Berjumpa Koala Imut dan Kanguru Lucu di Sydney

22:45 Traveling Precils 5 Comments

Koala yang kalem nongkrong di Featherdale Wildlife Park
Koala dan Kanguru, hewan khas Australia bisa dijumpai di kebun binatang di dalam kota Sydney. Tapi kalau ingin pengalaman yang lebih berkesan, mampirlah ke sanctuary di pinggiran kota. Di sana, kita bisa bermain dengan koala dan memberi makan kanguru yang bebas berkeliaran.

Kunjungan ke Australia tidak lengkap rasanya kalau belum melihat hewan-hewan khas-nya. Di Sydney, ada empat tempat-semacam kebun binatang-yang bisa dikunjungi. Dua di dalam kota dan dua di pinggiran kota, sekitar satu jam perjalanan. Untuk yang tidak punya banyak waktu (tapi banyak uang), bisa mengunjungi yang di dalam kota. Di sini tiket masuknya lebih mahal dan hewan-hewannya berada di dalam kandang dengan pagar pembatas. Untuk yang punya banyak waktu, lebih baik melipir sebentar ke pinggiran kota: tiket masuk lumayan lebih murah dan kita bisa berinteraksi dengan binatang langsung tanpa pagar pembatas.

Ini dia pilihan tempat bertemu koala dan kanguru di Sydney:
Letaknya di Darling Harbour, tepat di sebelah Sydney Aquarium. Pengalaman yang kami dapat dari berkunjung di sini kurang menarik. Kita hanya bisa melihat binatang-binatang khas Australia seperti kanguru, wallaby dan koala dari balik kaca tebal. Untuk bisa berfoto bersama koala, kita harus mengeluarkan biaya lagi (keluh). Tempat ini tidak kami rekomendasikan, kecuali untuk yang benar-benar tidak punya waktu lagi di Sydney, tapi ingin melihat sepintas koala dan kanguru. Tiket masuk harga normal $35 untuk dewasa dan $20 untuk anak-anak. Beli tiket online di website-nya untuk mendapatkan diskon hingga 50%. Atau gabungkan dengan tiket Sydney Aquarium dan Sydney Tower untuk diskon lebih besar lagi.

Lebih lengkap tentang Sydney Wildlife World, bisa dibaca di sini.

Taronga Zoo adalah kebun binatang kebanggaan warga Sydney. Tempatnya luas, bersih dan nyaman, sama sekali tidak ada bau-bau kurang sedap dari binatang meski dekat dengan kandangnya. Taronga bisa dicapai dengan naik feri sekitar 15 menit dari dermaga Circular Quay.

Perlu waktu seharian untuk berkeliling kebun binatang ini dan melihat semua binatang yang ada. Jangan lewatkan menengok komodo dan orang utan kita :) Kalau tidak punya waktu seharian, lebih baik pelajari dulu peta yang gratis diberikan di pintu masuk, tandai binatang-binatang apa saja yang ingin dikunjungi. Selain mengunjungi binatang di kandangnya, ada beberapa animal show dan keeper talk. Yang tidak boleh dilewatkan adalah pertunjukan anjing laut dan pertunjukan burung di teater yang menghadap ke Opera House.

Tiket masuk $44 untuk dewasa, dan $22 untuk anak-anak. Mahal ya? Kalau pengen dapat diskon, baca tips saya di sini. Tiket seharga itu belum termasuk kalau ingin berfoto bersama koala ya. Untuk lebih dekat dengan koala atau binatang lainnya, pengunjung bisa memesan 'animal encounter' seharga $24,95 untuk grup yang terdiri 4 orang. [Yang mulai mengernyitkan dahi, boleh segera lanjut membaca alternatif kebun binatang lain yang tidak merampok kantong ;)]
Lebih lengkap tentang Taronga Zoo, jadwal show, peta dan lain-lain, bisa dilihat di sini.

Sanctuary ini terletak di West Penant Hill, sebelah utara Sydney, bisa dicapai sekitar 30 menit bermobil dari pusat kota. Bisa juga kesana dengan transportasi umum, naik kereta sampai stasiun Penant Hill, dilanjutkan dengan naik bis Glenorie (sekitar 10 menit) sampai di depan Sanctuary.

Kebun binatang ini jauh lebih kecil dari Taronga, binatang koleksinya juga tidak banyak, khusus binatang-binatang khas Australia saja seperti koala, kanguru, dingo, echidna, wombat, emu dan beberapa jenis burung. Kelebihannya, binatang di sini, terutama kanguru dibiarkan bebas di pekarangan. Kita bisa berinteraksi langsung dengan kanguru, memberi makan, atau sekedar mengelus-elus atau menepuk-nepuknya. Yang mau berfoto dengan kanguru dan koala, bisa puas-puasin di sini, tidak ada yang minta bayaran ekstra :p Hanya saja perlu bersabar karena kadang kanguru-kanguru ini males banget difoto.




Little A senang sekali ketika kami ajak ke sini. Dia dengan semangat empat lima berlari menyongsong dan memeluk kanguru. Untung saja kangurunya kalem dan tidak begitu besar. Sekedar catatan, kanguru liar yang sudah dewasa itu kuat sekali, bisa meninju orang dewasa sampai pingsan.
Tiket masuk $22 untuk dewasa dan $12 untuk anak-anak.
Lebih lengkap tentang Koala Park Sanctuary, bisa dibaca di sini.

Ini adalah kebun binatang favorit kami di Sydney. Letaknya memang lumayan agak jauh dari kota, sekitar 45 menit bermobil dari pusat kota. Featherdale juga bisa dicapai dengan kendaraan umum, naik kereta sampai stasiun Blacktown, dilanjutkan dengan bis no 725 (sekitar 10 menit) sampai di depan gerbang.


Konsep Featherdale mirip dengan Koala Park Sanctuary, tapi mempunyai area yang lebih luas dan koleksi binatang yang lebih lengkap. Di sini kita juga bisa berinteraksi langsung dengan binatang-binatang, memberi makan dan berfoto sepuasnya. Yang menarik, ketika masuk, anak-anak akan diberi kartu seperti paspor yang harus mereka stempel dengan cap binatang yang sudah mereka kunjungi. Permainan kecil seperti ini rupanya membuat anak-anak bersemangat mengunjungi semua binatang yang ada.


Big A serius meneliti kelengkapan cap di 'paspor'nya
Little A juga sangat senang berada di sini dan berani bermain-main dengan kanguru dan wallaby. Big A sempat takut karena ketika ingin memberi makan kanguru, yang datang mendekatinya malah Emu, burung besar khas Australia. Namun Big A cepat senang kembali dan semangat mencap penuh paspornya. Koleksi binatang di Featherdale ini di antaranya: koala, kanguru, dingo, emu, wallaby, wombat, penguin, tasmanian devil, buaya, goanna, reptil dan berbagai jenis burung.
Tiket masuk $25 untuk dewasa dan $14 untuk anak-anak. Tidak mau bayar penuh? Baca tips The Emak mendapatkan diskon di sini.
Lebih lengkap tentang Featherdale Wildlife Park, bisa dibaca di sini.

~ The Emak

You Might Also Like

5 comments:

  1. nice blog:) nice post..
    eniwei, salam kenal ya..

    ReplyDelete
  2. makasih Filia. salam kenal juga :)

    ReplyDelete
  3. mbak,terima kasih atas infonya,rencana berada di sydney selama 2 malam pada agustus nanti.Dihari kedua,rencananya saya ingin mengunjungi featherdale wildlife park,menurut mbak,mungkin kah Featherdale + Blue Mountain dikunjungi dalam satu hari?atau harus tiap tempat satu hari?
    terima kasih infonya mbak :)

    ReplyDelete
  4. @Raldi kalau ikut tur (coba cek http://www.aatkings.com) atau bawa mobil sendiri bisa mengunjungi Blue Mountain dan Featherdale dalam sehari. Kalau naik kendaraan umum kayaknya terlalu mepet kalau dua2nya, harus pilih salah satu.

    ReplyDelete
  5. mas mau tanya dong, kalau untuk 3 hari+ jalan2 dan makan harus persiapin uang berapa yaa? makasi

    ReplyDelete