Tips Merencanakan Perjalanan Ke New Zealand

13:56 Traveling Precils 20 Comments

The Precils dan Emak di bandara Queenstown
Di New Zealand, tidak hanya objek wisatanya yang menawan hati, perjalanan menuju objek wisata tersebut selalu membuat kita menahan napas. Alam negara ini diberkati dengan pemandangan yang begitu indah, selalu ada kejutan di setiap tikungan jalan :)

Untuk penggemar trilogi film "The Lord of The Rings" mungkin sudah bisa membayangkan pemandangan alam di Selandia Baru: gunung menjulang dengan puncak bersalju (bahkan di musim panas), lembah cantik di antara pegunungan, sungai berair jernih dan biru, danau luas yang tenang dan biru turquoise dan fiord nan agung. Belum lagi bonus bunga-bunga liar yang tumbuh di sepanjang jalan.

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk jalan-jalan ke New Zealand (Selandia Baru) ini? Untuk membuat rencana perjalanan sekaligus menentukan budget (anggaran), ada beberapa poin yang perlu diperhatikan.

Peta New Zealand. Bulatan hijau adalah tempat yang kami singgahi.
Pulau Utara atau Selatan?
Rencanakan dulu mau berapa hari liburan ke New Zealand dan kapan. Musim panas (Desember - Februari) adalah waktu yang paling populer untuk mengunjungi New Zealand. Suhu pada musim panas sekitar 8 - 21 derajat celcius dengan siang hari yang panjang. Matahari baru terbenam pukul 21.00 sehingga kita punya banyak waktu bermain-main :)

Luangkan waktu minimal seminggu untuk mengunjungi New Zealand, agar tidak rugi membuat visa dan perjalanan dengan pesawatnya :p Kalau cuma punya waktu satu minggu, kita harus memilih antara mengunjungi North Island (Pulau Utara) atau South Island (Pulau Selatan). Kalau ingin berkeliling di dua pulau, sediakan waktu minimal dua minggu.

Di Pulau Utara, kita bisa mengunjungi Auckland (kota terbesar), Rotorua (aktivitas geotermal), Lake Taupo (danau) dan Wellington (ibu kota). Di Pulau Selatan, objek wisata yang populer adalah Nelson (pantai), Kaikoura (whale-watching), Christchurch (garden city), Lake Tekapo dan Wanaka (danau), Queenstown (danau dan aktivitas menantang seperti bungee jumping) dan Milford Sound (berlayar menyusuri fiord).

Rumor mengatakan bahwa Pulau Selatan lebih indah daripada Pulau Utara. Milford Sound, salah satu tempat yang 'wajib dikunjungi sebelum kita mati', juga terletak di Pulau Selatan. Saya yang termakan isu itu, juga memilih berkeliling Pulau Selatan karena waktu dan dana yang terbatas. Itinerary perjalanan kami menjelajah Pulau Selatan saya tulis di sini.

The Precils dalam perjalanan Milford Sound - Te Anau

Sewa Mobil atau Caravan?
Pilihan terbaik untuk berkeliling New Zealand adalah dengan menyewa mobil dan menyetir sendiri. Sudah saya tulis di awal bahwa bukan hanya objek wisatanya yang menarik, melainkan perjalanan antar objek wisata itu sendiri yang tidak kalah menarik. Dengan menyetir mobil sendiri, kita juga bebas untuk berhenti di tengah jalan untuk sekedar mengagumi keindahan alam atau mengambil foto. Tips menyewa dan menyetir mobil di New Zealand bisa dibaca di sini.

Selain tur dengan mobil biasa, New Zealand juga populer dengan tur caravan/campervan/motorhome. Dengan Campervan ini, kita tidak perlu lagi mencari penginapan, tinggal memarkir Campervan di tempat-tempat yang diperbolehkan atau di Holiday Park. Itu adalah salah satu keuntungan ber-campervan, tidak perlu cek in dan cek out dari motel, sehingga tidak perlu packing dan unpacking setiap kali kita bermalam di tempat yang baru. Kerugiannya, campervan kurang gesit dikemudikan, apalagi di tengah kota. Campervan yang paling kecil sebesar van, kalau yang lebih besar sedikit bentuknya sudah seperti truk :p Alasan ini juga yang membuat kami memilih menyewa mobil biasa dan menginap di motel/apartemen. Untuk keluarga yang lebih adventurous, sila menyewa campervan dari Britz, Maui atau Jucy.

Si Ayah berhenti sebentar utk memotret di perjalanan Queenstown - Glenorchy
Berburu Tiket Pesawat
Dua kota yang menjadi gateway penerbangan internasional di New Zealand adalah Auckland di Pulau Utara dan Christchurch di Pulau Selatan. Sayang sekali, tidak ada penerbangan langsung dari Indonesia ke New Zealand. Kalau naik Garuda Indonesia, harus transit dulu di kota-kota di Australia, dilanjutkan dengan naik Air New Zealand, yang merupakan maskapai resmi negara ini. Untuk transit di Australia kurang dari 72 jam, diperlukan visa transit (gratis). Tentang visa transit Australia ini bisa dibaca di sini.

Kalau liburan ke New Zealand berbarengan dengan liburan ke Australia, mencari tiket pesawat lebih gampang. Semua maskapai penerbangan di Australia (kecuali Tiger Airways dan ReX) melayani rute penerbangan ke kota-kota di New Zealand.

Yang tidak mau repot dengan urusan visa transit, sila naik dari Singapore atau Kuala Lumpur. Singapore Air melayani penerbangan dari Singapore ke Auckland dan Christchurch. Malaysia Airline melayani penerbangan dari KL ke Auckland. Sementara maskapai murah Air Asia baru saja membuka rute penerbangan dari KL menuju Christchurch.

Cerita dan tips mencari pesawat ke New Zealand saya tulis di sini.

Memilih Penginapan
Ada berbagai macam pilihan penginapan di New Zealand, mulai dari hotel berbintang sampai spot tempat berkemah. Dalam delapan hari perjalanan menjelajah Pulau Selatan, kami sudah mencoba 3 macam penginapan: apartemen, motel dan kabin/lodge di holiday park. Masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya. Tips memilih penginapan di New Zealand bisa dibaca di sini. Untuk mengintip kisaran harga penginapan, saya biasa menggunakan website Wotif.

Kalau rencana perjalanan sudah ditulis dengan rapi, uang tabungan untuk liburan sudah terkumpul, dan tanggal liburan sudah dekat, mulailah mengurus visa. Cara mengajukan visa New Zealand pernah saya tulis di sini.

Selamat merancang liburan!

~ The Emak

 

You Might Also Like

20 comments:

  1. Anonymous12.12.12

    Assalamu'alaikum.

    Mo numpang tanya: kami sekeluarga (Ayah, Ibu dan 3 anak (5,8, 10 tahun) berencana berlibur ke Australia & NZ. Tiket yg sdh ditangan adalah Jkt - Sydney, 13 hari perjalanan, di bulan Mei 2013.
    Ada saran apakah sebaiknya kami membagi jadual 5 hari di Sydney dan sekitarnya dan 6 hari di South Island NZ adalah pilihan terbaik? atau sebaiknya menghabiskan liburan di Australia saja.
    Pertimbangannya adalah tempat yg menarik dikunjungi untuk keluarga dan juga biaya. Ini adalah perjalanan pertama kami ke benua Australia.
    Kami biasa travelling tanpa menggunakan jasa biro perjalanan.

    Thanks ya..

    Salam,
    ihsan

    ReplyDelete
  2. @Ihsan
    yg pertama kali dipertimbangkan adalah ttg visa. kalau ingin ke dua negara hrs apply dua visa: australia dan new zealand. kalau itu tdk masalah, baru pertimbangkan minat wisata keluarga.

    kalau keluarga Ihsan suka dg pemandangan alam, NZ lebih bagus alamnya daripada Aussie. Tapi kalau lebih suka dg wisata kota, pantai, theme park, Aussie lebih bagus.

    ReplyDelete
  3. Anonymous30.1.13

    Bu, kira-kira kalo jalan2 ke NZ satu minggu paling engga butuh biaya berapa ya per orang? biaya keseluruhan termasuk tiket pesawat PP, akomodasi, visa, dan semuanya? terima kasih.... #ade nasibah lubis#

    ReplyDelete
  4. Anonymous30.1.13

    Oiya blog ini bagus bgt & sangat membantu juga menyemangati saya bisa jalan2 kesana... makasih banyak :) #ade nasibah lubis#

    ReplyDelete
  5. @ade nasibah
    terima kasih sudah membaca blog the precils.
    untuk budget sangat tergantung selera dan gaya perjalanan yang dipilih. ukuran biaya hidup standar (bukan backpacker) adalah $100/orang/hari. Kalau kami, keluarga dengan 2 dewasa dan 2 anak biasanya $250/hari. Ini belum termasuk tiket pp dari negara asal ke negara tujuan dan biaya visa.

    untuk budget visa dan pesawat, saya pernah tulis juga di blog ini. sila cek ya :)

    ReplyDelete
  6. Anonymous8.3.13

    hai hai mba ade.. salam kenal ya saya dengan ismi, blognya bagus banget dan sangat informatif, bikin kami jadi semakin ingin ke NZ. Saya mau tanya mba ade, apakah transportasi dengan sewa mobil hanya satu2nya disana atau kita bisa berpergian dari 1 tempat ke tempat lain di south island menggunakan bis atau kereta atau ikut tour lokal? karena ini pengalaman kami pertamakali ke NZ mba. Kalo boleh minta saran, selain ke south island, kami berencana berkunjung juga ke auckland (rencana 7-10 hari) baiknya bagaimana ya mba itinerary nya. Terimakasih banyak ya mba ade..

    ReplyDelete
  7. mau tnya berapa lama ya mengurus visa ke NZ?

    ReplyDelete
  8. @Agnisaa
    tergantung kantor imigrasinya dan aplikasinya di musim sibuk atau tidak. pengalaman kami mengurus di kantor imigrasi NZ di Sydney, sekitar 10 hari kerja. ada teman yang mengurus di kantor yang sama ditunggu dua jam udah jadi :)

    ya sisihkan waktu kurang lebih dua minggu. baca ini ya -->
    http://www.thetravelingprecils.com/2011/11/aplikasi-visa-turis-new-zealand.html

    ReplyDelete
  9. @Ismi
    makasih sudah mampir ke blog ini :)
    Sewa mobil/caravan bukan satu2nya jalan, tapi yg terbaik menurut kami karena bisa bebas menentukan itinerary dan bebas berhenti2 di tengah jalan utk foto2.

    Ada bis antar kota, kalo tdk ingin nyetir sendiri. coba cek www.nakedbus.com.

    Operator tur lokal (pulau selatan) bisa dicek di --> https://www.realjourneys.co.nz/

    Itinerary kami --> http://www.thetravelingprecils.com/2011/12/road-trip-menjelajah-pulau-selatan-new.html

    ReplyDelete
  10. Anonymous29.4.13

    mbak Ade

    punya tulisan ttg hotel2 kelas backpacker NZ berikut harganya ndak mau donk....rencananya sy mau ke auckland

    ReplyDelete
  11. aku belum pernah ke Auckland, North Island. coba intip blog http://nonaransel.com yg pernah backpacking ke NZ.

    ReplyDelete
  12. halo, aku rencana mau ke ausie dan new zealand akhir tahun ini.
    aku masih kurang jelas dengan blog ini,
    bisa tolong di perincikan dan diurutkan bagaiman proses persiapannya?
    dan bisa kirimkan langsung ke email aku mbak?
    makasih ya sebelumnya :)

    -rachma-
    lailiyah.rachma@gmail.com

    ReplyDelete
  13. @rachma
    halo, terima kasih ya udah berkunjung ke blog ini.
    tulisan ini memang cuma sharing untuk membantu keluarga yg ingin bepergian secara mandiri tanpa ikut tour atau pesan lewat travel agen.

    Kalau Rachma belum bisa membuat itinerary sendiri, sebaiknya ikut tur atau konsultasi ke travel agen saja.

    ReplyDelete
  14. Halo salam kenal mbak aku senang baca2 blog embak.
    aku rencana bulan depan mau ke ausse mengunjungi pacar saya tinggal di adeline.
    saya mendapatkan visa multipel dengan3 bulan stay .
    saya mau tinggal lama di ausee tapi harus keluar dulu setelah 3 bulan.dari pada kembali ke indonesia ongkosnya mahal .rencana saya mau u new zealand apakah bisa saya mengurus visa new zealand di ausse?apa saja document yang saya harus bawa dari indonesi?
    thanks mbak sebelumnya .GBU

    tutimagdalena@yahoo.com

    ReplyDelete
  15. @Tuti
    Salam kenal juga ya. Terima kasih sudah mampir ke blog ini.
    Ngurus visa NZ bisa kok dari Aussie. Malah mungkin lebih cepet antre-nya. Kami jg ngurusnya waktu di Sydney. Baca ini ya:
    http://www.thetravelingprecils.com/2011/11/aplikasi-visa-turis-new-zealand.html

    ReplyDelete
  16. Saya koq tertarik dengan penginapan kabin holiday park. Banyak tulisan tentang new zealand yang mengulas ka in tersebut. Keistimewaannya di bahas dong, mak??

    ReplyDelete
  17. Tips nya sangat menarik, membuat para pembaca ingin segera berkunjung kesana. Thanks atas informasinya.

    ReplyDelete
  18. Aku nyasar kemari kak, ternyata postingan tahun 2011. Masih relevan ga ya dg skrg. Ga beda2 jauhlah yah. Semangat bgt ke negara cantik ini. Malu cuman asean mulu hihihi

    ReplyDelete
  19. Hai Mba Ade... Nice blog, izin buat baca2 ya buat jadi bahan itinerary someday ke NZ :)

    ReplyDelete
  20. Terima kasih infonya.

    "Toko Online Grosir Busana Baju Muslim Maxi Gamis Dress Busui Pashmina Jilbab Murah"
    www.iyesh.com

    ReplyDelete