Mencicipi Salju di Snowy Mountain

16:35 Traveling Precils 15 Comments

The Emak dan Little A, sama-sama pertama kali lihat salju

Ternyata, salju itu mirip bunga es di kulkas kita, hanya saja lebih lembut dan melimpah ruah :)

Sudah hampir lima tahun tinggal di Sydney, tapi baru kali ini kami mengunjungi Snowy Mountain, resort salju paling dekat dari Sydney, yang bisa ditempuh dengan mobil selama enam jam. Australia yang terletak di bagian bumi selatan memasuki musim dingin pada bulan Juni, berkebalikan dengan belahan bumi utara yang musim dinginnya bulan Desember. Tidak semua wilayah di Oz 'beruntung' dikenai salju. Hanya di bagian-bagian tertentu saja dan biasanya musim salju hanya berlangsung singkat (sekitar Juni-Juli). Di luar bulan itu, salju mulai menipis.

Selain dicapai dengan berkendara sendiri, Snowy Mountain yang masuk wilayah New South Wales (NSW) ini juga bisa dicapai dengan coach (bis wisata). Komunitas orang-orang Indonesia di Sydney biasanyabareng-bareng merencanakan tur sehari semalam dengan bis. Berangkat tengah malam dari Sydney, main-main seharian di Snowy Mountain, kemudian kembali lagi ke Sydney, sampai tengah malam. Tanpa menginap, sepertinya memang melelahkan. Karena itu kami dan teman-teman (tiga keluarga lain) sepakat menggunakan mobil pribadi dan menginap semalam di motel di Berridale (kota kecil, sekitar satu jam dari Snowy).


Perjalanan
Kami berangkat dari Sydney Sabtu, jam 2 dinihari. Semua tas sudah disiapkan, tinggal angkut. The Precils sudah kami pakaikan baju hangat sebelum tidur dan tinggal angkut juga :) Rute kami adalah Sydney - Canberra - Cooma - Jindabyne. Dari Jindabyne naik ke kawasan National Park Kosciuszko, atau yang biasa disebut Snowy Mountain. Sebagian besar perjalanan kami melalui tol antar kota dengan kecepatan maksimal 110 km/jam. Jalanan mulus banget tanpa macet dan tanpa lubang. Kami hanya sekali membayar tol sebesar $3.80.

Menyetir mobil di NSW cukup nyaman dengan kualitas jalan yang baik, petunjuk arah yang sangat membantu dan panduan batas kecepatan yang wajib ditaati oleh semua pengendara. Yang patut diwaspadai ketika menyetir malam hari adalah binatang-binatang khas Oz yang sering melintas atau menyeberang jalan. Memang di sepanjang jalan ada rambu-rambu peringatan bahwa kawasan berikut sering ada kanguru/wombat melintas. Tapi tetap saja, korban hewan menyeberang ini tidak terhindarkan. Sepanjang perjalanan ke dan dari Snowy Mountain ini, kami sudah menyaksikan 11 kanguru dan 1 wombat yang tewas di pinggir jalan.

Pemandangan dari Sydney ke Canberra cukup membosankan. Di pinggir kota Canberra, kami singgah sebentar di pom bensin untuk istirahat, beli bensin, ke toilet dan sholat subuh. Sekitar jam 5.30 pagi, kami melanjutkan perjalanan menuju Cooma, Berridale dan akhirnya Jindabyne. Yang terakhir ini adalah kota kecil di kaki bukit Snowy Mountain. Biasanya pengunjung Snowy yang melakukan perjalanan darat singgah dulu di kota kecil ini untuk menyewa peralatan/pakaian untuk di salju. Di kota-kota kecil yang dekat dengan Snowy ini banyak terdapat motel/penginapan. Semakin jauh dari Snowy, harganya semakin murah. Tapi karena musim salju hanya dua bulan saja setiap tahunnya, tiap musim dingin harga sewa kamar meroket menjadi 3 kali lipat harga biasa. Sewa motel kami di Berridale $200 semalam untuk sekeluarga (empat orang).

Di jalan menuju kota-kota kecil itu kami disuguhi pemandangan menakjubkan. Kanan kiri jalan adalah padang rumput yang masih mengandung embun beku, sehingga warnanya tidak hijau segar, tapi hijau kecoklatan. Jujur saja, belum pernah saya melihat pemandangan seperti ini, kecuali di gambar kalender di rumah masa kecil saya dulu, hadiah dari toko kelontong :)

Jalan memasuki kota kecil Cooma, NSW
Dari Jindabyne, untuk dapat memasuki National Park (hutan lindung), setiap mobil diwajibkan membawa rantai ban. Rantai ini wajib dipasang ketika jalanan bersalju tebal. Kami menyewa rantai ban ini di Jindabyne seharga $20 (untuk dua ban depan). Perjalanan naik bukit dari Jindabyne lumayan lancar. Jalanan mulus dan bersih dari salju. Mungkin sudah ada mobil pengeruk salju yang bekerja keras membersihkan jalan, sehingga kami tidak perlu repot memasang rantai salju.

The Precils (dan Emaknya) mulai berteriak-teriak kegirangan begitu kami melihat salju di jalanan, setelah sekitar 20 menit 'naik gunung'. Maklumlah, baru pertama kali melihat salju beneran. Sebelum masuk National Park, kami diwajibkan membayar $27 (per mobil), termasuk biaya parkir dan 'masuk' resort.

Jalan di Kosciuszko National Park, menuju Perisher Valley
Kami parkir di pinggir jalan, tepat di samping salju di Perisher Valley. Sebenarnya ada tempat parkir khusus yang disediakan oleh Perisher resort, namun sayang sudah penuh. Dari sini, kami harus berjalan lumayan jauh untuk mencari tempat yang oke untuk bermain salju dengan toboggan.

tempat parkir, di depan salju

Gear up
Untuk bisa bermain salju dengan nyaman, kita harus mengenakan pakaian yang hangat dan juga anti air. Pakaian jenis ini bisa disewa di toko-toko persewaan snow clothing di Jindabyne atau di Perisher centre sendiri. Kami menyewa pakaian salju Jindabyne Sport di Town Centre. Harga sewa bervariasi masing-masing toko. Untuk parka (jaket) dan celana anti air sekitar $8 - $15 per potong. Sepatu boot anti air juga sekitar $10 - $15. Topi dan sarung tangan anti air harus membeli sendiri karena tidak disewakan. Harga sarung tangan sekitar $10 - $15 per pasang. Kita juga bisa menyewa toboggan di sini. Harga sewanya $5 untuk dipakai sehari penuh.

Big A dan Little A di Jindabyne Sport
Kami cukup kesulitan menemukan baju untuk Little A (3 tahun) karena dia badannya kecil banget. Alhasil jaket yang disewa agak kebesaran dan warnanya bukan pink seperti yang dia inginkan. Ini bakal menjadi masalah kemudian. Pakaian untuk Big A tidak menjadi masalah. Juga untuk saya dan si Ayah, yang hanya menyewa celana dan sepatu karena kami sudah memiliki jaket (rain coat) yang lumayan bagus dan anti air.

Total sewa untuk keluarga kami (4 boot, 4 celana, 2 jaket kecil dan 2 toboggan) sebesar $65. Tapi karena kami nebeng teman yang punya voucher diskon, cukup bayar $40 saja. Lumayan :)

Karena suhu udara cukup dingin, sebaiknya memakai baju berlapis-lapis. Kami sekeluarga mengenakan baju dalam thermal yang terbuat dari Merino dan polypropylene. Baju dalam jenis ini lumayan menghangatkan dan lebih nyaman dipakai daripada memakai dua lapis baju dalam biasa dari katun. Lapisan berikutnya adalah skivvy (lengan panjang dan turtle neck), kemudian langsung jaket tahan air yang ada insulatornya. Jangan lupa memakai topi/beanie dan sarung tangan anti air.

Perisher Valley
Snowy Mountain adalah nama generik yang menjadi julukan Kosciuszko National Park. Di wilayah ini, ada tiga resort salju yang masuk wilayah NSW: Thredbo, Perisher dan Selwyn. Kami memilih Perisher karena relatif paling dekat, mudah dicapai, ramah keluarga dan cukup nyaman untuk pemula atau yang baru pertama kali 'mencicipi' salju.

Suasana di Perisher Valley, lumayan ramai
Perisher menyediakan beberapa fasilitas untuk pengunjungnya: dari food court, medical centre, persewaan peralatan ski/snowboard berikut kursus-nya, akomodasi/penginapan, dan bahkan stasiun kereta (ski tube) dari dan ke dasar bukit (Bullock Flat). Untuk yang tidak ingin mengendarai mobil ke atas bukit, bisa naik Ski Tube ini dari stasiun Bullock Flat di bawah bukit, dekat dengan Jindabyne.

Beruntung, pada hari itu cuaca cerah. Matahari bersinar di atas bukit sehingga kami merasa hangat. Dulu saya tidak percaya kalau di bukit bersalju kita bisa merasa hangat atau bahkan kepanasan. Memang harus merasakan sendiri baru percaya. Suhu saat itu sekitar 1-2 derajat celcius. Big A bahkan menolak memakai tutup kepala/beanie nya karena kepanasan.

Ski vs Toboggan
Terus ngapain setelah sampai di salju? Sebenarnya banyak pilihannya: di salju kita bisa main ski, snowboarding, atau cukup main seluncur dengan toboggan atau tube (ban besar). Rombongan kami, empat keluarga dengan anak-anak kecil hanya berniat untuk main-main dan 'mencicipi' salju. Bermodal toboggan yang kami sewa ($5) dari rental di Jindabyne, The Precils cukup senang meluncur dari atas bukit. Toboggan ini juga bisa digunakan untuk membawa anak-anak berjalan di atas salju, sebagai pengganti pram.


Big A meluncur dengan toboggan. Foto oleh Arif B.
Little A ditarik dengan toboggan
Bagi yang ingin belajar ski, disediakan kursus ski dari tingkat pemula sampai advanced. Biaya kursus ski untuk pemula sekitar $120 dewasa dan $88 anak-anak untuk 2,5 jam belajar, termasuk tiket lift. Namun peralatan ski harus sewa sendiri. Lebih lengkapnya bisa dilihat di sini.

Oh, ya, rasanya kurang lengkap ya sudah di salju tapi belum berfoto bersama snowman. Saya tengok kanan-kiri kok tidak ada snowman yang sudah 'siap foto'. Akhirnya kami memutuskan untuk membuat sendiri snowman kami. Ternyata nggak semudah yang dibayangkan, apalagi tanpa alat bantu dan saljunya masih begitu lembut. Setelah berusaha setengah mati, bahu membahu dengan teman yang berusaha mencari bongkahan salju yang memadat untuk bagian kepala, snowman kecil kami jadi dan siap diajak berfoto :)

Little A dan little snowman
Capek main toboggan, kami istirahat dan cari makan di food court Perisher Centre. Di dalam cukup hangat karena ada heater. Setelah men-charge energi, kami keluar dan main lagi. Kami mencoba tube sliding, yaitu meluncur dengan ban besar, seperti di waterpark, tapi kali ini di salju. Tube town ini dikelola Perisher. Setiap kali meluncur biayanya $6. Setelah membeli tiket, tube kita akan diangkat dengan tali ke atas bukit. Jadi tidak capek jalan sendiri ke atas bukit seperti kalau main toboggan. Dari atas bukit, ada beberapa jalur seluncur yang bisa dipilih. Big A senang sekali dengan mainan tube ini. Dia meluncur untuk yang kedua kalinya. Saya dan Little A juga mencoba meluncur sekali.

tube town
Big A dengan tube-nya. Foto oleh Arif B.
Pulang
Hari beranjak senja dan kami harus berkendara lagi menuju motel Snowgate di Berridale, kota kecil, 30 menit dari Jindabyne, untuk menginap semalam. Ternyata main-main di salju lumayan menyenangkan, tidak terlalu dingin dan tidak terlalu melelahkan. Kami jadi berpikir-pikir untuk mencoba belajar ski di sana musim dingin tahun depan.

~ The Emak

You Might Also Like

15 comments:

  1. Ranti - Cirebon23.3.12

    assalamu'alaikum wr wb........
    tulisan nya membantu sekali.......thanks....thanks....thanks....
    sy rencana ke Mel _ Syd juni - juli 2012 ini. Masih bingung bagaimana ke Perisher - Snowy Mountain, dari Sydney atau Melbourne...? bisakah tanpa menginap ? Kami sekeluarga 2 dewasa, plus anak 14 + 11 thn.....

    sy tunggu infomya yaa....... thanks b4.....

    ReplyDelete
  2. waalaikum salaam Ranti,
    makasih sudah mampir di blog The Precil.
    Snowy Mountain sekitar 6 jam perjalanan dari Sydney atau 3 jam dari Canberra. bisa saja tidak menginap, tapi bakal capek banget. misal berangkat pagi banget, trus main salju, pulangnya sore. tidak saya sarankan karena menyetir 12 jam. kalau mau day trip, mending naik shuttle bus (travel) atau ikut tur.

    pilihan lain adalah resort salju yg dekat dengan Melbourne, namanya Mt Buller, hanya 3 jam dari kota, jadi tdk harus menginap. kami belum pernah ke Mt Buller. cek aja websitenya di sini:
    http://www.mtbuller.com.au

    semoga membantu :)

    ReplyDelete
  3. Bulan Juni nanti saya akan ke Snowy Mountain, hehehe... saya juga pengen maen salju, ski dan bikin boneka salju :)

    ReplyDelete
  4. @Clara safe trip and have fun :)

    ReplyDelete
  5. Emak....juni ini saya mw mencicipi juga salju di perisher.
    makasih banyak infonya.
    saya udah booking snowgate motel, hasil ngintip dr blog ini.
    makasih..makasih banyak ya...

    ReplyDelete
  6. @Dwi makasih udah baca blog ini. Enjoy your trip :)

    ReplyDelete
  7. Anonymous23.7.12

    Halo Emak, kl ga ada halangan, agustus ini sy dan suami mau ke sydney, sekalian mau liat snowy mt, semoga msh ada saljunya...hehe. Rencananya dr sydney naik kereta ke Canberra, dan dr Canberra dg bis, apa ada yg ke snowy mountain? rencananya nginap semalam di resort dekat snowy, dan meneruskan perjalanan ke melb. Mohon advicenya apa ada bis dr canberra ke snowy dan dr snowy ke melb? Makasih banget, blognya informatif sekali buat 1st comer spt sy ini. Makasih sekali lagi..Priska, Yogyakarta

    ReplyDelete
  8. @Priska untuk rute, tarif dan jadwal bis antar kota (istilahnya coach) bisa dilihat di http://www.murrays.com.au atau http://www.greyhound.com.au. Semoga membantu :)

    ReplyDelete
  9. Halo Emak..
    Beberapa hari ini saya sering mampir ke blog ini dan menjadikan tulisan The Emak sebagai referensi buat bikin iten. Rencananya september ntar mau ke Australi, tepatnya tgl 22-29 sept. Pengen bgt liat salju. Tp berhubung tiket murahnya bln September dan ada Floriade, jdnya berangkat September. Tp, beneran ya tanggal segitu di Snowy Mountain udh ga ada salju sama skali? Di berita, desember tahun lalu masih ada salju tebal di beberapa bagian NSW...hiks

    Makasi sebelumnya :)

    ReplyDelete
  10. @Veni
    terima kasih ya udah jadi pembaca setia blog the precils :)

    ada enggaknya salju tergantung cuaca. biasanya pihak resort akan membuat salju buatan di awal bulan Juni kalau salju belum datang. Kalau salju datangnya agak telat, bisa sampai pertengahan september masih ada. tapi tinggal sisa-sisa aja, jadi permukaannya udah keras seperti bongkahan bunga es di freezer kulkas. Berita desember msh ada salju itu memang anomali cuaca, bukan sesuatu yang rutin terjadi dan bisa diharapkan terjadi lagi tahun depan :)

    coba buat plan A dan plan B. nanti kalo sudah dkt waktunya cek kondisi salju di website http://www.snowymountains.com.au/

    ReplyDelete
  11. Bagus banget infonya,,, kira2 berapa biaya jika kita ikut tour tanpa menginap, rencana kami Dr sidney pengen banget ke slowly mountain akhir Juni ini, jika ada info Dimana bisa kami dapatkan tour nya Terimakasih...

    ReplyDelete
  12. @Lely
    Ini salah satu tur yang populer dari Sydney
    http://www.apsetours.com/$%2099%20pp_%20Snow%20Day%20Trip%20SYDNEY.html

    ReplyDelete
  13. Halo mba, salam kenal ��. Terima kasih sebelumnya, Mba. Tulisannya sangat informatif. Kalau boleh tau, apakah di pertengah mei, snowy mountain ada saljunya? Kalau kita mau ikut grup orang Indonesia yang 1 day trip dr syd ke snowy mountain tanpa nginap, infonya kemana ya mba?

    ReplyDelete
  14. Halo mba, salam kenal ��. Terima kasih sebelumnya, Mba. Tulisannya sangat informatif. Kalau boleh tau, apakah di pertengah mei, snowy mountain ada saljunya? Kalau kita mau ikut grup orang Indonesia yang 1 day trip dr syd ke snowy mountain tanpa nginap, infonya kemana ya mba?

    ReplyDelete
  15. Halo mba, salam kenal. Terima kasih tulisannya..sangat informatif. Aku pengen ke snowy mountain di pertengahan mei. Apa salju udh ada ya mba di sana? Terima kasih, mba 😆

    ReplyDelete