Menikmati Sydney dari Feri

12:26 Traveling Precils 2 Comments

Bagaimana cara terbaik menikmati indahnya Sydney? Menurut saya, dengan naik feri.
Sydney Ferry merapat di dermaga Balmain East

Ada sih cara lain untuk menikmati Sydney dari perairannya: dengan berlayar, menyewa yacht, ikut cruise trip atau naik jet boat. Tapi yang paling murah tentu saja naik transportasi umum: feri.

Naik transportasi umum di Sydney cukup nyaman, walau dengan The Precils. Petunjuk tujuan/jurusan mudah digunakan, beli tiketnya juga gampang. Satu lagi, tidak menurunkan gengsi ;)

Ada empat macam transportasi umum di Sydney: bis, kereta, tram dan feri. Tiket untuk transportasi umum ini bisa dibeli terpisah atau beli tiket terusan. Dari empat moda tersebut, The Precils paling suka naik feri. Jangan membayangkan feri di sini seperti feri besar di Indonesia yang mengarungi selat Sunda atau Selat Bali. Kapal feri di sini lumayan kecil, dan hanya melayani penumpang orang. Maksudnya, tidak mengangkut barang/kargo, mobil apalagi hewan ternak. Satu-satunya binatang yang diperbolehkan naik adalah "guide dog" yang membantu orang buta. Sepeda, scooter, skateboard dan pram boleh dibawa.

Ada satu ferry trip yang wajib dicoba untuk keluarga yang pertama kali ke Sydney, yaitu Inner Harbour Ferry yang menuju Darling Harbour. Tiga jalur feri lainnya adalah favorit kami, boleh dicoba kalau ada waktu. Semua jurusan berangkat dari dermaga Circular Quay (Ferry Wharf). Yuk, kita obrolin satu persatu.


1. Darling Harbour Ferry

Ini pasti turis! :p
Feri jurusan ini saya rekomendasikan banget. Naiklah dari dermaga no. 5 (wharf 5) di Circular Quay. Feri ini berangkat dari Circular Quay dan berhenti di Milson Point (Luna Park), Mac Mahon Point, Balmain East dan akhirnya berhenti di Darling Harbour. Perjalanannya tidak lama, hanya sekitar setengah jam. Tapi dari perjalanan singkat itu, bisa menikmati (dan tentu saja, foto-foto) indahnya pelabuhan Sydney. Foto dengan latar belakang Sydney Harbour Bridge paling bagus diambil dari atas feri ini. Ketika mendekati Luna Park, ambillah foto gerbang dan bianglalanya yang penuh warna. Di Mac Mahon point bisa berfoto dengan latar belakang Jembatan DAN Opera House. Pemandangan selanjutnya adalah gedung-gedung kota Sydney yang menjulang, lebih indah dilihat dari atas air. Turunlah di Darling Harbour dan jalan-jalan di sepanjang dermaganya.

2. Famous Manly Ferry
Sesuai namanya, feri ini menuju pantai Manly. Kenapa famous? Itu pinter-pinternya dinas pariwisata sini aja promosiin. Kalau kalian jalan-jalan di sekitar Circular Quay, pasti menemukan poster Famous Ferry ini :) Tapi memang perjalanan dari Circular Quay ke pantai Manly seindah warna posternya. Feri ini khusus menuju Manly (tanpa berhenti di dermaga lain). Perjalanannya memakan waktu setengah jam. Selama itu, kita disuguhi keindahan Sydney harbour dari sisi yang lain. Dalam perjalanan berangkat, duduklah di lantai atas, kursi terbuka bagian belakang. Dari sana bisa terlihat pemandangan Opera House dan Jembatan yang semakin menjauh. Setelah itu pemandangan berganti dengan gedung-gedung kota sebelah timur dan kapal-kapal kecil dan yatch yang sedang berlayar.

Sydney Opera House, difoto dari Manly Ferry oleh Anindito Aditomo
Oh, ya, feri Manly ini lebih besar daripada feri inner harbour, karena jalurnya sedikit melewati lautan lepas. Ketika lepas dari inner harbour, feri biasanya akan bergoyang sedikit. Jangan khawatir, cuma sekitar sepuluh menit feri bergoyang, setelah itu, dia akan masuk ke inner harbour lagi dan sampailah di Manly wharf. Untuk perjalanan pulang, tempat duduk terbaik adalah kursi di bagian depan.

3. Watson Bay Ferry
Feri jurusan ini berangkat dari Circular Quay menuju Watson Bay dengan beberapa perhentian di Garden Island, Double Bay, dan Rose Bay. Daerah bay-bay ini adalah tempat orang-orang kaya tinggal di Sydney. Di setiap dermaga nanti kita bisa melihat yatch dengan berbagai ukuran dan model yang diparkir (tinggal pilih, hehehe...). Kita juga disuguhi pemandangan rumah-rumah bagus di tepi harbour, dengan dermaga pribadi di depan rumah, sebagai ganti garasi mobil.
Ketika sampai di Watson Bay, anak-anak bisa bermain di pantai atau teluk kecil atau taman bermain dekat dermaga. Untuk makan siang, belilah 'fish and chips' di Doyles, yang terkenal enak banget. Kalau The Precils masih kuat, bisa mendaki bukit dan jalan sampai Mercusuar. Pemandangan dari bukit itu aduhai banget, tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata :)

Sunset spektakuler ini bisa dinikmati dg naik feri saat senja. Foto oleh Radityo Widiatmojo
4. Parramatta River Cruise
Kalau feri Manly ke utara, Watson Bay ke timur, Parramatta River Cruise ini ke arah barat. Jenis ferinya agak berbeda dengan feri biasa karena dipakai untuk menyusuri sungai yang lebih dangkal. Waktu tempuh cukup lama, sekitar 1 jam. Kalau tidak punya waktu sebanyak itu, bisa saja turun di Cockatoo Island (setelah 20 menit) dan main-main di sana. Tentang Cockatoo Island, nanti saya tulis tersendiri ya.

Big A di feri menuju Parramatta
Parramatta adalah kota tua di Sydney yang pernah dipakai sebagai pusat pemerintahan. Di sana bisa melihat bangunan-bangunan bersejarah, selain taman bermain dan pusat rekreasi kota pada umumnya. Perjalanan menyusuri sungai ini dimulai dari Circular Quay melewati Sydney Harbour Bridge, menuju pulau Cockatoo. Meninggalkan pulau Cockatoo, harbour semakin lama semakin menyempit dan akhirnya menjadi sungai. Di sepanjang sungai Parramatta ini ditanami bakau untuk revitalisasi DAS. Kita juga akan melewati kompleks Sydney Olympic Park yang dipakai Olimpiade Sydney 2000. Mendekati Parramatta, feri bergerak dengan lambat karena sungai semakin menyempit dan dangkal. Feri berhenti di dermaga Parramatta yang merupakan ujung sungai.
Selesai jalan-jalan di Parramatta, bisa kembali naik feri atau berganti naik kereta menuju kota.
Jaringan Feri Sydney, dari http://www.131500.com.au (klik gambar untuk memperbesar)

Tiket
Ada dua macam tiket yang bisa digunakan untuk naik feri: tiket khusus feri (MyFerry) dan tiket terusan (MyMulti). Untuk tiket khusus feri, belilah di loket dermaga atau di mesin tiket. Tiket untuk satu kali perjalanan adalah $5.30 (jarak dekat) dan $6.60 (jarak jauh). Kalau pulangnya ingin naik feri juga, belilah tiket pulang-pergi (return ticket). Tarif untuk anak-anak adalah separuhnya, dan di bawah 4 tahun gratis.
Tiket terusan bisa digunakan untuk semua moda transportasi umum: bis, kereta, feri dan tram. Harga tiket terusan sehari adalah $20 (berlaku semua area), sementara tiket terusan seminggu adalah $41 (area 1) dan $48 (area 2).
Mahal ya? Jujur, kami tidak pernah beli tiket-tiket itu, karena ada tiket khusus untuk keluarga pada hari Minggu, namanya Family Funday Sunday. Tiket ini hanya seharga $2,50 per orang dan bisa dipakai sebagai tiket terusan untuk semua moda trasnportasi umum di seluruh area Sydney. Yang boleh menggunakan tiket ini adalah orang tua yang membawa anak-anak. Jadi, mending menunggu hari Minggu kalau mau jalan-jalan hemat di Sydney :)

Informasi jadwal, jurusan dan harga tiket semua moda transportasi umum Sydney bisa dilihat di sini.

Yuk, bareng kami naik feri?

~ The Emak

You Might Also Like

2 comments:

  1. Anonymous21.3.13

    This helps me alot thanks

    ReplyDelete
  2. no worries. thanks for reading my blog :)

    ReplyDelete