Terbang Gratis dengan Garuda Miles

21:52 Traveling Precils 50 Comments

Duo Precils di Garuda Indonesia DPS - PER
Siapa sih yang nggak mau terbang gratis? Naik pesawat full service lagi, bukan pesawat LCC. Kalau The Emak sih mau melakukan segala cara (yang halal lah) biar bisa dapat gratisan tiket pesawat. Salah satu caranya adalah dengan mengumpulkan poin frequent flyer alias miles.

Jujur saja, kami nggak sering terbang dengan Garuda, meski menurut kami Garuda memang pilihan paling oke. Biasanya sih, The Emak yang ngirit ini selalu memilih tiket pesawat yang paling murah saat itu, dan biasanya bukan Garuda kalau nggak sedang promo. Tapi, di beberapa kesempatan kami memang memilih terbang bersama Garuda, bukan karena harga tiketnya, tapi karena layanannya. Misalnya ketika saya sendirian membawa duo precils terbang dari Surabaya ke Perth. Males naik pesawat budget kalau nggak ada bala bantuan. Juga ketika kami pulang kampung berempat dari Melbourne ke Surabaya, dengan bawaan segambreng. Kami perlu tiket yang sudah termasuk bagasi, dengan 4 tiket Garuda kami bisa dapat bagasi gratis 120kg. Namanya juga pindahan...

Nah, saat tahu kalau mau beli tiket mahal, saya mendaftarkan diri dan juga Si Ayah jadi anggota Garuda Miles (dulunya GFF) melalui website-nya. Gampang dan gratis. Daftarnya sebelum beli tiket atau setidaknya sebelum terbang ya, biar poinnya bisa masuk. Untuk penerbangan dari Denpasar ke Perth, saya dapat 1600 poin, sementara penerbangan dari Melbourne ke Denpasar saya bisa dapat 2044 poin. Perolehan poin ini bisa dicek di website Garuda Miles.

Moral of the story: daftarlah frequent flyer maskapai tertentu sebelum membeli tiket mahal.

Ini berlaku untuk semua maskapai, bukan cuma Garuda saja. Lumayan kok, poinnya nanti bisa ditukar jadi tiket pesawat gratis. Masa berlaku miles sampai 3 tahun. Saya pernah menukar tiket pesawat Jetstar dari poin Skywards Emirates dan menukar tiket Singapore Airlines kelas bisnis dari poin Krisflyer. Padahal saya nggak sering terbang dengan dua maskapai tersebut.

Trus darimana dapat poin kalau tidak sering terbang? Nah, untuk urusan poin/diskon/kupon ini, tanyakan langsung pada ahlinya :D Poin Garuda Miles tidak hanya didapat pas terbang aja, tapi bisa dikumpulin dengan cara lain, yaitu:

1. Menukar poin dari kartu kredit
Biasanya tiap bank punya kurs tertentu untuk menukar poin transaksi kartu kredit menjadi miles. Yang paling cepat mengumpulkan Garuda Miles tentu dengan kartu kredit rekanan Garuda, yaitu BNI Garuda dan Citibank Garuda. Tapi selain dari bank tersebut juga bisa kok.

2. Menukar poin dari kartu debit (tabungan)
Nggak punya kartu kredit? Kita masih bisa mengumpulkan Garuda Miles dari poin tabungan. Tapi tidak semua tabungan punya program pengumpulan poin seperti ini. Setahu saya hanya Bank Commonwealth (TBH) dan Bank Mandiri (fiestapoin) yang bisa ditukarkan dengan miles.

3. Menulis review di Tripadvisor
Buat kamu yang suka menulis review, rajin-rajinlah menulis di tripadvisor tentang hotel, restoran atau tempat wisata yang pernah kamu kunjungi. Lumayan lho bisa dapat antara 25-150 poin per ulasan yang cuma 200 kata minimal.

4. Menukar poin Telkomsel 
Setiap 770 poin bisa ditukar dengan 500 miles. Tapi entah mengapa saya tidak pernah mencapai poin segitu :D

5. Belanja, Sewa Mobil, Menginap di Hotel Tertentu
Belanja ketika naik pesawat Garuda juga bisa dapat poin. Atau kalau kita sewa mobil dengan rekanan Garuda (Avis) dan menginap di hotel rekanan (Swiss Belhotel dan Hilton) bisa juga dapat poin.

Kalau poinnya sudah banyak, tunggu dulu sampai ada program diskon award ticket Garuda Miles. Hehehe, emak-emak banget. Soalnya tarif penukaran tiket Garuda cukup mahal, dibanding Singapore Airlines misalnya. Contohnya, dari Surabaya ke Singapore dengan SIA cuma perlu menukar 7500 poin, sementara dengan Garuda harus menukar 12.500 poin. Padahal kurs tukar dari kartu kredit sama. Makanya sabarlah menunggu sampai ada diskon, kalau bisa sampai 50%.

Saya menukar poin Garuda Miles pas ada promo Hari Kebangkitan Nasional tanggal 29 Mei lalu. Lumayan, ada diskon 50%. Jadi untuk penerbangan dari Surabaya ke Denpasar yang tadinya perlu 4000 poin, cukup ditukar dengan 2000 poin saja. Empat ribu poin sudah dapat tiket pp SUB-DPS!

Sebenarnya saya mengincar rute yang lebih jauh, tapi poin saya nggak bakalan cukup untuk sekeluarga. Poin Garuda Miles bisa digunakan untuk membeli tiket orang lain (transfer award ticket), tapi harus bayar dan diambil ke kantor penjualan Garuda di kota masing-masing, tanpa diskon. Waktu itu saya menelepon Call Centre Garuda (021 2351 9999) dan memesan tiket untuk saya dan anak-anak pakai poin saya, sekaligus memesankan tiket Si Ayah dengan poin dia sendiri. Btw, tiket gratis ini nggak bener-bener gratis sih, karena kita masih harus bayar pajak. Saya bayar pajak Rp 260.000 untuk tiket pp SUB-DPS. Pembayaran pajak untuk penukaran pribadi bisa dengan kartu kredit melalui call centre (mesin IVR), nanti tiketnya akan dikirim via email. Tapi, pembayaran pajak tiket untuk orang lain (kasus saya, untuk anak-anak) harus melalui kantor penjualan Garuda. Hadeh! Kurang praktis sih, tapi demi gratisan saya rela berangkat juga.

Pelayanan call centre Garuda cukup baik dan efisien. Biar nggak salah ketika menyebutkan nama penumpang, coba hafalkan atau contek ejaan alfabet berikut ini:

A = Alfa
B = Bravo
C = Charlie
D = Delta
E = Echo
F = Foxtrot
G = Golf
H = Hotel
I = India
J = Juliet
K= Kilo
L = Lima
M = Mike
N = November
O = Oscar
P = Papa
Q = Quebec
R = Romeo
S = Sierra
T = Tango
U = Uniform

V = Victor
W = Whiskey
X = X Ray
Y = Yankee
Z = Zulu

Sebenarnya kalau nggak hafal ejaan resmi tersebut, bisa aja dieja suka-suka kita, misalnya M = mangga, N = nangka, asal sama-sama ngerti aja :D

Dibanding pelayanan via telepon, pelayanan di kantor penjualan Garuda (dari pengalaman saya sih) lebih jelek. Ketika saya datang, terlihat tiga petugas, dengan satu petugas sedang melayani pelanggan. Saya disuruh menunggu oleh satpam. Dua petugas lain tidak sedang melayani siapa-siapa, entahlah kalau mereka khusus melayani member Gold atau Platinum :)) Lalu setelah orang sebelum saya selesai, tidak ada yang menyilakan saya untuk maju, sampai saya plerak-plerok meminta penjelasan. Baru 15 menit kemudian saya diberi tahu masih harus menunggu karena jaringan masih trouble. Syalala! Ketika jaringan sudah oke, petugas yang melayani saya, meski ramah, tampak kesulitan memasukkan password entah apa, dan malah bertengkar sendiri dengan temannya. Iki piye toh? Tiket beres juga sih akhirnya, tapi saya rasa perusahaan sebesar Garuda perlu meningkatkan layanan. Problem jaringan ini lagu lama dan sering sekali terjadi di perusahaan negara seperti bank Mandiri dan BRI. Padahal menterinya sudah ganti.

Meski lebih ribet daripada menukarkan tiket Singapore Airline yang semuanya bisa dilakukan via daring (online), akhirnya saya mendapatkan empat tiket pp untuk main ke Ubud pas Ubud Writer's & Reader's Festival (UWRF) bulan Oktober nanti. Alhamdulillah. Nanti nginepnya bisa gratisan juga pakai poin airbnb.

Puas? Untuk saat ini iya. Tapi saya masih penasaran pengen terbang first class dengan Garuda Indonesia. Yuk mulai ngumpulin Garuda Miles lagi! :p


~ The Emak


Baca juga:
Pengalaman Pertama Terbang dengan Kelas Bisnis Singapore Airlines

Tiket Jetstar Gratis Dari Poin Emirates 

Pengalaman Membawa Bayi Naik Pesawat

You Might Also Like

50 comments:

  1. Mbak ..mau nambahin aja, salah satu yang paling cepat untuk nambahin poin Garuda Miles yaitu dengan kartu kredit Citibank Garuda *inibukaniklan* tapi lumayan kalau semua pengeluaran bulanan yg wajib (listrik,groceries, dsb) masuk One bill ke kartu itu perbulan bisa dapet sekitar 500 - 1000 Garuda Miles (tergantung total tagihan) dan itu udah otomatis ngga perlu repot proses menukar lagi, plus gratis 2 orang msk airport loungenya Citibank.

    Just posted Hanami di Ueno Park, Jajan Seafood di Tsukiji Market | The Traveling Cows

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks infonya. Punyaku Citibank biasa sih, biar bisa ditukar miles yg lain juga selain Garuda.

      Delete
  2. Kalo aku pake cc BNI Garuda, cepet juga tuh De point nya. Lagi males nulis review tripadvisor nih(:

    Btw dari Jakarta 14 rb point donk ke Denpasar *kemudian mewek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang kartu kredit rekanan bisa cepet banget ya.
      Kalau dari Jakarta, enaknya bisa ke Belitong 4000 poin kan?

      Delete
  3. Wah yang first class banyak banget point yang diperluin :O sampe puluhan ribu gitu~ kapan dapetnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bertahun-tahun ngumpulinnya :D

      Delete
  4. Tq sharingnya Mak....
    Jadi pengen kumpulin poin jugaaa....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Nggak ada ruginya kok. Cuma harus dituker sebelum masa berlaku habis: 3 tahun.

      Delete
  5. Duch aku jarang banget naik garuda, harus di tingkatkan nich haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga jarang Kak Cumi, makanya ngumpulin poinnya banyakan dari poin kartu kredit.

      Delete
  6. Ih akuuu sebeelll, harusnya dulu ga main tuker tiket Surabaya - Jakarta yah :((
    sekarang sering banget redeem 50persen kaaakk *sedihh, senderan di bahu kak Ade*

    ReplyDelete
    Replies
    1. *puk puk* Lha aku tahu ada diskon dari kamu juga. Tapi pas Hari Kartini itu kan cuma buat cewek doang ya, makanya aku gak redeem. Pas tahu ada diskon 50% lagi untuk semua, langsung sikat! Etapi anak2ku masih bayar poin penuh.

      Delete
  7. sama saya juga udah redeem mak buat sby-dps pp. sebenarnya tidak murni gratis alias harga tiketnya sebesar 260 rb. Lumayan tetap disyukuri....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sudah termasuk airport tax kan? Lumayan banget. Tetap lebih murah daripada beli tiket pesawat budget.

      Delete
    2. sudah mak. apalagi poin garudamiles yang ditukar hasil perjalanan dinas kantor semua...:)

      Delete
  8. Mbak Ade, kalo mau nuker miles dgn voucher apa jg lewat call centre? Miles sy juli ini expired :( makasih infonya mbak..

    ReplyDelete
  9. makasih infonya...
    infonya sangat menarik dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  10. yes its very good and nice article . thanks for sharing , i had learned a lot from yout website , thanks admin .Do you need any taxi in doha , Qatar ?? We are the best taxi providing company in qatar in cheap rate . Just visit our website and make a call , we will pick up from their . thanks .
    taxi in doha
    taxi in doha qatar

    ReplyDelete
  11. Emak, gimana sih caranya menulis review di tripadvisor bisa dpt poin? Taunya klo dpt poin drmana ya Mak?? Tq

    ReplyDelete
  12. Emak, gimana sih caranya menulis review di tripadvisor bisa dpt poin? Taunya klo dpt poin drmana ya Mak?? Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mbak, sori jump in. aku beberapa kali review di tripadvisor. bisa di sini https://www.tripadvisor.co.id/GarudaMiles

      Delete
    2. makasih bantu jawab Noni :)

      Delete
  13. Emak, gimana sih caranya menulis review di tripadvisor bisa dpt poin? Taunya klo dpt poin drmana ya Mak?? Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://www.tripadvisor.co.id/GarudaMiles

      Delete
  14. Iya, asik emang pake Garuda Miles ...
    Mantap (y)

    ReplyDelete
  15. Terima kasih infonya, bermanfaat bagi yg baru pakai GFF spt saya ini. Salam dari bogor

    Www.heldi.net

    ReplyDelete
  16. Perlu diketahui, tidak ada yg free untuk penukaran tiket dengan program GarudaMiles. Setiap kali anggota ingin menukarkan poin/miles nya utk tiket domestik akan kena biaya Rp. 100,000 dan USD 20 (atau sekitar Rp. 270,000) untuk tiket internasional. Tidak ada kecuali! GarudaMiles adalah satu satunya program frequent flyer membership didunia yang mengenakan biaya kepada anggotanya untuk menukarkan miles nya dengan tiket pesawat. Konyol banget masa anggota yang sudah loyal bertransaksi dengan Garuda dan mengumpulkan miles bukannya diberi reward, ini malah dikenakan biaya pula!

    ReplyDelete
  17. Harus saya koreksi judul artikel diatas.....tidak ada terbang gratis dengan GarudaMiles. Untuk setiap penukaran miles dengan tiket penerbangan domestik Garuda akan mengenakan biaya servis sebesar Rp.100,000 per tiket DIATAS jumlah miles yang dibutuhkan. Untuk penerbangan internasional dikenakan biaya USD 20 atau kira-kira Rp. 270,000. Selain itu khusus untuk penerbangan internasional calon penumpang dikenakan lagi fuel surcharge dan pajak yang nilainya tidak sedikit. GarudaMiles adalah satu satunya program frequent flyer di dunia yang mengenakan biaya bagi para anggotanya yang akan menukarkan miles miliknya. Konyol......anggota yang sudah dengan loyal memberikan bisnis kepada garuda malah seakan-akan diperas lagi saat akan menukarkan miles yang didapat dengan susah payah

    ReplyDelete
  18. Iya bener mas roni nyesel juga punya poin garuda miles masih harus bayar mahal,tukarpun gak bisa online kalah jauh ama SQ

    ReplyDelete
  19. Bener mas roni garudamiles banyak biaya lain2 nya,tukar poinpun susah gak bisa online kalah jauh ama SQ

    ReplyDelete
    Replies
    1. SQ memang lebih murah dan mudah untuk tukar poin, tapi kalau untuk pajak ya sama-sama harus nambah bayar pajak.

      Delete
  20. Anonymous5.1.16

    THANKS Mbak..
    Artikelnya sangat membantu..
    Tuhan berkati. :D

    ReplyDelete
  21. aku naik garuda tapi ga dapet poin -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tiket promo ada yang nggak dapat poin. ada juga yang hanya dapat frekuensi untuk menaikkan status keanggotaan.

      Delete
  22. Mbak, cara tau butuh brp poin utk terbang gratis itu gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek di website Garudamiles.com >>> Kalkulator Poin.

      Delete
  23. Wah enak punya poin reward bisa ditukar wah asik.info menarik ini.thanks fot share

    ReplyDelete
  24. Mba kalau untuk trip advisor gimana cara nukar nya ya? Aku kemarin buka trip advisor bingung hehehe maklum newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daftarkan dulu nomor Garuda Miles-mu di sini: https://www.tripadvisor.co.id/GarudaMiles
      Nanti otomatis poinnya masuk kalau kamu udah review. Info poin yang masuk bakal di-email-kan, atau bisa dicek di akun GarudaMiles.com.

      Delete
  25. Anonymous14.9.16

    Promo discount award ticket garuda miles nya kita nanti tahu nya darimana Mbak? Pls advise...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dilihat di website garuda indonesia atau garudamiles. Ikuti juga FB dan twitter garuda biar selalu update.

      Delete
  26. cara nukerin poin tripadvisor jadi miles gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akun tripadvisor-nya disambungkan (link) dengan nomor anggota garuda miles. Nanti otomatis dapat poin setiap ada review, kelihatan di akun Garuda Miles.

      https://www.tripadvisor.co.id/GarudaMiles

      Delete
  27. Anonymous26.9.16

    Mantab mbak tulisannnya! Saya mau tanya nih mbak, kan yang punya GarudaMiles-nya saya, trus saya beli tiket utk sekeluarga (5 org), return tiket, saya dapet miles dan tires-ny dari tiket saya atau dapet dari smua tiket ya? Makasih sebelumnya mbak. Sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Miles dan tiers khusus untuk pemegang kartu garudamiles sesuai nama yang ada di tiket saja. Saran saya, daftarkan keluarga jadi member garuda miles juga. Gratis dan gampang kok, bisa via online.

      Delete
  28. gak ngerti ane. apaan y garuda mile
    coba d jelaskan detail

    ReplyDelete