Tips Mengajukan Visa Turis Australia

12:46 Traveling Precils 91 Comments

Gambar dari http://www.embassyofindonesia.org

Mengurus visa turis ke Australia itu sebenarnya gampang, cuma kadang kita bingung mau mulai dari mana, iya nggak?

Ada dua cara yang bisa ditempuh untuk mengajukan visa turis Australia: (1) lewat Pusat Aplikasi Visa Australia (Australian Visa Application Centre/AVAC), (2) lewat agen perjalanan.

Dari website kedutaan Oz di Jakarta, kita disarankan mengajukan berkas visa ke AVAC. Kedutaan Oz telah menunjuk VFS Global sebagai pelaksana aplikasi visa ini. Saya kurang tahu apakah bisa mengurus sendiri di kantor kedutaan Australia di Jakarta atau tidak. Mungkin mereka males juga ya, jadi menunjuk perusahaan tersendiri untuk mengurusi visa-visa ini :)


Semua informasi yang kita butuhkan untuk mengajukan visa ada di website ini =>


Ini rangkuman dokumen-dokumen yang harus disiapkan untuk mengajukan visa turis Australia:

1. Biaya
Biaya resmi adalah Rp 970.000 per orang. Plus biaya administrasi AVAC Rp 160.000 per aplikasi. 

2. Mengisi formulir aplikasi (Form 48R or Form 48R-Indonesian). Bisa diunduh di sini. Satu keluarga (suami istri dan anak-anak) hanya perlu satu formulir.

3. Menyerahkan paspor yang masih berlaku, berikut paspor lama yang dimiliki.

4. Satu pasfoto terbaru

5. Satu fotokopi Kartu Keluarga dan KTP

6. Surat keterangan dari atasan (bagi karyawan), atau bukti kepemilikan perusahaan (bagi pebisnis).

7. Kalau Anda mengunjungi keluarga di Oz, harus menunjukkan surat bukti hubungan kekerabatan (Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Surat Nikah, dll)

8. Kalau ada yang mensponsori Anda berkunjung ke Oz, sertakan surat sponsor dari orang tersebut yang menyatakan bahwa dia menyanggupi menanggung akomodasi, transport dan makan Anda selama di Oz. Juga sertakan fotokopi paspor dan visanya.

9. Bank Statement atau fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir, sebagai bukti bahwa Anda memiliki uang cukup untuk menanggung Anda (sekeluarga), minimal tiga bulan di Oz.

10. Dokumen-dokumen lain yang mendukung aplikasi ini.

Nggak susah kan? Perlu diingat bahwa KELENGKAPAN dokumen itu PENTING kalau ingin pengajuan visa anda diterima.

Saya pernah mengurus visa pelajar via VFS Global ini. Komunikasi melalui email dan dokumen/paspor/visa dikirim melalui kurir. Pembayaran bisa melalui transfer bank. Jadi untuk yang tinggal di luar kota Jakarta atau di luar Bali, tetap bisa 'mengurus sendiri' visa melalui VFS ini tanpa perlu ke kantor mereka.

Untuk visa orang tua/mertua saya yang pernah berkunjung ke Sydney, suami saya yang pelajar di sini menjadi sponsor. Suami meminta surat undangan dari kampus untuk keluarga di Indonesia yang akan berkunjung. Selain itu juga menyertakan surat pernyataan bahwa kami akan menanggung semua akomodasi, makan dan transportasi selama mereka ada di sini.

Yang sering menjadi pertanyaan adalah poin No 9. Berapa banyak sebaiknya 'jaminan' yang harus ada di bank statement? Tidak disebutkan secara jelas di website kedutaan/imigrasi Oz. Tapi bisa dikira-kira, kalau biaya hidup di sini minimal sekitar AUD 400 per minggu, selama 3 bulan dibutuhkan sekitar AUD 4800. Coba di-kurs-kan ke rupiah. Kira-kira segitu yang harus ada di bank. Nggak harus uang milik pribadi semua kok. Pengalaman kami dulu ketika menguruskan visa ortu, pinjam sana-sini untuk 'mengisi' bank statement. Setelah visa beres, baru dikembalikan :)

Bapak/Ibu Mertua saya (orang tua langsung pelajar) mendapatkan visa multiple entry yang berlaku sama dengan paspor pelajar kami (empat tahun). Sementara orang tua dan adik saya mendapatkan visa multiple entry untuk satu tahun. Kalau turis biasa, biasanya mendapatkan visa untuk 3 bulan.

Kalau masih ragu-ragu mengurus visa sendiri, ada baiknya menghubungi agen perjalanan di kota Anda. Biasanya perlu tambahan biaya selain uang aplikasi dan AVAC. Tahun lalu (2010) ortu dan adik saya mengurus visa via agen perjalanan di Yogyakarta, biayanya Rp 1,3 juta per orang. Adik saya (yang lain) sekarang ini sedang mengurus visa melalui agen di Balikpapan. Biayanya total Rp 1,4 juta.

Sebaiknya visa mulai diurus tiga bulan sebelum tanggal keberangkatan. Proses visa sekitar 2-3 minggu.

~ The Emak

You Might Also Like

91 comments:

  1. Mbak Mala, saya punya pacar warga negara Australia keturunan Indonesia. Kalau misal mau mengajukan visa turis Australia dg si pacar sbg sponsor, kira2 bakal lolos nggak ya? Karena kan kesannya malah kayak "intend to immigrate".

    Menurut Mbak Mala gimana? Trims :)

    ReplyDelete
  2. setahuku yg bisa jadi sponsor adalah yg bisa membuktikan hubungan kekerabatan dg dokumen (surat nikah, kartu keluarga, akte lahir). jadi kalau baru pacar belum bisa deh kayaknya. coba apply sendiri aja via agen perjalanan. mungkin mereka bisa kasih saran. good luck ya :)
    ~ The Emak

    ReplyDelete
  3. Anonymous18.1.12

    Mbak, kalau mengunjungi tante (adik mama) surat bukti kekerabatannya pakai apa ya? krn kan sudah tidak masuk di KK. Dan untuk bank statement nya itu bank statement punya yg apply visa atau yang jadi sponsor ya?
    thanks infonya :)

    ReplyDelete
  4. Bukti kekerabatan pakai akte kelahiran pemohon, Mama dan Tante.
    Bank statement dua2nya, pemohon dan sponsor. good luck ya.

    ReplyDelete
  5. mbak mau tanya klo mao ngajuin visa turis buat 3 bulan bisa gak ya?
    trus poin no 6 dan 7. skrg kebetulan lagi ga kerja, jd klo bkn karyawan, jg bkn wirausaha dan ga ada yg sponsorin, kemungkinn visa-nya bisa diapp ga ya? tar dikira malah mau nyari kerja...
    padahal pure cm liburan,, ada saran ga mba?

    thx b4

    mya

    ReplyDelete
  6. Mya,
    Biasanya visa turis kalo gak dikasih 1 bulan ya 3 bulan.
    Wah, agak ribet ya kalo udah gak sekolah, tp gak kerja/ wirausaha. Biasanya yg kayak gini apply visanya barengan dg keluarga yg udah ada 'status' nya.
    Atau coba nanya aja ke agen, mungkin bisa dpt saran.
    Diterima atau ditolaknya pengajuan visa memang hak dept. imigrasi Oz, kita cuma bisa usaha :)

    ReplyDelete
  7. mba makasih replynya tp maaf saya mo tanya lagi ni :)
    klo misalnya saya punya temen native Auss.
    klo dy invite saya kesana, bisa ga? soalnya yg saya tau yg bisa jadi pengundang hanya keluarga kandung aj.. klo bisa apakah surat kerja tsb bisa diganti dgn invitation letter dari tmen saya tsb mba?


    thx

    ReplyDelete
  8. @Mya, setahuku kalau teman saja nggak bisa, harus kerabat dekat. Aku sarankan sih tanya ke travel agen yang biasa urus visa, mungkin mereka punya saran/trik lain.
    Kalau ada pertanyaan lagi, langsung via email aja ya, ke: travelingprecils[at]gmail.com :)

    ReplyDelete
  9. Anonymous20.3.12

    Halo mbak,salam kenal ya :) Thanks buat postingannya,sgt bermanfaat sekali. Btw,saya mau mengurus tourist visa buat ortu dan adik2 saya. Trus adik saya bakal ngajak pacarnya juga. Mereka bakal liburan n mengunjungi saya di Sydney. Kalo kayak gt,setiap org mesti mengisi form satu2 atau 1 keluarga jd 1 form ya mbak? Yg pacar adik saya harus mengisi form sendiri lg ya mbak?

    Biasanya mrk pake jasa travel agent buat mengurus visa tp kali ini agentnya ga mau ngurusin krn mrk beli tiket sendiri. Jd skrg mau coba2 mengurus tourist visa sendiri. Keluarga saya tinggalnya di Sby. Kalo mengurus lewat AVAC ini bisa sendiri dan ga susah kan prosesnya mbak?

    Terima kasih atas bantuannya ya

    ReplyDelete
  10. halo, salam kenal juga.
    Iya, formulir untuk keluarga inti bisa 1 formulir saja. Pacar adik mengisi formulir sendiri.
    Aku dulu juga mengurus visa sendiri via AVAC, kirim lewat pos dari Surabaya. Asal syarat2 lengkap tidak perlu khawatir. Tinggal sabar nunggu aja, biasanya selesainya sampai dua minggu-an.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba, AVAC itu dimana ya?. Saya mau ke australia 3 bln pake sponsorship letter temen saya orang asli sana. Tapi utk saat ini saya lagi nganggur. Trus apa busa tanpa surat sponsor dr kantor?. Makasih mba

      Delete
  11. Anonymous5.4.12

    Halo Mbak, tanya dong... utk visa aplikasinya, apakah dibutuhkan photocopy itinery dan/atau ticket pesawat jkt-oz-jkt? karena cukup riskan juga kalau hrs beli ticket dulu tanpa tahu apkaah visa kita akan disetujui oleh pemerintah oz. Thx utk infonya.

    ReplyDelete
  12. iya, perlu ada bukti tiket pesawat pp. kalau masih ragu apakah visa diterima atau tidak, lebih baik booking tiket (dengan DP aja) dan urus visa via agen perjalanan.

    ReplyDelete
  13. Anonymous19.4.12

    mau nanya mba nih...memang visa disetujui perlu waktu 2 mimgguan? saya dengar bukannya seminggu sudah selesai kalau syarat syarat lengkap. soalnya saya mau ke sdney juni akhir, saya baru rencana mau bikin visa nya tanggal 20 mei. mohon jawabanya. thanks.

    ReplyDelete
  14. setahu saya, resminya begitu. mereka tidak ingin diprotes kalau selesainya lebih lama dari waktu yang dijanjikan. kalau syarat2 lengkap dan antrian sedang tidak ramai pastinya bisa lebih cepat.

    ReplyDelete
  15. Anonymous26.4.12

    saya suka sekali dengan blog anda mengenai australia, sungguh sangat membantu saya yg akan ke sana. semua blog anda sudah saya baca. oh ya, saya mau tanya boleh yach?

    1. saya sdh print form 48R IND yg tebalnya sd 18 halaman itu. saya pergi dengan suami dan anak anak. apakah cukup isi satu form 48R saja atau harus isi masing masing sesuai paspor masing masing. jadi ada 4 form 48R yg diisi?

    2. oh ya, mengenai saldo, apakah boleh saldo akhir baru saya besarkan hingga angka 150-200 juta? atau harus 3 bulan terakhir saldo bank saya rata rata harus sebesar angka itu. terus terang saldo rata rata bank suami saya 3 bulan terakhir kurang lebih hanya 50 juta saja. rencananya sih seminggu terakhir sebelum visa diajukan saldonya kami besarkan hingga angka di atas. thanks ya mba sebelumnya. salam saya.

    ReplyDelete
  16. hai.. ini siapa ya namanya? :)

    1. satu keluarga cukup mengisi satu formulir
    2. setahu saya saldo dibesarkan tdk masalah. tapi lebih bagus kalo rata2 selama 3 bulan sdh sebesar itu.

    ReplyDelete
  17. Anonymous1.5.12

    @Mba: oh iya, maaf ya, saya Ani. terima kasih untuk jawabannya. Salam.

    ReplyDelete
  18. hello salam kenal..
    nama sy rosa... sy tinggal di brisbane n menikah dgn wrg aussie... sy ingin mengundang kakak sy berkunjung ke brisbane dgn menggunakan sporsor family visa cuma sy ngak tau brp banyak uang jaminan yg di minta pihak immigrasi aus utk berkunjung selama 2 minggu??
    tolong bantu ya jika mbak...
    thx
    Rosa Sullivan

    ReplyDelete
  19. @Rosa pihak imigrasi Aussie memang tdk secara jelas menyebutkan berapa uang jaminan yg diminta. Standarnya biaya hidup untuk 3 bulan. Bisa dikira-kira, kalau biaya hidup di sini minimal sekitar AUD 400 per minggu, selama 3 bulan dibutuhkan sekitar AUD 4800. Coba di-kurs-kan ke rupiah. Kira-kira segitu yang harus ada di bank. Nggak harus uang milik pribadi semua kok. Pengalaman kami dulu ketika menguruskan visa ortu, pinjam sana-sini untuk 'mengisi' bank statement. Setelah visa beres, baru dikembalikan :)

    ReplyDelete
  20. iya bener.... sy udh hubungin pihak imigrasi di brisbane, mrk blg uang banyak di bank bukan jaminan mendapatkan visa. tdnya sy ingin menggunakan sponsor family visa dgn bantuan suami sy tp krn hubungan kakak sy dgn suami hanya ipar jd ngak bisa... sedangkan sy blm mendapatkan PR baru temporary visa jd blm bisa mengajukan sponsor family visa.. akhirnya mengguna turis visa biasa dgn invite letter dr suami jg bukti keuangan suami.... moga aja visanya ngak di tolak.... krn wkt bln maret lalu kakak sy mengajukan turis visa di tolak mentah2 krn mengajukan 3 bln masa liburannya...kali ini cm 10 hr semoga ngak di tolak.... anyway thx ya penjelasannya...
    Rosa Sullivan

    ReplyDelete
  21. Anonymous4.8.12

    Mbak saya mau nanya,saya kan krja di singapura,sdangkan bos saya mau ngajak saya liburan ke australia,gimana cara saya mengurus visa? Trimakasih sebelum dah sesudahnya

    ReplyDelete
  22. @rosa good luck, all the best!

    ReplyDelete
  23. untuk apply visa dari Singapore, cari tahu alamat kedutaan Australia di sana. kalau syarat2nya kurang lebih sama.

    ReplyDelete
  24. thanx mb, infonya bermanfaat banget..
    sy mo nanya mb, terkait dg jaminan..jika suami dan 2 anak sy mengajukan visa turis untuk berlibur selama 2 minggu sj di Oz, butuh berapa besar jaminanan totalnya y? apa harus disesuaikan dg standart selama 3 bulan? kan liburnya cuman 2 minggu aja?
    thanx y mb..

    ReplyDelete
  25. Maureen28.9.12

    Hiiii. Blog nya bagus banget! :) itu biaya $400 per week untuk 1 orang ya? Thanks

    Maureen

    ReplyDelete
  26. Anonymous2.12.12

    salam kenal...
    Kakak kandung saya dan keluarga juga adek tiri saya dengan suami tinggal di Australia, mereka citizen.
    Saya dan keluarga tinggal di Indonesia....
    Pertanyaan saya, apakah mereka bisa mensponsori saya,untuk datang ke Australia dan tinggal disana?
    Bagaimana cara2 mengurusnya dan beaya2nya?
    Terima kasih atas penjelasan2nya.

    ReplyDelete
  27. saya mau minta keterangan, kalo punya saudara kandung yang sdh berkeluarga tinggal di Aussie sudah permanent.
    Apakah dia bisa jadi sponsor saya dan keluarga utk pindah di Aussie?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  28. Anonymous14.12.12

    Dear All

    Bagi Teman-Teman yang sudah punya Visa Australia (jenis visa apa saja) dan ingin bekerja di perkebunan kawasan Melbourne bisa menghubungi saya di 085230057158. Tq...

    ReplyDelete
    Replies
    1. trmks. atas infonya saya dan dua teman berminat utk kerja di perkebunan disana,, apakah masih ada kesempatan dan bagaimana admin nya.. tq.

      Delete
  29. Anonymous28.12.12

    Hallo,

    mohon informasi,
    saya berencana akan ke ausie bulan april mendatang,kurang lebih untuk 1 bulan
    1. apakah bisa Bank Statement itu, pakai rekening keluarga, dengan menyertakan surat pernyataan bahwa dia turut menjamin keuangan saya?
    2. saya dapat undangan dari kawan, segala sesuatunya sudah dipersiapkan kawan saya termasuk transportasi, akomodasi dan daily life nya, saya saya perlukan adalah surat sposor dari kawan saya itu dan foto kopi paspornya? apakah benar?
    3. klo bulan april, saya berangkatnya apakah bulan januari saya sudah bisa aplikasi dan akan dipakai pada bulan april?
    4. saya berdomisi di kaltim, kalo di balikpapan, adakah info kah agen travel yang bisa menguruskan?

    terimakasih,
    salam
    supri

    ReplyDelete
  30. @icha
    sebaiknya memang disiapkan dana utk 3 bulan, drpd visa gak di-approve. krn rata2 visa standar dikeluarkan utk 3 bulan. tapi ada juga yg cuma dikasih 1 bln, seperti pengalaman adik saya (meskipun dana jaminan tetap ada 3 bln). kan bisa pinjam dulu ke sodara/teman. setelah visa beres, baru dikembalikan. drpd menyesal di belakang :) Good luck ya.

    @Maureen
    betul, $400 per minggu untuk 1 orang.

    ReplyDelete
  31. @Anonymous
    @Lou
    untuk syarat2 migrasi ke Australia bisa dilihat di website ini:
    http://www.immi.gov.au/

    ReplyDelete
  32. @supri
    1. asal rekening ada nama pemohon visa, saya rasa bisa digunakan.
    2. benar
    3. saran saya aplikasi mulai diurus akhir januari
    4. coba beli koran lokal dan lihat iklan2 travel agen yang besar di sana. biasanya bisa membantu menguruskan.

    ReplyDelete
  33. wah lumayan dapet pencerahan nih baca blognya mb. sy dan ibu sy rencana mau ke sidney ngunjungin keluarga kakak. suaminya lg sekolah disana. apa bisa pakai sponsorship dari mereka ya? tapi mereka di sana belum ada setahun sih. atau cukup pakai visa turis aja? untuk mengisi form karena saya dengan ibu saya berarti cukup 1 form saja ya? makasih banyak sebelumnya mb. nanti lebih lanjut sy boleh tanya2 via email kan ya ;p

    ReplyDelete
  34. @greenygirly
    kalau ada saudara yg sekolah di sana, lebih baik mintakan surat undangan dari universitasnya. pengalaman kami, ibu mertua dan adik bisa mendapat visa turis 1 tahun multiple entry, lebih bagus daripada visa turis biasa yg cuma 3 bln.
    betul, satu keluarga kandung cukup 1 formulir.
    boleh tanya2 via email: travelingprecils[at]gmail[dot]com

    ReplyDelete
  35. Anonymous13.1.13

    helo
    boleh tau agen visa nya yg di bpp dimana n apa namanya ya..?
    kbtln sy jg di bpp.
    thanx
    dewi

    ReplyDelete
  36. @Dewi
    Duh, aku lupa namanya. Adikku, Radityo yg bikin visa di BPP.
    email langsung aja ya --> wid_2wid[at]yahoo[dot]com

    ReplyDelete
  37. Anonymous19.1.13

    mbak, kalo mau apply visa seminggu aja itu biasanya dikasi satu minggu atau bisa lebih? butuh asuransi juga ga? soalnya sy baca" di internet biasanya butuh asuransi perjalanan, kl satu minggu kira" uang di rekening butuh brp banyak ya?

    ReplyDelete
  38. standar utk visa dikasih 3 bulan. tapi mau dikasih berapa ya gak ada jaminan. orang tua saya pernah dikasih 1 tahun sementara adik saya cuma dapat 1 bulan. tapi jaminan di rekening tetap mengikuti standar 3 bulan.

    untuk australia setahu saya tidak wajib punya asuransi perjalanan, tidak seperti di Eropa.
    Ortu dan adik saya waktu itu tidak beli asuransi perjalanan. tapi kalau memang mau beli saya rasa lebih bagus, karena biaya dokter di sini cukup mahal kalau sakit.

    ReplyDelete
  39. Hi mba.. saya rencana mau ke ausie - nz, kmrn sudah mengajukan visa multiple untuk ausienya tp yang disetujui hanya single. apa bisa mengajukan kembali untuk multiple? dengar2 ada transit visa juga, apa kalau kita mengajukan transit visa bisa kluar masuk bandara? bila transit visa di ajukan, single visanya di cancel mereka gk ya?

    Sorry ya mbak pertanyaannya banyak..hehe..

    Thx a lot before

    ReplyDelete
  40. @Melly
    Wah, pertanyaannya susah :)
    Aku blm pernah pake visa transit, jadi nggak bisa jawab.

    coba cek website ini --> http://www.immi.gov.au/visitors/transit/no-visa.htm

    katanya kalo transitnya kurang dari 8 jam dan hanya duduk di area transit, gak perlu visa. saranku, untuk lebih jelasnya tanyakan ke agen tiket atau airline-nya langsung. good luck :)

    ReplyDelete
  41. Anonymous23.2.13

    mbk salah satu agen yg bisa bantu kita buat visa turis ke australia tu dimana ya,,,,,? maklum saya belum pernah liburan kesana,makasih.

    ReplyDelete
  42. kamu tinggal di kota apa? coba beli koran yang paling populer di kotamu: buka di halaman iklan kolom wisata. telpon travel agent yang iklannya paling besar, biasanya bonafid. good luck :)

    ReplyDelete
  43. Wah good blog banget nih!
    Mbak aku mau tanya, aku sama temenku ada rencana liburan kuliah juni-juli ini mau ke aussie kerja sambilan disana sambil liburan.Kerjaannya sih udah dapet dari koneksi temennya sodara dan kita cuma mau 1bulan aja disana.nah kalo aku pake visa touris biasa itu dibolehin gak mbak? Soalnya kalo ambil visa yg work&holiday aku sama temenku ini baru masuk kuliah semester 2 , sedangkan di websitenya persyaratan minimalnya 2tahun . Kalo bikinnya via travel agent aja bisa beres mbak? Mohon pencerahannya .makasih banyaak sebelumnya - aimee

    ReplyDelete
  44. Anonymous23.3.13

    Mbak , kalau kita mau nyambangi adik yg kuliah di Sydney tapi nggak punya sponsor di sana gimana ? kira2 Visa di accept nggak ya ? secara adik kuliah-nya Bea Siswa dan rekening tabungan dia pas pas an he he he . Saya akan pergi berdua sama suami dgn biaya sendiri sekitar 2 mingguan saja - Thanks

    ReplyDelete
  45. Anonymous23.3.13

    Mbak mau tanya misalnya Visa diterima 1 bulan itu dihitung dari tgl. diterimanya Visa +30 hari berikutnya atau dihitung dari tgl. keberangkatan ( sesuai tgl. ticket berangkat ) +30 hari nya , Makasih yaaa

    ReplyDelete
  46. @Aimee
    Bisa gak kerja pakai visa turis? Bisanya sih bisa, tapi itu jelas melanggar hukum. Artinya sang pemberi kerja tdk mendaftarkan karyawannya dan TIDAK MEMBAYAR PAJAK. Setahuku kalau ketahuan penaltinya besar dan bisa jadi gak bakalan boleh masuk Aussie lagi.

    Kalau kamu mau ambil visa turis (tanpa menyebut mau kerja) bisa saja diterima asal syarat-syaratnya lengkap.

    Saranku, cari tahu resikonya sebelum melakukan/menerima kerja ilegal. daripada liburan runyam karena dideportasi.
    http://www.immi.gov.au/media/fact-sheets/87illegal.htm

    ReplyDelete
  47. Utk yg adiknya kuliah di Sydney, mintakan surat undangan dari kampus utk keluarga yg akan datang. Tabungan yang diperhitungkan adalah tabungan yg apply visa, bukan tabungan student.

    ReplyDelete
  48. Tanggal berlaku visa biasanya tercantum dengan jelas seperti expired date, dimulai dari tanggal visa jadi/diterima.

    ReplyDelete
  49. Anonymous25.3.13

    Ok mbak , thanks info-nya... jadi kalau misal apply-nya di Juni dan di granted hanya 30 hari bisa-bisa pas mau berangkat di Agustus ( lebaran ) Visa nya udah expired gitu ya mbak ? Thanks, Nurul

    ReplyDelete
  50. Anonymous7.4.13

    Makasih mbak infonya...

    saya student di Aussie ingin mengajak keluarga saya (isteri, anak dan adik ipar) untuk berlibur di bulan desember nanti selama 1 bulan. apakah apabila saya apply untuk 1 bulan nanti tetap mendapatkan visa multiple entry? makasih... salam (agus)

    ReplyDelete
  51. Anonymous7.4.13

    Maaf mbak nambah tanya lagi...

    kalo yang di Yogyakarta agennya dimana yaa?

    Thanks - (agus)

    ReplyDelete
  52. mbak saya mau tny, bln lalu saya apply visa pelajar ke oz. tapi karna alasan interview dr kedutaan oz posisi yg di jkt by phone,visa saya ditolak. di surat reject nya tertulis,bank account saya gk masalah, masalahnya di sesi interview,jawaban saya tidak jelas ktnya. Kira2 klo saya apply ulang,persentase visa saya diterima apakah masi ada ya? tq

    ReplyDelete
  53. @Agus
    setahu saya visa turis pun bisa multiple entry 1 bulan - 3 bulan. tergantung penilaian pihak imigrasi Oz
    Waktu di Yogya, adik saya pakai agen Nusantara -> http://nusatovel.com/nusantara/

    ReplyDelete
  54. @L!L!
    biasanya untuk visa pelajar, apply visanya lewat 'agen pendidikan', jadi udah harus jelas diterima di sekolah/college/uni mana di sana. coba hubungi IDP -->http://www.indonesia.idp.com/

    ReplyDelete
  55. mbak
    kalo pergi bersama keluarga (saya, suami dan 2anak), rekening tabungan yg disertakan apakah boleh atas nama istri?sebab segala macam keuangan dari awal sudah diatur masuk kerekening saya oleh suami...sehingga rekening yang aktif hanya rekening saya...
    dan jika memakai SIUP NPWP atas nama orang tua apa boleh?sebab suami meneruskan usaha milik orang tua...
    thx before....

    ReplyDelete
  56. @lien
    Setahuku gakpapa pake rekening istri.
    Kalau siup npwp a/n ortu berarti harus nambah surat yg menerangkan orang tsb adl ortu anda, misal: akte kelahiran.

    ReplyDelete
  57. Intan11.7.13

    Hallo mba salam kenal dan mohon informasinya

    Saya sdh pernah ke Australia beberapa kali dgn visa turis. Pernah mendapatkan 1 bulan dan terakhir multiple 1 tahun dgn sponsorship orang yang sama (pacar). Kali ini saya ingin mengunjungi Australia lagi namun dgn sponsorship org yg berbeda karena sy gagal dgn org yg dulu. Apakah hal itu akan memjadi pertimbangan kedutaan untuk mengabulkan permohonan visa sy ? Mengingat sy tidak main-main dan tidak muda lagi hehe ... Dan, jika meminta bantuan dari travel agent apakah kemungkinan besar sy bisa mendapatkan ijin tinggal 3 bulan

    Mohon informasinya. Terima kasih

    Intan

    ReplyDelete
  58. @Intan
    Tidak ada yang bisa menjamin seseorang mendapat visa atau tidak.
    Tapi kalau semua syarat2 visa terpenuhi, biasanya permohonan dikabulkan.

    ReplyDelete
  59. Anonymous21.8.13

    terima kasih banyak ya atas blog nya...sangat bermanfaat banget dan membantu saya

    ReplyDelete
  60. Mba.., punya contoh semacam surat pernyataan yg isinya memberitahukan bhw sy sendiri yg akan menanggung semua biaya selama diaustralia..? Kalau punya minta donk.., minta tolong email.in ke sy. Trmksh byk mba :))

    ReplyDelete
  61. Hallo Mbak... Bagus sekali blognya. lengkap n menarik.
    Oya mbak saya mau tanya, saya rencana mengajak liburan istri+anak (3 tahun) dan adik ipar saya berlibur ke australia.
    untuk adik ipar saya sekitar 3 minggu, dan istri+anak sekitar 2 bulan. saya kuliah disini atas beasiswa Aus Aid, dan pihak kampus beresedia memberikan invitation letter dan saya sebagai pihak yang menanggung seluruh biaya selama disini.
    Saya mau tanya terkait tabungan, apakah hanya tab saya saja yang disini yang disertakan atau tabungan istri yang diindo jg?
    Krn tab istri yang diindo cm sekitar 10 juta, dan tabunan saya yang disini AUD 14,000. Gmna yaa? dan kira2 cukup gak yaa...
    Makasih atas pencerahannya
    Salam -Agus-

    ReplyDelete
  62. Anonymous10.3.14

    Hi Mbak, saya mau bawa istri dan 4 anak via darat dari melbourne ke sydney dengan sewa mobil keluarga. spertinya ada dua pilihan yah, lewat gunung / darat atau menyusur pantai. Kira2 mana yang lebih menarik yah dan saya mau mampir ke Canberra, kan sekalian lewat. Terima kasih banyak.. Salam - Budi

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Budi
      Makasih sudah baca blog Precils. Pilih jalurnya sesuai kesenangan aja sih. Kalau saya lebih milih pantai. Tapi apapun pilihannya, jalan di sana bagus dan rambu2nya jelas.

      Delete
  63. Anonymous4.6.14

    Mau tny jg nih mb... adik kandung saya sekeluarga mau ke sydney mengunjungi saudara kandung yg usah PR disana. Kira2 anak saya yg masih berusia 5th bisa ikut meeeka gak? Bisa ga visanya diapprove?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bawa anak orang sepertinya perlu surat keterangan khusus dari orang tuanya, menyatakan bahwa ortu mengizinkan anak dibawa orang tsb. kenapa nggak ikut sekalian?

      Delete
  64. Anonymous9.6.14

    mba, kl liburan atas biaya sendiri, tiket pesawat pp ud dibeli sm hotel ud dibooking tp ga ada temen atau saudara di aussie utk ngundang bisa tembus ga ya visanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, asal di Indonesia ada kerjaan jelas atau sekolah dan surat keterangan dari tempat kerja/atasan/sekolah.

      Delete
  65. Wah infonya bagus dan sangat berguna. ini share pengalamanku mencari visa ke australia dan sudah 3 kali berhasil lho: http://sayabackpacker.wordpress.com/2014/10/07/tips-mencari-visa-turiskunjungan-ke-australia/

    ReplyDelete
  66. kak saya mau nanya kalo untuk minimal tinggal di australia menggunakan visa tourist berapa hari/bulan ya
    terimakasih aatas infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung dapatnya berapa hari. Ada tulisannya di visa kok. Adik saya pernah dapat cuma 1 bulan. Normalnya 3 bulan. Tapi orang tua saya bisa dapat satu tahun.

      Delete
    2. berarti misalkan saya dapat visa yang 1 tahun untuk tinggal 3 bulan di australia bisa ka?

      Delete
    3. Mbak saya kerja disingapore n rencana untuk liburan ke australia klo teman dari Australia bersedia jadi sponsor apakah bisa n mudah untuk mengajukan permohonan visa
      Saran please ?

      Delete
    4. Hi Rere,

      Biar saya bantu sedikit.
      Untuk rencana liburan teman Rere di Australia bisa menjadi sponsor Rere. Dan mereka harus membuat surat pernyataan sponsor ke Rere yang ditujukan ke imigrasi, serta rekening keuangan dari si sponsor apabila dia juga mengcover biaya rere di Australia.

      Asal semua dokuman lengkap dan logis, serta tidak ada indikasi rere akan overstay/menjadi imigran gelap di Australia, saya rasa akan lebih mudah.

      Cuman untuk diterima atau tidaknya, kembali lagi ke Imigrasi Australia.

      Semoga informasinya bermanfaat.
      -agung Education ONE

      Delete
  67. Anonymous2.9.15

    Halo,blog nya sangat membantu nih
    Saya vita,mau tny, feb2106 sy akan menikah,dan maret2016 mau honeymoon ke sydney,flight dr bali,pertanyaan saya
    1.lbh baik januari/februari sy apply visa?takutnya cuma dpt 1bln aja
    2.kl dr sby,berkas2 kan dikirm lwt pos,itu dikirim via pos biasa atau ada ketentuan khususnya?
    3.kl permohonan visa turis (sbuclass600,betul ya?),di oz tdk ada yg sponsor,tdk ada yg dikunjungi,bisa ga ya di approve?
    4.utk surat keterangan krj calon suami,menggunakan bhs indo/inggris?
    Maaf byk pertanyaan,but thx a lot fyi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Vita,

      Sekedar saran dari saya ya.

      1. Untuk bulannya tidak ada masalah.
      2. Tidak ada ketentuan khusus setahu saya untuk berkas2. Namun pastikan berkas tersebut lengkap.
      3. Yup betul. Kalau tidak ada sponsor di Australia, bisa dipakai itenary liburan disana. Jadi cantumkan bukti hotel dan flight yang akan dipakai, serta apa yang akan dilakukan selama disana.
      4. Surat keterangan kerja bisa indo bisa inggris. Tergantung kebijakan perusahaan.

      Semoga membantu
      -agung Education ONE Bali

      Delete
  68. Mba tolong alamat agen visa yang di balikpapan dong.kbetulan saya domisili di balikpapan.trims

    ReplyDelete
  69. Mba tolong alamat agen visa yang di balikpapan dong.kbetulan saya domisili di balikpapan.trims

    ReplyDelete
  70. Mbak sy mau nanya... klu mau apply visa ke aus tp sy lg gk ada kerja ni terus guna rekening ortu... rekening ortu itu apa blh bt sponsor ...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya, kalau misalnya ingin menjadi turis di Australia, harap diperhatikan untuk intention kembali ke Indonesia.

      Apabila tidak bekerja, ada baiknya dicantumkan bukti kepemilikan usaha / sedang melanjutkan kuliah / memiliki tanggungan / cicilan besar di Indonesia.

      Selebihnya, akan susah untuk kesana.

      Kalau untuk rekeningnya, ortu / sponsor bisa, namun perlu dipertanggung jawabkan dengan statement dari pemilik dana.

      Semoga informasinya bermanfaat ya
      -education ONE

      Delete
  71. Haii mba, untuk pengajuan visa australia, kalau surat keterangan kerja diganti dengan sk pns bisa tidak ya mba kira2?agak sulit minta ijin ke atasan soalnya :)
    Tx before mba

    ReplyDelete
  72. Hai mba, untuk pengajuan visa australia kalau surat keterangan bekerja diganti dengan sk pns bisa tidak ya mba?agak sulit minta ijin atasan :) thx before mba

    ReplyDelete
  73. halo mba, terimakasih blognya sangat membantu saya :) saya rencana nya oct mau ke oz untuk menonton konser disana, dan di sana hanya untuk 2-3 hari saja, kalau saya melengkapi tiket flight, tiket konser, itinerary, dan bookingan hotel plus dana di rekening hanya AUD 600 kira kira di approve gak ya mba? saya takut sudah pesan flight hotel dan tiket konser ternyata tidak di approve :(

    ReplyDelete
  74. Hallo saya Bob, mau urus visa turis ke ausie,apa bisa stay 3 bulan disana,sambil bekerja dan sebelum waktunya kembali lg ke indo.thq

    ReplyDelete
  75. Mba mala maaf saya mau nanya, untuk agen perjalanan yg di Yogyakarta itu namanya apa ya yg mengurus visanya itu? Makasih

    ReplyDelete
  76. Hi mbk mala mw tnya. Untk apply visa oz pake sponsor rekening kakak kita yg di Indonesia coz gajianku sering telat dan kadang di rapel 2 bln or 3 bln skli (krj di sklhn). Aku takut nih visa na ga di approved gra2 rekening kita yg tiba2 bnyk.dan rencana na aku minta tmn yg tinggl di oz utk jdi sponsorku juga.
    gmn sebaik na mbk?

    ReplyDelete
  77. Anonymous7.10.16

    Hai mbak klo pas apply visanya tujuan melbourne, bisakah terbang dulu ke perth terus selang 2 hari bru terbang ke melbourne. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah dapat visa Australia, bebas mau ke kota mana saja.

      Delete