Memesan Penginapan, Paling Murah Pakai Apa?

01:48 Traveling Precils 27 Comments

Little A di Kids Suite Hard Rock Hotel Bali
Mencari, membandingkan dan memesan penginapan secara daring (online) sekarang ini mudah banget. Banyak situs pemesanan hotel yang mudah digunakan, dan menerima pembayaran dari berbagai macam cara. Lalu, bagaimana cara memilih website atau apps booking agar dapat harga yang paling murah? Golden rule-nya adalah: selalu cek toko sebelah. Saya sendiri minimal membandingkan tiga website pemesanan penginapan, misalnya Agoda, Booking dot com dan website resmi hotel tersebut. Jangan pernah terjebak dengan diskon besar atau potongan harga. Bisa jadi harga sudah dinaikkan terlebih dahulu sebelum didiskon. Jangan fanatik dengan satu booking engine tertentu, selalu cek toko sebelah!

Setiap website booking engine selalu ada kelebihan dan kekurangannya. Agoda mungkin harganya paling murah untuk hotel-hotel di Asia, tapi di Australia, seringkali Wotif yang harganya lebih juara. Venere bisa jadi tarifnya paling murah di Eropa, tapi mungkin kita perlu memesan lewat Booking.com supaya mudah membatalkan kalau ada perubahan rencana. Berikut ulasan booking engine dari pengalaman The Emak.

1. HotelsCombined
Ini website andalan The Emak untuk membandingkan harga suatu hotel dari berbagai situs pemesanan hotel terkenal seperti Agoda, Venere, Hotels, Booking dot com dan lain-lain. Kelebihannya, website ini sudah langsung membandingkan harga beserta pajak yang  harus kita bayarkan, juga menghitung total harga yang harus kita keluarkan, sesuai berapa malam kita menginap. Dari website ini kelihatan booking engine mana yang menawarkan harga paling murah untuk hotel tersebut di tanggal tertentu. Kalau kita klik harga termurah, kita langsung diantar ke website booking engine karena HotelsCombined hanya bertugas membandingkan harga. Jangan khawatir, layanan ini gratis kok.


2. Website Hotel atau Telepon Langsung 
Kadang website resmi hotel menawarkan harga yang lebih murah daripada booking engine, terutama kalau mereka sedang punya promo. Saya selalu cek website resmi penginapan sebelum mengambil keputusan mau memesan lewat mana. Untuk beberapa hotel kecil di Indonesia, kadang lebih mudah memesan via telepon, seringkali tidak diperlukan deposit apapun. Seperti ketika saya membawa anak-anak keliling Jawa naik kereta, beberapa hotel saya pesan via telepon. Ketika saya memesan Hard Rock Hotel di Bali, harga terendah saya temukan di website resmi mereka.

3. Agoda
Website Agoda adalah andalan saya untuk booking hotel di wilayah Asia. Harganya memang lebih murah daripada booking engine lainnya untuk wilayah Asia. Untuk member Agoda, ada rabat berbentuk poin yang nilainya sekitar 5% dari nilai pesanan hotel kita. Setelah mencapai jumlah tertentu, poin ini bisa kita tukarkan untuk mendapatkan potongan harga atau bahkan menginap gratis. Lumayan kan buat staycation. Perlu dicatat, harga Agoda di pencarian awal belum termasuk pajak, jadi di akhir pemesanan, ada tambahan biaya yang harus kita bayarkan. Pemesanan Agoda ini bisa dibayar melalui kartu kredit atau paypal. Nggak punya keduanya? Boleh pesan via The Emak melalui DM twitter (@travelingprecil) atau FB messenger. Harga sama kok, dan biasanya nggak masalah pesanannya dibayarkan dengan kartu kredit orang lain asal nama yang cek in sama dengan nama di voucher hotel. Mention @travelingprecil ya kalau perlu bantuan booking via Agoda, nanti bayarnya via transfer ke rekening bank The Emak.

4. Booking.com
Website ini tampilannya simpel dan mudah digunakan. Salah satu keunggulan Booking dot com adalah fitur 'pembatalan gratis'. Fitur ini penting bagi traveler yang itinerary-nya belum fixed. Saya menggunakan pemesanan hotel di booking dot com untuk melengkapi syarat visa Schengen. Waktu itu itinerary kami di Eropa belum final, sementara dokumen untuk visa harus segera diajukan. AKhirnya saya memesan beberapa penginapan melalui Booking dot com dengan fitur 'pay later, free cancelation' atau bayar nanti, gratis pembatalan. Setelah visa saya dapatkan, dan ternyata itinerary kami berubah, pesanan hotel saya batalkan. Proses pembatalan mudah dan gratis melalui website mereka.

5. Wotif
Wotif adalah website andalan saya untuk mencari penginapan di Australia dan New Zealand. Hampir semua penginapan di wilayah Oceania, mulai dari yang mewah sampai yang budget seperti motel atau hostel ada di wotif. Tarif di wotif untuk wilayah ini relatif lebih murah daripada di booking engine lain, meskipun ada biaya pemesanan sekitar $4.

6. Accor & IHG
Accor dan Intercontinental Hotel Group (IHG) adalah kelompok hotel waralaba (chain hotel) langganan saya. Alasannya sederhana sih, hotel Novotel dari Accor dan hotel Holiday Inn dari IHG bisa mengakomodasi dua anak dalam satu kamar tanpa harus membayar ekstra bed. Novotel menyediakan dua double bed dalam satu kamar atau satu queen bed dan satu sofabed. Untuk dua dewasa dan dua anak sampai usia 16 tahun, tidak perlu memesan kamar kedua atau ekstra bed. Kami pernah menginap di Novotel Canberra, Sydney Olympic Park, Novotel Clarke Quay Singapura dan Novotel Brussel Off Grand Place. Holiday Inn juga menyediakan dua double bed dan malah kasur mereka lebih lebar daripada Novotel. Kalau sering menginap di hotel-hotel yang termasuk dalam grup Accor atau IHG, sebaiknya mendaftar keanggotaan mereka agar bisa mendapatkan poin setiap kali menginap. Poin tersebut nanti bisa ditukar dengan bermalam gratis seperti pengalaman kami menginap di Holiday Inn Penang.
  
7. Hotel Quickly
Hotel Quickly adalah app yang bisa dipasang di hp android maupun iOS. App ini dirancang khusus untuk pemesanan hotel mendadak, malam ini atau besok. Tarif hotel yang ditawarkan cukup murah dengan promo last minute booking. Pasang app ini di hp untuk memudahkan sewaktu-waktu perlu pesan hotel mendadak di suatu kota, atau cuma ingin staycation seperti yang pernah kami lakukan di Swiss Belinn Surabaya. Pengen dapat diskon Rp 130.000? Unduh app Hotel Quickly di iTunes Store atau Google Play dan redeem (tukarkan) kode promo dari The Emak: AKUMA72. 



8. AirBnb 
Airbnb adalah website pemesanan bed & breakfast, atau tempat menginap yang disediakan perorangan, bukan hotel atau motel. Memesan melalui airbnb menjadi alternatif ketika hotel di suatu kota tarifnya sangat mahal. Biasanya tarif airbnb lebih murah daripada hotel. Kadang pemilik menyewakan satu kamar kosong yang ada di apartemennya atau rumahnya, atau seluruh apartemennya. Tinggal di airbnb juga terasa seperti tinggal di rumah warga lokal, tentu pengalamannya berbeda dari tinggal di hotel biasa.

Kami pernah memesan apartemen di Paris melalui airbnb. Caranya bisa dilihat di tautan ini. Untuk liburan di Ubud bulan Oktober nanti, saya juga sudah memesan vila melalui airbnb. Pengen dapat voucher airbnb $25 (sekitar Rp 333.000)? Daftar airbnb melalui link ini ya: www.airbnb.com/c/akumalasari. Lumayan banget kan, voucher segitu bisa buat menginap gratis semalam di Jogja atau Solo lho :)

9. HostelWorld
Ini website andalan untuk mencari dan memesan hostel. Saya pernah menggunakannya untuk memesan hostel di Boat Quay Singapura. Ternyata anak-anak boleh kok menginap di hostel, asal memesan kamar privat, bukan kamar asrama. Enaknya booking di hostelworld, kita hanya perlu membayar deposit 10% dari harga kamar, sisanya bisa dibayar ketika cek in. Misalnya tarif satu malam di kamar asrama hostel di Singapura sebesar Rp 300 ribu, cukup bayar Rp 30 ribu untuk booking.




 
10. Website Lokal: Tiket, Traveloka, Nusatrip
Saya belum pernah sih memesan hotel via website lokal, tapi sudah sering menggunakan booking engine tersebut di atas untuk membeli tiket pesawat. Keuntungan dari memesan via booking engine lokal adalah pembayarannya bisa melalui transfer bank atau internet banking, tidak harus punya kartu kredit.


Gimana, sudah siap berburu penginapan untuk liburan? Jangan lupa memanfaatkan poin, voucher, diskon, promo yang ada. Gakpapa dibilang Emak-Emak banget, yang penting sekeluarga bisa sering-sering piknik :p

~ The Emak

You Might Also Like

27 comments:

  1. Aku tetep setiap sama booking.com De, dan udah tau kalau CS nya cepet tanggab banget:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga seneng tampilan booking, sangat user friendly, Tapi aku hanya setia sama yang termurah, hahaha. Gak selalu booking dot com sih.

      Delete
  2. Kami dulu sering pake Agoda, tapi karena kami anaknya suka impulsif jadinya sekarang lebih sering pake HQ mbak. ehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ke luar kota aku gak berani pake HQ, harus booking jauh2 hari biar ati tentrem. Bawa anak orang soalnya :D

      Delete
  3. Kalau nyari hotel sy lebih suka hotelscombined, bisa tau yg paling murah dan tempat bookingnya. Lebih simpel.
    Trimakasih mbak listnya, soalnya ada beberapa yg baru tau. Hehe

    ReplyDelete
  4. yes its very good and nice article . thanks for sharing , i had learned a lot from yout website , thanks admin .Do you need any taxi in doha , Qatar ?? We are the best taxi providing company in qatar in cheap rate . Just visit our website and make a call , we will pick up from their . thanks .
    taxi in doha
    taxi in doha qatar

    ReplyDelete
  5. Kalo saya lebih milih agoda. Selain mudah banyak promo rahasia

    ReplyDelete
  6. Hai mbak mau manya. Untuk booking airbnb bisa mbak pakai debit atau credit card? Boleb pakai debit card ngga yah?

    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahuku bisanya credit card atau paypal.

      Delete
  7. Sepertinya order secara online lebih murah dan mudah

    ReplyDelete
  8. Anonymous8.10.15

    GAGUS3 nilai 300.000

    ReplyDelete
  9. Halo mba kl pesen lewat booking.com itu aku bingungnya setelah booking kan ada tulisan ntar bayarnya disana trus kalo Cancel tp ga ngabarin 3 hr sblm tgl kita nginep, kita musti bayar penuh tp kan kita ga nyantumin No kartu kredit gmana dia bs motong ? Itu aku bingung soalnya udah booking tp ntar setelah itu musti bgm langkah selanjutnya baik jadi atau engga please help

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau cancel sebaiknya lakukan pembatalan via website sebelum tanggal yg ditentukan. Gampang kok, tinggal login --> manage booking --> cancel. Selesai.

      Yg aku heran, kok bisa booking tanpa mencantumkan kartu kredit? Apa bookingnya sudah guaranteed/digaransi? Dapat email konfirmasi nggak?

      Delete
  10. Iya itu yg aku bingung perasaan ga nulis No kartu kredit, apa ini krn penginapannya jenis ryokan gitu ya yg cuma nerima cash , iya dapat konfirmasi sih

    ReplyDelete
  11. Aku sih emang maunya jd nginep disitu cuman takutnya buat jaga2 kl misal pas di jalan ternyata msh di daerah lain n nyampe situnya ga pas tgl itu

    ReplyDelete
  12. Bisa engga ya liat data kita lg misal No kartu kreditnya setelah booking ini td coba masuk lg tp ga ada cuman ada namaku aja mau memastikan aku nulis No cc atau engga ya

    ReplyDelete
  13. Bisa engga ya liat data kita lg misal No kartu kreditnya setelah booking ini td coba masuk lg tp ga ada cuman ada namaku aja mau memastikan aku nulis No cc atau engga ya

    ReplyDelete
  14. boleh juga nih jadi referensi, cukup lengkap mbak hehe

    ReplyDelete
  15. Help me please....
    Sy baru pesan hotel via agoda,sy kebetulan order family room d bkk..sy 5 org,4 dewasa dan 1 anak sy 3 thn...tapi yg order hanya 4 dewasa di keterangan ordernya..apakah tdk masalah?
    Note : anak sy tertulis free di keterangan hotelny...
    Thx guys

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya nggak masalah. Biasanya anak-anak di bawah 12 tahun gratis tanpa extra bed.

      Delete
  16. nice post gan, kalo beli di Tiket.com lewat Shopback aja, entar bisa cashback sampe 6% gan. Daftar aja udah dapet 20rb. Ini linknya Tiket.com Cashback 6%

    ReplyDelete
  17. kalo cashback booking.com bisa sampai 100rb jika lewat Shopback booking.com Rp 100.000

    ReplyDelete
  18. Tulung mba,bagi info buat backpacker pemula ni bawa 2 bocah dibawah 6 n 10th n suami,paling hemat pesen kamar yg seperti apa? Secara anaknya ga mau pisah tidurnya, thx banget kalo mai kasih pencerahan ^^

    ReplyDelete
  19. kak aku masih bingung cara gunain agoda . nah kan misalnya harga hotelnya permalam 1jt yang di atasnya yang di coret sekitar 1,8 jt. nah cuma itu yang harus di bayar pas booking (1jt)atau pas di sana di suruh bayar tambahan sisanya ??? maaf nanya masih newby soalnya :'

    ReplyDelete
  20. Buat yang suka dadak2an kayak aku gini, demennya pake HQ kak. Apalagi gretongan kan, FREE FOR YOU :)

    ReplyDelete