Berburu Tiket Pesawat Murah ke New Zealand

Bandara Queenstown, South Island, New Zealand
Apa saja maskapai yang melayani penerbangan ke New Zealand?

Dari Australia
Tiga maskapai besar di Australia: Qantas, Jetstar, dan Virgin Australia melayani penerbangan dari kota-kota di Australia ke beberapa kota di New Zealand: Auckland, Rotorua, Wellington, (Pulau Utara) dan Christchurch, Dunedin, Queenstown (Pulau Selatan).

Dari kota-kota di Australia bagian timur, hanya perlu waktu 3 jam di angkasa untuk mencapai New Zealand. Waktu penerbangan yang hanya 3 jam ini membuat New Zealand tujuan wisata populer untuk warga Australia. Harga tiket pesawat bervariasi tergantung low/high season. Biasanya ada promosi atau SALE besar-besaran untuk tiket di luar liburan sekolah. Contoh harga normal tiket pesawat Jetstar untuk penerbangan Sydney - Christchurch adalah AUD 149, belum termasuk bagasi dan makan. Harga normal Jetstar biasanya lebih murah daripada harga normal Virgin Australia, apalagi Qantas. Tapi kalau harga SALE atau promosi, semua maskapai bersaing menurunkan harga. Kami mendapatkan tiket Jetstar seharga AUD 99 sekali jalan dari Melbourne ke Queenstown untuk dewasa, dan hanya separuhnya untuk anak-anak.

Selain tiga maskapai Australia tersebut, ada juga maskapai asing yang melayani penerbangan dari Australia ke New Zealand, yaitu Emirates dan Air New Zealand.

Emirates, maskapai milik Uni Emirat Arab ini melayani penerbangan dari Sydney ke Christchurch dan dari Sydney/Brisbane/Melbourne ke Auckland. Harga tiket Emirates ini lumayan bersaing, hampir sama dengan tiket Air New Zealand untuk rute yang sama. Karena ini maskapai reguler, tiket sudah termasuk bagasi (30 kg), makan minum dan hiburan. 

Dalam perjalanan pulang dari liburan ke New Zealand, kami naik Emirates dari Christchurch ke Sydney. Big A tidak sabar naik pesawat ini karena penasaran ingin melihat film/main game di pesawat. Anak-anak juga diberi mainan (boneka dan buku mewarnai). Makanan dan minuman yang terus mengalir sepanjang 3 jam penerbangan cukup memuaskan, membuat kami lupa dengan rasa sakit di telinga akibat perbedaan tekanan. Tiket Christchurch - Sydney ini saya dapatkan dari SALE langsung di website mereka, sebesar NZD 157,5 per orang sekali jalan.

Untuk membandingkan harga tiket pesawat dari Australia ke New Zealand ini bisa melalui website Webjet. Namun jangan membeli dari sana, karena ada biaya booking sebesar AUD 22,95. Lebih baik membeli langsung dari website resmi masing-masing maskapai setelah tahu harga terbaik :)

Air New Zealand adalah maskapai resmi milik pemerintah Selandia Baru. Maskapai ini melayani penerbangan antar kota (baik besar maupun kecil) di New Zealand dan juga ke beberapa kota besar Australia. Meskipun bukan budget airline, sistem harga tiket di Air New Zealand ini mengikuti sistem tiket penerbangan murah, ada tiket khusus tempat duduk saja, ada tempat duduk dan bagasi dan ada tiket untuk pelayanan komplit: tempat duduk, bagasi, makan minum dan hiburan. Sistem tiket ini kadang membingungkan ketika kita ingin memesan tiket pesawat ini melalui website booking semacam Zuji atau Expedia, tidak ada penawaran untuk membeli bagasi ekstra dari website ini.

Untuk mendapatkan DEAL atau penawaran tiket murah dari maskapai ini, coba kunjungi website Grab A Seat, yang merupakan website DEAL resmi mereka. Selain penawaran tiket pesawat murah, website ini juga menawarkan penginapan murah dan sewa mobil murah. Khusus untuk DEAL junkie seperti saya, langganan saja newsletter mereka, nanti akan dikirimi penawaran menarik melaui akun email setiap hari ;)

Dari Indonesia
Dua kota yang menjadi gateway penerbangan internasional di Selandia Baru adalah Auckland di Pulau Utara dan Christchurch di Pulau Selatan. Sayang sekali, tidak ada penerbangan langsung dari Indonesia ke New Zealand. Bisa saja kita naik pesawat tujuan Australia dan transit di salah satu kotanya. Untuk transit di Australia, asal kurang dari 8 jam, tidak diperlukan visa transit. Transit antara 8 - 72 jam diperlukan visa transit (gratis), lebih lanjut bisa dibaca di sini.

Yang tidak mau repot dengan urusan visa transit, sila naik dari Singapore atau Kuala Lumpur. Singapore Air melayani penerbangan dari Singapore ke Auckland dan Christchurch. Malaysia Airline melayani penerbangan dari KL ke Auckland. Jetstar
melayani penerbangan dari Singapore ke Auckland. Sementara maskapai murah Air Asia baru saja membuka rute penerbangan dari KL menuju Christchurch.

Harga normal tiket Singapore Air untuk penerbangan Jakarta - Christchurch pp sekitar Rp 13,5 jt. Sementara harga normal tiket Malaysia Airline untuk penerbangan Jakarta - Auckland pp sekitar Rp 12 - 14 juta-an. Harga tersebut termasuk pajak, bagasi, makan-minum dan hiburan. Tiket low season Jetstar dengan bagasi 20kg untuk Jakarta - Auckland via Singapore pp sekitar US$755.

Air Asia melayani penerbangan dari KL ke Christchurch setiap hari Senin dan Rabu, dan dari Christchurch ke KL setiap Senin dan Sabtu. Harga normal tiket Air Asia bervariasi sesuai low/high season. Biasanya tiket yang dibeli jauh-jauh hari, harganya akan lebih murah daripada tiket yang dibeli menjelang tanggal keberangkatan. Harga tiket normal untuk berangkat sebulan kedepan mencapai Rp 12 juta pp. Sementara tiket normal untuk bulan-bulan berikutnya bervariasi antara Rp 5,6 - 10 juta-an pp, belum termasuk bagasi dan makan. Cara terbaik untuk mendapatkan tiket murah Air Asia tentu saja dengan berlangganan newsletter-nya dan siap-siap berebut membeli tiket termurah ketika ada SALE. Kalau memang sudah merencanakan berlibur ke New Zealand, siap-siap aja untuk berburu tiket murah setahun sebelumnya.

UPDATE 16 Maret 2012: Air Asia akan menutup jalur KL - Christchurch pada akhir Mei 2012

~ The Emak

Catatan: 
Kurs dolar bulan Desember 2011
NZD 1 = AUD 0.76
NZD 1 = IDR 7200
AUD 1 = NZD 1.30
AUD 1 = IDR 9150


Comments

  1. Anonymous26.6.12

    Halo Mbak,
    Salam kenal Mbak.Saya senang sekali baca blognya Mbak, jadi pengen ke NZ... Mbak, kalo transit di OZ dgn visa gratis (kurang dari 72 jam) itu kita nginapnya gmn? Boleh keluar airport ga? Oya, dari airport ada tour gratis gak ya? Makasih banyak utk jawabannya.
    Joyce

    ReplyDelete
  2. @Joyce saya belum pernah transit, jd kurang bisa menjawab dg tepat. sepertinya tergantung airline dan jadwalnya. sebaiknya memang ditanyakan langsung ke agen tiket atau airline-nya.
    atau bisa dicek di website Sydney Airport ttg traveller in transit.

    http://www.sydneyairport.com.au/prepare/quick-links/travellers-in-transit.aspx

    ReplyDelete
  3. kayaknya utk jetstar gak ada yg jakarta langsung ke NZ, semua via australia. coba cek websitenya.

    urus visanya di kantor imigrasi new zealand di singapore.
    ttg aplikasi visa NZ pernah kutulis di sini:
    http://www.thetravelingprecils.com/2011/11/aplikasi-visa-turis-new-zealand.html

    ReplyDelete
  4. Anonymous20.1.13

    hai sis...

    kami bulan 8 tahun 2013 ini sudah book flight qantas dari spore
    berikut itineary : sgpore - wellington ( transit di sidney 3 jam )
    wellington 1 hari
    wellington - queenstown ( jetstar )
    queenstown 3 hari
    queenstown - auckland ( jetstar )
    auckland 2 hari
    lanjut ke Ausssie aucland - brisbane ( qantas )
    brisbane - melbourne ( road trip 2 weeks )
    melbourne - spore ( qantas )

    mau nanya kalo transit 3 jam-an di sidney apa perlu visa transit
    info dari sis, kalo flight dari spore ngga perlu visa transit ?
    thx ya

    ev

    ReplyDelete
  5. hai EV
    yg gak perlu visa transit kalau penerbangan langsung ke NZ.
    kalian kan liburannya ke Aussie juga, pastinya punya visa turis Aussie kan? Nggak masalah kalau gitu :)

    ReplyDelete
  6. @Nieta
    kalau menginap di rumah teman, sertakan surat pernyataan kalau teman tersebut menanggung akomodasi (sertakan alamat lengkap), dilengkapi fotokopi paspor dan visanya.

    ReplyDelete
  7. @Nieta
    kalo takut visa ditolak, booking tiket di travel agent dan jgn di-issue dulu, atau beli tiket yg nantinya bisa di-refund atau diubah jadwal dan namanya.

    kalau belum yakin lagi, minta tolong aja diuruskan ke travel agent.
    tidak ada yg bisa menjamin visa diterima atau tidak, tapi sebenarnya kalau syarat2 utk visa sdh lengkap: punya kerjaan jelas di tanah air, ada uang jaminan, dll, kemungkinan besar aplikasi visa diterima.

    ReplyDelete
  8. Anonymous13.2.13

    selamat siang mbak,

    saya ini pertama kali traveling/bacpacker ke luar negeri yaitu ke NZ, apa saran mbak untuk pertama kali. saya uda baca artikel2 yg mbak posting. dan saya juga tertarik utk sewa kendaraan. utk bulan des tahun ini apa aja yg harus di persiapkan?

    makasih
    sugi

    ReplyDelete
  9. dear Sugi,
    ini urutan yang saya lakukan sebelum berangkat --> membuat itinerary (daerah/tempat wisata yg pengen dituju) --> cek/booking tiket pesawat --> bikin visa --> cari/booking penginapan

    Ini aku punya rekomendasi blog untuk backpacker, dia cewek Indonesia yang backpaking sendirian ke NZ--> nonaransel.com

    ReplyDelete
  10. Anonymous25.4.13

    Siang Mbak
    Penerbangan Sing-Auckland ada juga by China Southern Airlines...
    Ada pengalaman terbang dengan China Southern Airlines ga ya mbak ?
    Bagi infonya ya ...

    Thanks alot

    ReplyDelete
  11. Aku belum pernah pakai China Southern Airlines. Itu transitnya di mana?

    ReplyDelete
  12. Anonymous26.4.13

    Transit di Guangzhou ...

    ReplyDelete
  13. Anonymous10.5.13

    gue juga nih rencana akhir bulan pake china southern airlines ke welly. ada info?

    ReplyDelete
  14. Blm pernah naik China Southern Airlines. Total terbangnya lebih lama ya kalo transit-nya di Guangzhou.

    ReplyDelete
  15. Anonymous30.5.13

    klo total terbang sih sama mba, almost 28/29 hrs, kayak sq dari cgk-sin-chr-wlg, sekedar info buat yang mau pake china southern airlines, saya sampe telp ke guangzhou, cuma mastiin selama transit 9 jam apa yang bisa di lakuin, they said "you can rest at our restroom ?" lol, they mean at lounge, bahasa ing nya parah, tapi kalo di jelasin pelan2 bisa, dan disana akses internet susah, akhirnya karena di majuin berangkatnya jadi tanggal 15 kemarin, saya nekat go show, cgk - dps , dps - bns pake virgin, bns - wlg pake virgin.. skrg masih di welly deh :)

    ReplyDelete
  16. Dear Precils the family travelers...

    Artikel yg sangat informatif. Tahap awal yg harus dipelajari sebelum mencapai Rotorua.
    :2thumbup

    "Leave nothing but footprints. Take nothing but pictures. Kill nothing but time"

    http://makanangin-travel.blogspot.com/

    ReplyDelete
  17. @Tukang Makan Angin
    Makasih sudah singgah di blog. Salam.

    ReplyDelete
  18. Mau tanya kira2 estimasi biaya hidup perhari perorang termasuk biaya jalan2 berapa ya di NZ?

    ReplyDelete
  19. halo mba saya mau tanya jika saya mau ke new york tetapi dari malaysia itu bisa gk? jadi rutenya jakarta - kuala lumpur ( air asia ) kuala lumpur - new york ( qatar ). pulang nya kuala lumpur - jakarta ( air asia )

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow Our Instagram @travelingprecils

Popular Posts

Mengurus Visa Schengen Untuk Keluarga

5 Kafe & Bakery Halal di Area Bugis Singapura

Pengalaman Memakai Grab Car di Bali

Cruise 101: Pengalaman Pertama Naik Royal Caribbean

Makan Hemat di Kantin Karyawan Changi Airport