Top 10 ‘Wajib Dilakukan’ di Sydney

13:17 Traveling Precils 70 Comments

Oke, tiket pesawat dan hotel sudah dipesan, visa sudah di tangan.

Kira-kira mau ngapain aja ya di Sydney? Ini usulan 10 hal yang ‘wajib’ dilakukan bersama keluarga (versi The Emak) ketika di Sydney.

Kabar baiknya, sebagian besar atraksi/tempat wisata yang ‘wajib’ dikunjungi di Sydney gratis tis. 

1.    Berfoto dengan latar belakang Sydney Opera House & Sydney Harbour Bridge 
Jembatan di sebelah kiri dan Opera House di sebelah kanan
Big A, The Emak, Little A, Hayu dan Hayya nongkrong di tangga Opera House
Gak bisa dipungkiri, ini tujuan utama turis-turis datang ke Sydney. Alasannya nggak perlu ditulis lagi, Sydney memang punya harbour/pelabuhan paling indah dan paling fotogenic di dunia. Sudah sah main ke Oz kalau punya foto dengan latar belakang dua ikon ini :p 
Dua ikon ini ada di daerah Circular Quay. Mudah sekali dicapai dengan naik kereta, bis atau feri, tinggal turun di stasiun/terminal/wharf Circular Quay. Berjalan-jalanlah di kedua sisinya, ambil foto sebanyak mungkin dari berbagai sudut. Berfotolah bersama orang Aborijin yang ‘ngamen’ di situ, lemparkan koin ke ‘pengamen patung’, belikan es krim atau gelato untuk anak-anak dan bantulah turis lain mengambil foto grupnya (sekalian amal). 
Semuanya gratis nggak pakai bayar, kecuali kalau mau masuk ke Opera House-nya, ikut tur atau sekalian nonton pertunjukkan yang ada. Tunggu cerita saya melongok ‘isi’ Opera House, menonton drama dan konser musik ya.


2.    Ambil peta, brosur dan kupon diskon di Sydney Visitor Centre

Information Centre di Darling Harbour
Ini mungkin jarang dilakukan orang Indonesia, tapi mengunjungi Information Centre atau Visitor Centre adalah hal pertama yg dilakukan oleh turis domestik di sini. Setelah merasakan sendiri manfaatnya, mampir ke kios informasi adalah hal pertama yang kami lakukan ketika mengunjungi suatu kota/tempat wisata. Cari saja gedung dengan tanda "i" warna kuning dengan latar belakang biru.
Di Sydney ada dua kios informasi resmi, di The Rock dan Darling Harbour. The Rock adalah perkampungan pertama yang dibangun oleh convict (narapidana) yang dibuang dari Inggris ke Oz. Kampung The Rock ini letaknya di sebelah Sydney Harbour Bridge. Di sini bisa melihat bangunan-bangunan kuno yang sudah disulap menjadi restoran, kafe, toko cinderamata, dan galeri seni. Setiap akhir pekan juga ada pasar kaget yang menjual barang kerajinan unik. 
Di kios informasi, ambil saja peta/brosur yang ada tulisannya free alias gratis. Ini bisa jadi panduan atau inspirasi mau ngapain aja di Sydney. Kadang di brosur atau panduan tersebut ada kupon diskon untuk atraksi tertentu, misalnya diskon masuk ke Taronga Zoo (yang ampun deh mahalnya), diskon cruise, restoran, dll. Favorit saya adalah brosur “The Kids” (terbit tiap musim), yang isinya kupon gratis masuk ke atraksi-atraksi tertentu untuk anak-anak.


3.    Piknik di Royal Botanic Garden 

 Little A dan Daddy di RBG

Setelah capek jalan-jalan di sekitar Circular Quay dan The Rock, saatnya leyeh-leyeh dan piknik makan siang di sini. RBG ini letaknya di sebelah timur Opera House. Paling enak duduk-duduk di rumputnya sambil menikmati makan siang yang dibeli di warung sebelah. Boleh juga makan sambil dadah-dadah ke yacht yang mondar-mandir di Sydney Harbour :p 
Kalau The Precils masih kuat jalan (atau di hari lain), coba selusuri RBG ini sampai di Mrs Macquarie Point. Dari sini pemandangannya aduhai, indah banget. Nggak heran dulu istri gubernur pertama, Lachlan Macquarie minta dibuatkan kursi yang dipahat dari batu yang ada di sini (untuk nongkrong). Sampai sekarang masih bisa dilihat Mrs Macquarie’s Chair-nya. Mrs Macquarie Point juga tempat paling oke untuk menonton Kembang Api di malam tahun baru. Oh, ya, masuk ke RBG juga gratis tis.


4.    Jalan-jalan di Darling Harbour 

Big A (ketika masih kecil) terpesona oleh burung-burung camar di Darling Harbour
Taman air di Darling Harbour. Jangan lupa bawa baju ganti :)
Daerah kedua yang wajib dikunjungi setelah Circular Quay adalah Darling Harbour. Di sini ada Sydney Maritime Museum (gratis), Sydney Aquarium (bayar), Sydney Wildlife World (kebun binatang tengah kota, bayar juga), Imax theatre (bioskop layar lebar), taman bermain anak-anak (gratis), kafe dan restoran pinggir pelabuhan, beberapa air mancur unik (bawa ganti baju anak2 deh kalau main di sini) dan Harbourside mall (no comment). 
Paling asyik mengunjungi Darling Harbour dengan naik ferry dari Circular Quay wharf, sekalian keliling inner harbour. Kalau main ke sini, The Precils sukanya jalan-jalan aja, lihat-lihat yacht yang diparkir dan main air di setiap air mancur yang ada. Dari Darling harbour ini bisa jalan langsung ke Chinese Garden of Friendship (tiket masuk $6) atau langsung menuju paddys market untuk belanja ;)
  


Paddys Market/Market City. Foto oleh Anindito Aditomo
Ini tempat wajib dikunjungi banget untuk The Emak :) Bahkan untuk yang anti beli oleh-oleh, masih bisa beli sesuatu untuk diri sendiri. Paddy's adalah pasar tradisional seperti pasar Beringharjo di Jogja. Di lantai bawah ada kios-kios berdagang barang-barang kerajinan, suvenir (made in China), baju, wig, mainan, kacamata, dll. 
Saya punya langganan kios di sini. Untuk membeli oleh-oleh murah semacam gantungan kunci, magnet, topi, tas kecil, tempat pensil dll, belilah di lapak paling pojok dekat dengan pintu masuk terdekat dari halte Trem dan monorail, di depan lapak kacamata (duh, gimana coba ngasih tahunya?). Penjualnya Bapak/Ibu Cina yang ramah banget. Dijamin paling murah deh di lapak ini. Ibu, Ibu Mertua dan budhe saya sampai lima kali nyambangin lapak ini :D 

Lapak langganan The Emak. Ingat-ingat wajah Bapak ini :p Foto oleh Anindito
Ibu Penjual yang tetap tersenyum meskipun ditawar habis-habisan :) Foto oleh Anindito
Ada juga toko mainan dari bahan kayu yang keren abis. Toko ini gampang dicari karena terletak di tengah-tengah pasar persis, dan display-nya yang warna-warni mengundang perhatian anak-anak. Dua kios di seberang toko mainan ini adalah toko kaos dan jaket yang penjualnya adalah orang Indonesia. Saya selalu mengajak saudara dan teman ke sini, biar gampang nawarnya, hahaha. 
Di sebelah kios-kios souvenir ada lapak-lapak sayur mayur yang bakalan didiskon habis-habisan menjelang tutup jam 5 sore. Ingat ya, Pasar Paddy's tutup di hari Senin dan Selasa.  
Capek nawar oleh-oleh di lantai bawah? Naik aja ke lantai atas untuk ngopi dulu. Lantai atas adalah mal biasa dan factory outlet merek terkenal spt Giordano, Supre, Esprit, Cotton On, dll. Ada juga food court dan Cinema. Mal yang ini buka setiap hari.
Tips lengkap berburu oleh-oleh di Paddy's Market, bisa dibaca di sini


6.    Jalan-Jalan di Hyde Park 
St Mary Cathedral
The Precils di air mancur Archibald
Hyde Park adalah taman luas di tengah kota seperti Central Park di New York. Di sini bisa melihat Archibald Fountain dan foto-foto di depan St Mary Cathedral. Saat jam makan siang, orang-orang kantor berhamburan ke sini, membawa bekal makan siang atau sandwich dari warung sebelah dan duduk-duduk di rumput sini. Kalau si Bapak jago catur, boleh tuh nantangin orang lokal main catur raksasa di sini.


7.    Mengagumi Lukisan di Art Gallery of NSW 

 Gedung Art Gallery of NSW

 Big A sedang mengajari tante-nya menggunakan Audio Tour

Yang ingin mencicipi seni dengan gratis di Sydney, datanglah ke Art Gallery of NSW. Di sini ada koleksi lukisan Eropa, Asia, Australia dan Aborijin. Masuknya gratis, kecuali ke pameran khusus yang perlu beli tiket khusus. Untuk anak-anak, ada audio tour yang bisa disewa (beserta iPod dan headsetnya, bayar $7). Atau yang sudah bawa iPod sendiri, langsung saja download Audio Tour dari website Art Gallery of NSW, gratis. Dari pengalaman, big A senang sekali mendengarkan audio tour yang pengisi suaranya juga anak-anak ini, yang menjelaskan cerita di balik layar lukisan-lukisan tertentu. Audio Tour ini juga saya sarankan untuk ortu yang nggak ngerti sama sekali tentang seni (seperti saya :p). 
Tidak tertarik seni dan males lihat lukisan? Minimal foto di depan gedung art gallery yang keren dengan pilar-pilar besar ini.


8.    Window shopping di Queen Victoria Building 

 Tante Dila nampang di QVB

 Uti dan Kakung di QVB

Ya, ini Mal, tapi bukan sekedar Mal. Ngapain juga saya menyarankan mengunjungi Mal, Indonesia kan gudangnya Mal? QVB adalah bangunan kuno yang disulap menjadi Mal. Detil-detil bangunan yang unik masih terlihat di corak lantai, langit-langit, lengkung, tangga dan kaca patri yang menghiasi dindingnya. QVB ini tempat bernaung merk-merk kelas atas seperti Bally, Swarovsky, Mont Blanc, Ralph Lauren, Versace, dll. Dari QVB, coba sekalian mampir ke Town Hall (gedung sebelah). Untuk belanja merk-merk papan atas lainnya seperti Hermes, Jimmy Choo, Chanel, Prada, LV, dll berjalanlah sepanjang Elizabeth street dan Castlereagh Street.


9.    Main Air di Pantai Manly 

 Big A dan Little A di pedestrian Manly (sedang rukun :p)

 Little A main di dekat penjaga pantai Manly (2009)

 Bangku-bangku untuk piknik di pinggir pantai Manly

Di Sydney, ada lebih dari 50 pantai, semuanya indah, unik dan menarik untuk dikunjungi. Untuk yang baru pertama kali ke Sydney, saya sarankan berkunjung ke Manly, pantai yang paling terkenal (di samping pantai Bondi), yang juga merupakan favorit The Precils. Pantai Manly terletak di Sydney utara. Pantai ini paling asyik dicapai dengan naik ferry dari Circular Quay. Pastikan duduk di bagian belakang ferry untuk menikmati pemandangan Opera House dan Sydney Harbour Bridge yang semakin menjauh. Perjalanan dari Circular Quay ke Manly dengan ferry sekitar 30 menit.
Dari Manly wharf, kita harus berjalan kurang-lebih 300 meter menuju pantainya. Jalanan khusus pejalan kaki ini dilengkapi dengan kafe, toko, restoran di kanan kiri. Ada juga taman bermain kecil di tengah dan air mancur-air mancur yang muncul bergantian. (Sekali lagi, bawa ganti ya, The Precils pasti tertantang untuk main air).
Pasir di pantai Manly putih bersih. Ombaknya lumayan besar dan menjadi favorit untuk peselancar. Demi keamanan, cari tempat duduk di dekat bendera penjaga pantai. Berenang diperbolehkan di antara dua bendera merah/kuning. Di hari yang panas, kami biasa membawa tenda untuk berteduh. Sementara anak-anak bermain air, saya bisa leyeh-leyeh membaca novel atau (lebih sering) bermain FB dan twitter.


10.Menengok Kanguru dan Koala di Taronga Zoo

Big A di Taronga Zoo
Ini saatnya Anda perlu merogoh kocek (lebih dalam) di Sydney. Tidak ada cara lain melihat langsung hewan khas Oz ini tanpa membayar. Sayang kan, sudah jauh-jauh  ke sini tapi nggak berfoto bersama koala dan kanguru? 
Ada dua pilihan kebun binatang di kota: Sydney Wildlife World (di Darling Harbour) dan Taronga Zoo. Tapi saya lebih menyarankan Taronga Zoo. Selain tempatnya lebih nyaman dan besar, hewan-hewan di Taronga juga lebih banyak. Di sana juga banyak atraksi atau jam memberi makan binatang, bergantian setiap setengah jam. Jangan ketinggalan melihat Bird Show di teater dengan latar belakang Opera House atau melihat atraksi Anjing Laut main sirkus. Atraksi di dalam Zoo gratis, sudah termasuk di tiket masuk. 
Tiket masuk Taronga Zoo adalah $22 (ouch!) untuk anak-anak dan $44 (double ouch!) untuk dewasa.
Tapi Anda sudah mendapat kupon diskon seperti yang saya sarankan di nomor 2 kan? ;p Untuk alternatif kebun binatang lainnya, sila lihat tulisan yang ini.

Selamat menikmati Sydney. Salam dari warga pinggiran :)

~ The Emak


 
Baca juga: 5 pilihan jalan-jalan keluar kota Sydney

You Might Also Like

70 comments:

  1. Terimakasih buat blog nya yang bagus banget ini ya.....i hope someday kami bisa ke sini juga

    ReplyDelete
  2. makasih Liza. moga2 kesampaian ya impiannya :)

    ReplyDelete
  3. Will definitely follow yr top 10 must do in Sydney... i'm going this June. Now i'm reading yr blog bit by bit. Very comprehensive even though sometimes i don't really understand some of the vocabulary but overall i can understand. i'm also reading yr road trip from GC to Sydney as i'll be driving to Sydney and stop overnight at Port Mac.

    ReplyDelete
  4. @Farikica thanks for reading my blog. Do you read in Bahasa or using google translate? Because the google translate is not so good.
    Feel free to email me at travelingprecils[at]gmail[dot]com if you have any issues. My pleasure to help. Cheers :)

    ReplyDelete
  5. I can understand bahasa..it's my mother tongue. It's just that Malaysian bahasa and Indonesian bahasa are a bit different. Yup, i agree with u...google translate is no good/misleading. I will ask u more info from time to time..Hope u won't feel bored answering...:)

    ReplyDelete
  6. informatif sekali blog-nya mbak, saya berencana ke Sydney tahun ini dan sangat senang menemukan tulisan ini :D keep blogging!

    ReplyDelete
  7. @Janiver
    Makasih sudah baca blog ini. kalau ada pertanyaan, jangan segan2 email ke travelingprecils@gmail.com ya :)

    ReplyDelete
  8. Tulisan bagus banget..sangat membantu, InsyaAllah kami sekeluarga dengan 3 anak (5 orang) rencana bulan agustus th ini ke Sydney dan Melbourne, nanti tanya2 di email ya mbak..

    ReplyDelete
  9. @Sari terima kasih sudah mampir di blog ini. Feel free untuk tanya2 di email ya. Cheers :)

    ReplyDelete
  10. Mbak,utk jalan2 di seputar tempat2 yg mbak sebutkan di atas bisa pake tranport apa?
    Ada recommend apartemen yg ekonomis utk keluarga di sydney?

    ReplyDelete
  11. @Natalia jalan2nya bisa jalan kaki saja, naik bis gratis (warna hijau) atau naik feri, tergantung nginapnya di mana. baca artikel saya ttg naik transportasi umum di Sydney ya.

    untuk apartemen, saya belum pernah menyewa di tengah kota. coba cek dan bandingkan harga di www.wotif.com

    good luck!

    ReplyDelete
  12. Santi12.2.12

    Nice blog... sangat berguna dan informatif.
    Salam kenal mbak...

    ReplyDelete
  13. Makasih Santi udah mengunjungi blog The Precils :)
    Salam kenal.

    ReplyDelete
  14. Sandra14.2.12

    Mba, mau tanya.. 10 tmpt di Sydney ini bisa dihabiskannya dlm berapa hari?
    Dua hari cukup ngga.. Kalo saya punya wkt 4 hr kira2 itin nya gimana ya..
    Trimakasih sebelumnya...

    ReplyDelete
  15. @Sandra dua hari cukup asal begitu sampai Sydney langsung kuat jalan2. Biasanya sih hari pertama perlu adaptasi dulu dg cuaca dan waktu (lebih awal 4 jam dari WIB).
    Kalau punya empat hari saya sarankan main ke Blue Mountain. Baca di sini ya:

    http://www.thetravelingprecils.com/2011/11/menjelajah-blue-mountain.html

    ReplyDelete
  16. informasi menarik, bisa buat guide kalo dapet kesempatan nyasar ke sydney nantinya :D

    ReplyDelete
  17. @byteeater: Insyaallah kalau di Sydney gak nyasar, soalnya banyak petunjuk dan peta yg jelas. kalau di Jakarta baru deh nyasar, hehe.

    ReplyDelete
  18. Mbak e , dalam rangka tugas , sy mau ke canberra ( InsyaAllah..moga - moga direstui ) . Kami dikasih waktu 3 hari . Sy sdh atur jadwal , di CBR dua hari ( 1 hari full kerjakan tugas , 1 hari full city tour hehehe... baru rencana ,,). Selanjutnya.. coba nego sekalian jalan 2 ke MEL dan SYD . Mumpung sdh di oz , sekalian maksimalkan ( habiskan..??) duit yang ada , yg pesen oleh 2 kasih cerita dan foto saja ..hehehe..). Sy udah bolak -balik luncuran di web utk cari info sebanyak - banyaknya ..( malah pusing , modal tipis maunya macem macem...) . Untung ketemu blog nya Mbak ne ... terasa sangat membantu... Sekarang mo tanya , ada nggak Mbak orang " kita " yg sewain kamar / rumahnya sebagai homestay , baik di CBR , MEL maupun di SYD ... ( siapa tahu bisa lebih murah nyewanya .....) terima kasih Mbak , nanti tanya lagi yaa... ML

    ReplyDelete
  19. @Mike makasih udah baca blog The Precils. Kalau mau cari sewa rumah sementara, coba tanya2 di grup FB pelajar Indonesia di Australia. http://www.facebook.com/groups/ppiaustralia
    good luck.

    ReplyDelete
  20. hallo mbak .. blognya informatif banget. mbak saya bulan mei akan ke aussie tinggal di newcastle nsw selama 1 bulan. yang mau saya tanyakan adalah kira" disana cuaca bulan mei gimana ya mbak apakah dingin atau panas , dan baju yang harus saya bawa seperti apa ? terima kasih

    ReplyDelete
  21. hallo Atha, makasih ya udah baca blog ini.
    Bulan Mei masuk musim gugur, cuaca agak dingin sekitar 15-19C. bawa aja baju lengan panjang plus jaket/sweater/coat. dalaman panjang seperti kaos dalam lengan panjang dan legging sangat membantu. plus kaos kaki dan stocking.
    cek prakiraan cuaca dan suhu di sini: http://www.bom.gov.au

    ReplyDelete
  22. yenny25.4.12

    mba, aku rencana 10 hari di melb dan sydney, kalau untuk kartu prepaid gsm (untuk phone call dan data) apa ada dijual di sana (atau di sydney airport)? terima kasih

    ReplyDelete
  23. hai Yenny, counter Vodafone atau Optus ada di arrival lounge Sydney International Airport. aku pakai Vodafone, harga vouchernya $30.

    ReplyDelete
  24. Anonymous18.5.12

    Mbak, tanya dong, kalau utk sholat Jumat di sekitar Sydney CBD dimana ya? Thank you in advance for your helps :)

    Wass
    Herry

    ReplyDelete
  25. @Herry ini pilihannya. cek lokasi di google maps ya.

    1.Redfern Mosque
    Address:328 Cleveland St,Redfern,NSW 2010
    Phone: 96984149

    2.Surry Hills Mosque
    Address:175-177, Commonwealth Street,Surry Hills,NSW 2010
    Phone: 92810440

    3.Sydney CBD Musalah
    Address:Level 2, 86 Pitt Street,Sydney,NSW 2000
    Name: Town Hall Mussalah
    Address:167B Castlereagh Street, Town Hall,Sydney,NSW 2000

    4.Wynyard Mussalah
    Address:60 Clarence Street,Sydney,NSW 2000

    5.York Street Mosque
    Address:36 York Street,Sydney,NSW 2000
    Phone: 92992798

    atau bisa juga di masjid orang2 Indonesia di Sydney, khotbahnya bahasa Indonesia.
    Name: Tempe Mosque [Al-Hijrah]
    Address:45 Station Street,Tempe,NSW 2044
    Phone: 95588533

    ReplyDelete
  26. Anonymous26.6.12

    mba seneng membaca blog anda.. mau tanya mba. untuk pengurusan visa buat keluarga ..masing2 anak harus mengisi visa form atau gabung dgn bapak/ibunya. mksh.

    ReplyDelete
  27. Anonymous26.6.12

    thanks , regards upik mother of Lalitya, Bintang en Samara

    ReplyDelete
  28. Intinya sih di tempat wisata manapun di Sydney, yang wajid dilakukan adalah foto2 yah mba hehe

    ReplyDelete
  29. @Upik visa anak2 gabung dengan ayah dan ibunya dalam satu formulir. Baca posting saya ttg visa ya :)

    @Explora iya sih kalo kami. soalnya foto itu suvenir yg paling murah dan mudah dibawa. kami jarang beli suvenir lain, paling2 kartupos :)

    ReplyDelete
  30. Salam kenal. Saya sangat menyukai dan kagum dengan blog anda.
    Anak saya saat ini sdg belajar di Swinburne ,Australia.
    Kami ,saya dan suami akan berangkat tgl 23 Dec kembali ke Jkt tgl 3 Jan /2013.
    Kami telah booking tiket (visa dpt 3 tahun), dan akomodasi di Melbourne.
    Setelah melihat blog Ade, kami baru menyadari bahwa kami ingin berlibur
    Pilihan liburan kami:
    1. Blue Mountain
    2. Gold Coast
    3. Sydney
    Pertanyaan saya, apakah kedua tempat itu dapat dijadikan satu dalam rencana liburan
    yang saya pikir hanya 3-4 hari saja.
    Jika dpt mohon informasi bagaimana akomodasi,transportasi nya.
    Thanks, Ina

    ReplyDelete
  31. Irma5.8.12

    Terima kasih informasinya. sangat berguna banget terutama info masjidnya. Boleh minta info tambahan ga tentang penitipan koper dekat kent street? Karena kita kan tiba di Sydeny sekitar jam 9 pagi dan check in nya sekitar jam 2 siang. Diantara jam itu ga mungkin kita jalan-jalan sambil bawa koper> satu lagi tempat makan yang halal dimana saja?

    ReplyDelete
  32. @Ina sudah saya jawab via email ya. cheers :)
    @Irma koper dititipkan aja di hotel/penginapan. biasanya ada fasilitas penitipan luggage gratis, sekalian register, ntar sorenya tinggal ambil kunci.
    daftar tempat makan halal bisa dilihat di http://www.halalsquare.com.au

    ReplyDelete
  33. Irma7.8.12

    Terima kasih mba atas infonya

    ReplyDelete
  34. Anonymous9.8.12

    blog nya informatif banget mba. sangat membantu. rencananya akhir Oktober saya dengan suami akan ke oz dengan rute gc, Melbourne, Sydney. cuacanya pada saat itu seperti apa yah. salam kenal mba. terima kasih. Yuli.

    ReplyDelete
  35. @Irma no worries, senang bisa membantu
    @Yuli Oktober masuk musim semi. Cuaca yang enak banget untuk jalan2, gak terlalu dingin, gak terlalu panas. Cuma kadang banyak hujan. Siap2 aja bawa payung atau jas hujan. Lebih lanjut baca tulisanku yg ini:
    http://www.thetravelingprecils.com/2011/07/kapan-saat-yang-tepat-main-ke-sydney.html

    ReplyDelete
  36. Anonymous10.8.12

    Terima kasih mba atas infonya. Jadi aku tidak perlu bawa long coat yah mba, sweater saja sudah cukup. Terima kasih. Yuli

    ReplyDelete
  37. Hey nice information sharing about Sydney travel, thanks for sharing with us.

    ReplyDelete
  38. Anonymous24.10.12

    mbak saya mohon info dong..
    rencananya saya november ini mo k sydney, dsana makanan yg aman utk yg kita yg muslim susah bgt g mbak?mohon tipsny dong mbak..

    ReplyDelete
  39. Anonymous14.11.12

    mestinya westfield tower masuk daftar lho mbak

    ReplyDelete
  40. mestinya westfield tower masuk daftar lho mbak

    ReplyDelete
  41. @andy
    Westfield Tower sila dimasukkan sendiri. Kami belum pernah ke sana karena Si Ayah takut ketinggian :D

    @Anonymous
    daftar restoran halal bisa dilihat di sini:http://www.halalsquare.com.au/

    ReplyDelete
  42. subhanallah, lengkap kap kap.....
    keren mbak blognya

    assalamu'alaikum, salam kenal ya mb.....
    jadi panduan berguna buat saya yg insyaAllah akan ikut suami tugas belajar di Mel

    TFS :)

    ReplyDelete
  43. @Gifrie
    waalaikum salaam, salam kenal juga.
    terima kasih sudah membaca blog the Precils :)

    ReplyDelete
  44. mba, kalau mau liat koala dan kanguru mending di Melb zoo atau Syd zoo yah mba? Yang kira-kira worth buat ukuran mahasiswa backpackeran. Makasih mba sebelumnya.

    ReplyDelete
  45. dear Nadia,

    aku belum pernah ke Melbourne Zoo. tapi dengar2 sih harga tiketnya lebih murah daripada di Sydney. coba cek aja website-nya.

    kalau di sydney sih, aku sarankan ke Featherdale, foto sama koala gratis. baca ini ya:

    http://www.thetravelingprecils.com/2011/07/berjumpa-koala-imut-dan-kanguru-lucu-di_30.html

    ReplyDelete
  46. Anonymous8.4.13

    Wahhh blognya mb sangat berguna bg semua orang yg ingin trip seputaran oz, semoga senantiasa diberi keberkahan dlm membantu orang lain... Aminnn
    Mb saya ada beberapa pertanyaan via email tolong dibantu

    ReplyDelete
  47. Anonymous15.5.13

    terimakasih atas blognya yg sangat lengkap, itu sangat membantu kami ketika jalan2 di Sidney dan melbourne baru2 ini...thanks the precils.

    ReplyDelete
  48. Sama-sama. Senang bisa membantu :)

    ReplyDelete
  49. Anonymous21.5.13

    Hi mba, sy rencana mau ke Sydney minggu depan, sekitar 2 hari. Sy ingin tanya rekomendasi hotel untuk 4 orang dewasa cewe, yang ga begitu sulit transportasinya untuk mengunjungi tempat-tempat seperti yang mba tuliskan. Kalo bisa yang ada shuttle bus dari airport-hotel-airport. Apakah better saya ambil hotel yg dekat airport supaya biaya taxi untuk bawa koper tidak terlalu mahal? Thank u.

    ReplyDelete
  50. Anonymous21.5.13

    Oh ya mba, budget kami sekitar $ 100-200 per kamar per malam. Thank u.

    ReplyDelete
  51. Paling murah nginep di hostel sekitar stasiun Central. cek di http://www.hostelworld.com. Dari central station bisa jalan ke mana2, atau naik bis gratis. Dari bandara ke stasiun bisa naik kereta, cuma 15 menit.

    Baca ini ya --> http://www.thetravelingprecils.com/2011/08/naik-kendaraan-umum-di-sydney-nggak.html

    ReplyDelete
  52. Waah bermanfaat sekali blog nya mba,, inshaa Allah 30 Juni ini kami mau berlibur di Sydney, kami rencana menginap di Quest apartemen dekat AirPort, lokasi wisata terdekat dan tempat menginap kami apa yaa ? Dan dari tempat menginap kami ke pantai manly brp lama ? Terimakasih sebelum nya...

    ReplyDelete
  53. Oh iya tempat makan favorit disana apa yaa ? Yang cocok dan lidah orang Indonesia dan pasti nya sesuai kocek murmer hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Kafe Joy, restoran Indonesia di dekat Paddys Market Chinatown. Murah utk ukuran Sydney ya, $7-$10 per porsi. Kalau di-kurs rupiah tetep jadi mahal.

      Delete
  54. Anonymous2.7.13

    Mmmm...blognya mba ini menghilangkan sebagian pusing saya nyusun itin, ✽ τнäϞκ чöü ✽ so much.

    ReplyDelete
  55. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  56. Waaa Informatif banget mbak blog nya, dan inspirasional. Pengen bgt ke Sidney mudah2an kpn2 ada rejeki... TFS mbak!

    ReplyDelete
  57. Saya ingat wajah penjual cinderamata yang ada pada gambar diatas, rasanya ditempat itulah kami membeli souvenir di market city bulan juli tahun lalu. Nice post mbak, thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama. senang bisa membantu.

      Delete
  58. Anonymous3.2.15

    makasih infonya mba... sy renc mo ke mellborne bulan mei ini... dingin bgt ngga yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mei sudah akhir musim gugur dan masuk musim dingin. Sekitar 15-18 derajat. Sudah dingin untuk ukuran orang Indonesia. Tp kalo ada matahari lumayan sih. Yg repot kalau ada angin kencang. Cek perkiraan cuaca di www.bom.gov.au

      Delete
  59. siang mbk apa bisa saya dpt visa tourist ke Ausi kl saya blm bekerja sekarang tapi saya dapat sponsor dari adik pacar saya yg akan menikah,jadi saya ke sana di undang untuk pernikahan??

    makasih

    ReplyDelete
  60. siang mbk apa bisa saya dpt visa tourist ke Ausi kl saya blm bekerja sekarang tapi saya dapat sponsor dari adik pacar saya yg akan menikah,jadi saya ke sana di undang untuk pernikahan??

    makasih

    ReplyDelete
  61. Satu lagi: beach walk - cooge sampai bondi beach. keren banget view-nya. Kalau ada waktu, bisa ke Kingsford - pusat makan Indonesia di Sydney.

    ReplyDelete
  62. Yg poin 10 saya keleat,... tp emang kotanya bagus sih. Pgn bs menetap cukup lama spt mbaknya...

    ReplyDelete
  63. Lovely to see your pictures,

    ReplyDelete