Festival Bunga di Canberra

14:55 Traveling Precils 2 Comments

Keluarga The Precils di depan hamparan tulip Canberra. Foto oleh Radityo Widiatmojo.
Floriade, yang diklaim sebagai festival bunga terbesar di belahan bumi selatan, digelar di Canberra setiap musim semi (September - Oktober). Tahun ini adalah kunjungan kami yang keempat. Tidak ada kata bosan berjalan-jalan di antara tulip yang ditanam selapangan penuh.

Canberra adalah ibukota Australia, bisa dicapai 3 jam bermobil ke arah barat daya dari Sydney. Meskipun bisa dicapai dengan naik pesawat dan naik kereta Countrylink, saya menyarankan kalau jalan-jalan di Canberra naik mobil sendiri atau sewa mobil, karena transportasi umum kurang bisa diandalkan di sini. Banyak tempat tujuan wisata di Canberra, pernah saya ceritakan di sini.

Floriade atau festival bunga adalah atraksi favorit kami di Canberra. Pertama kali kami berkunjung ke sini adalah tahun 2007, Little A belum lahir dan Big A masih kecil, 5 tahun :p Begitu memasuki kawasan Commonwealth Park tempat digelarnya festival bunga ini saya langsung takjub. Bayangkan, baru kali ini saya melihat hamparan bunga tulip selapangan penuh, asli dan hidup. Bunga-bunga ini memang khusus ditanam selama Floriade berlangsung, sebulan penuh. Oh, ya, festival ini gratis dan terbuka untuk umum.

Saat paling tepat untuk mengunjungi Floriade adalah di minggu kedua atau ketiga, ketika bunga tulip baru saja mekar. Tapi tentu saja semuanya tergantung pada cuaca. Kalau kita sedang beruntung, cuaca cerah, suhu hangat dan matahari bersinar. Kalau kurang beruntung, langit mendung, suhu dingin, atau lebih tragis lagi, hujan disertai angin. Kami pernah berkunjung ketika cuaca cerah, musim semi tahun 2007 dan 2010. Tapi pernah juga kesana dengan cuaca terburuk, dingin menusuk disertai hujan dan angin, musim semi tahun 2009. Hanya di tahun itu juga kami sempat menginap semalam di Novotel Canberra. Tahun ini, kami disambut gerimis yang memaksa kami memakai jas hujan (rain coat). Tapi untungnya suhu tidak terlalu dingin.

Hamparan bunga tulip ini membentuk pola-pola unik sesuai tema yang diangkat panitia Floriade. Pola ini bisa dilihat dari atas, dengan naik bianglala (ferris wheel). Big A dan Little A senang sekali naik bianglala ini, tetap naik meskipun gerimis :)

Berikut adalah foto-foto Floriade Canberra 2011, karya Anindito Aditomo dan Radityo Widiatmojo.  Selamat menikmati.
Bunga-bunga pembatas jalan di Canberra
Little A, penggemar bunga
Tulip merah putih. Foto oleh Anindito Aditomo.
Tulip ungu. Foto oleh Anindito Aditomo






Bianglala. Foto oleh Anindito Aditomo
Little A dan Big A di dalam bianglala
Pola bunga dilihat dari atas bianglala. Foto oleh Anindito Aditomo.
Pola bunga dilihat dari atas bianglala
Pola bunga berbentuk semangka dilihat dari atas bianglala. Foto oleh Radityo Widiatmojo
Menghangatkan diri dengan kopi dan coklat panas
~ The Emak

Baca juga:
- Ada apa di Canberra?
- [Hotel Review] Novotel Canberra

 

You Might Also Like

2 comments:

  1. Anonymous9.11.12

    Ajiiiiiib....ga kalah keren dari Keukenhoffnya Belanda!!

    -bayu-

    ReplyDelete
  2. @bayu
    thanks. kami malah belum pernah ke Belanda :)

    ReplyDelete