat diare, etc bisa nggak yah?? trus Iphone jg boleh nggak dibawa dri Indonesia?

    ReplyDelete
  33. Kalo obat2an kayak sanmol cair (penurun panas), trombopop (obat lebam), bioplacenton (obat terbakar) boleh ga ya mb dibawa dr indo? Atau bisa dibeli bebas di aussie? Tks

    ReplyDelete
  34. Anonymous30.6.15

    Mbak nyoba mau nanya..produsen rendang asal Minang kan kirim Rendang ke Aussie,,tapi disita. Kenapa ya mbk/
    ?trmakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau sy, produk makanan sangat ketat untuk diizinkan masuk. apalagi daging seperti rendang :)

      Delete
  35. Mba saya mau tanya, kalau bawa pia legong khas bali itu gmn ya? Posisi pia nya saya hand carry dgn tasnya sendiri itu. Mohon bantuan ya mba.. Ini pertama kali nya terbang bawa makanan :( terimakasih mba

    ReplyDelete
  36. Anonymous7.12.15

    Mbak kalo bawa laptop biasanya diperiksa gak mbak? Tktnya ad aplikasi palsu atau lain2

    ReplyDelete
  37. Hi mb'slm kenal .
    Kalo bawa susu (glucogen) itu kn untuk mencerahkan kulit .
    Bukan susu yg diminum biasa . Boleh gak? Mksihh

    ReplyDelete
  38. Mb kal bawa Glucogen momen itu kan dlm bntuk susu untuk mencerahkan kulit . Boleh dibawa ga ya?
    Tlong infonya . Mksiii

    ReplyDelete
  39. Mb kal bawa Glucogen momen itu kan dlm bntuk susu untuk mencerahkan kulit . Boleh dibawa ga ya?
    Tlong infonya . Mksiii

    ReplyDelete
  40. Hi mb'slm kenal .
    Kalo bawa susu (glucogen) itu kn untuk mencerahkan kulit .
    Bukan susu yg diminum biasa . Boleh gak? Mksihh

    ReplyDelete
  41. Hi mb'slm kenal .
    Kalo bawa susu (glucogen) itu kn untuk mencerahkan kulit .
    . Boleh gak? Mksihh

    ReplyDelete
  42. Terima kasih infonya...sangat membantu.

    ReplyDelete
  43. kalo barang elektronik apa yang ga boleh dibawah pak? makasih

    ReplyDelete
  44. Mbak, saya berencana membawa rempah2 seperti ketumbar, kemiri, merica, kapulaga, kayu manis, jahe bubuk, bubuk kari, kira2 lulus seleksi gk ya? Mohon jawabannya. Trims

    ReplyDelete
  45. mbak mau tanya, saya mau kuliah di ausi nih. saya perokok elektrik / vaporizer. kira2 kalo bawa device / electric mod, bateraai 18650 & liquid yg mengandung nicotine masalah gak ya ? thanks

    ReplyDelete